Comscore Tracker

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Gula darah rendah lebih berbahaya daripada gula darah tinggi

Gula darah rendah disebut juga dengan hipoglikemia yakni suatu kondisi saat nilai glukosa dalam tubuh berada di bawah 70 mg/dL. Sebetulnya, kondisi ini lebih rentan dialami oleh orang-orang yang menderita diabetes.

Namun, menurut penelitian medis, seperti ditulis dalam Medical news Today, orang tanpa diabetes juga bisa terkena hipoglikemia, terutama bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan liver atau hati.

Untuk terhindar dari rendahnya gula darah, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Apa saja, ya?

1. Jangan mengonsumsi alkohol

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanUnsplash/Giovanna Gomes

Berbanding terbalik dengan minuman manis berkarbonasi, terlalu banyak minum minuman beralkohol justru akan membuat gula darahmu turun. Di negara-negara dingin, minuman beralkohol dalam jumlah sedikit akan menghangatkan tubuh, namun jika terlalu banyak, itu juga akan membawa keburukan buat tubuh.

Seperti dilansir laman Diabetes, alkohol dapat membuat jumlah gula dalam darah turun drastis. Mengapa? Itu karena alkohol terlalu banyak akan membuat hati atau liver tidak dapat bekerja optimal dalam menyalurkan glukosa ke seluruh tubuh.

2. Makan teratur akan membuat gula darahmu terjaga pada nilai yang normal

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanUnsplash/Travis Yewell

Jika kamu seharian lelah beraktivitas, seperti kuliah atau bekerja, tanpa asupan kalori yang teratur, gula darahmu akan turun. Meskipun tubuhmu masih akan mempertahankan gula darah dalam tingkat yang normal, kebiasaan makan yang tak teratur akan membuat gula darahmu juga naik turun.

Seperti dilansir Mayo Clinic, makan tidak teratur akan meningkatkan risiko akan dua hal, yakni turunnya kadar gula darah dan naiknya kadar gula darah atau diabetes. Ini disebabkan pankreas akan bekerja dengan keras dan kesulitan membaca sinyal karena tubuhmu tidak teratur dalam mendapatkan asupan kalori.

Baca Juga: Ini Tip Diet yang Cocok untuk Kamu Berdasarkan Golongan Darah, Pasti Berhasil!

3. Jangan mengonsumsi obat-obatan secara sembarangan

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanUnsplash/Laurynas Mereckas

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga akan membuat gula dalam darahmu turun, bahkan bisa di bawah 70 mg/dL. Belum lagi jika kamu memiliki diabetes tipe 2, sebaiknya kamu tidak sembarangan mengonsumsi obat tanpa bimbingan dokter.

Jurnal medis MedlinePlus menuliskan bahwa penderita diabetes sekalipun dapat mengalami hipoglikemia yang diakibatkan obat-obatan tertentu. Bagi orang normal, obat-obat kimia juga akan membawa dampak buruk bagi hati sehingga juga berpengaruh pada kadar glukosa dalam tubuh yang tidak normal.

4. Melewatkan sarapan akan menyebabkan dua hal, yakni hipoglikemia dan hiperglikemia

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu LakukanUnsplash/Thought Catalog

Tampak sederhana, namun jika terlalu sering melewatkan sarapan, kamu akan mengalami dua hal, yakni gula darah rendah (hipoglikemia) dan gula darah tinggi (hiperglikemia). Sarapan sebelum beraktivitas merupakan hal yang sangat penting sebab sarapan dapat menjadi sumber kalori pertama bagi tubuh di pagi hari.

Jurnal kesehatan Healthline menjelaskan bahwa sarapan penting untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Tidak pernah sarapan pagi justru akan meningkatkan risiko diabetes dan bahkan rendahnya gula darah yang tidak disadari. Jadi, jangan pernah lewatkan sarapan pagimu, ya!

5. Mencegah lebih baik, apalagi hipoglikemia juga tidak kalah berbahaya

Gula Darah Terlalu Rendah? Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukanucla.edu

Efek gula darah rendah juga tidak kalah berbahaya dibandingkan dengan diabetes, bahkan terkadang lebih mematikan. Menurut Medical News Today, gula darah rendah dapat mengakibatkan tubuh bereaksi ekstrem.

Gejala-gejala yang akan muncul, seperti gemetar, wajah pucat, kebingungan, tidak dapat mengontrol gerakan tubuh, bahkan jantung tidak bekerja dengan normal. Dalam beberapa kasus, turunnya gula darah yang tidak mendapatkan penanganan medis, akan mengakibatkan kematian. Jadi, cegahlah dengan cara menjalani pola hidup sehat.

Itulah lima hal yang bisa kamu lakukan agar gula darahmu tidak merosot. Semoga kamu selalu dalam kondisi sehat, ya!

Baca Juga: Hindari Minum Kopi, Ini 7 Cara Menurunkan Darah Tinggi

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya