Comscore Tracker

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu Berkualitas

Tidur malam teratur dapat menjaga kesehatan jantung, lho

Terlihat sepele, namun tahukah kamu jika tidur malam yang berkualitas itu ternyata memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik dan mentalmu? Ya, menurut jurnal medis Verywellhealth.com, tidur malam yang teratur dan berkualitas dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker.

Namun bagi sebagian orang, ternyata tidur malam yang teratur dan berkualitas itu gak gampang. Bagi kamu yang sering kesulitan untuk tidur malam, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan agar tidur malammu berkualitas. Apa saja, ya?

1. Jauhkan gadget atau gawai dari tempat tidurmu

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu Berkualitasthewirecutter.com

Jika kamu ingin memiliki kualitas tidur yang baik, sebaiknya jauhkan HP dan gawai lainnya dari tempat tidurmu. Setidaknya pukul sepuluh malam, kamu sudah harus mematikan perangkat selulermu, agar kamu tidak tergoda menggunakannya.

Menggunakan gadget sebelum tidur juga ternyata gak baik buat kesehatanmu. Menurut Sleepfoundation.org, terlalu sering menggunakan barang elektronik sebelum tidur, seperti HP, laptop, TV, tablet, dan sebagainya, dapat menstimulasi jam internal tubuh kamu. Artinya tubuh akan dipaksa untuk menahan lelah dan kantuk, padahal otak memerintahkan tubuh untuk beristirahat.

Jadi, jika kamu ingin memiliki kualitas tidur malam yang baik dan teratur, kamu harus bisa tegas dengan dirimu sendiri. Jauhkan segala macam barang elektronik dari tempat tidurmu. Usahakan kamu tidak terfokus pada smartphone mu.

2. Usahakan jangan terlalu memikirkan beban di hari itu

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu Berkualitasspokesman.com

Ada pepatah lama yang mengatakan "Beban dan masalah hari ini cukuplah sehari, esok pasti akan ditemukan jalan keluarnya", ternyata ini bukan hanya sekadar pepatah. Faktanya, insomnia atau kesulitan tidur bisa terjadi akibat stres memikirkan beban di hari itu.

Melansir laman Verywellmind.com, stres atau tekanan pikiran merupakan salah satu pemicu terbesar dari insomnia. Bahkan menurut survei, sebesar 46 persen dari responden mengalami kesulitan tidur akibat stres atau masalah hidup sehari-hari, seperti keuangan, pekerjaan, hubungan asmara, dan lain-lain.

Kalau kamu ingin kualitas tidurmu baik dan teratur, kamu harus belajar untuk lebih menerima kondisi dengan tujuan supaya bisa mengelola stres dengan baik. Apapun persoalan hidupmu, yakinlah bahwa hari esok akan lebih baik.

3. Hindari mengonsumsi kopi di malam hari

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu BerkualitasUnsplash/Christiana Rivers

Seperti yang kita ketahui bahwa mengonsumsi kopi akan membuat tubuh kita lebih tahan terhadap kantuk. Nah, mengonsumsi kopi di malam hari merupakan cara yang buruk untuk dapat merusak waktu tidurmu.

Sebaiknya jika ingin kualitas tidurmu membaik, maka hindari mengonsumsi kopi di malam hari. Jangan paksakan dirimu begadang karena hal itu justru akan merusak ritme tubuhmu, dan parahnya juga akan merusak kesehatan fisik dan mentalmu.

Baca Juga: 5 ASMR Channel yang Bisa Bikin Kamu Tidur Nyenyak

4. Jangan makan karbohidrat terlalu banyak di malam hari

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu Berkualitasbonappetit.com

Tentu makan itu penting, bahkan makan malam dalam porsi yang seimbang akan membuat tubuhmu lebih mudah untuk rileks sebelum tidur malam. Namun sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat berlebihan pada saat malam hari. Selain akan membuat gula darahmu naik, mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan juga gak baik buat pencernaanmu di malam hari.

Sleepadvisor.org menuliskan bahwa sebaiknya makan malam dilakukan beberapa jam sebelum tidur malam, yakni sekitar 3 jam sebelum tidur. Hal ini bertujuan supaya pencernaanmu dapat bekerja dengan optimal sebelum tubuhmu beristirahat di malam hari.

5. Jangan forsir tubuhmu dengan pekerjaan lembur

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Supaya Tidur Malammu Berkualitaswenzelfenton.com

Bekerja lembur memang terkadang merupakan sebuah tuntutan pekerjaan yang harus kita selesaikan. Namun kamu harus bisa bersikap bijak, karena terlalu sering lembur akan mengganggu kualitas dan ritme tidur malammu.

Jangan terlalu memaksakan tubuhmu untuk bekerja di luar kapasitas atau kemampuan. Bagaimanapun nilai kesehatanmu itu jauh lebih penting daripada nilai tugas-tugas kantormu. Kamu bisa mengakali lembur dengan cara kamu bangun lebih awal dari biasanya, dan lanjutkan tugas-tugas tersebut di pagi hari.

Itulah lima cara sederhana yang dapat kamu lakukan supaya kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan menginspirasi kamu, ya!

Baca Juga: 7 Tips Biar Kamar Nyaman dan Rileks, Bikin Tidur Makin Nyenyak!

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You