Comscore Tracker

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapi

Banyak banget manfaat baik yang bisa kamu dapatkan lho

Selain sapi yang bisa menghasilkan susu gurih dan bergizi terdapat jenis hewan mamalia lain yang gak juga memproduksi susu sehat, yaitu kambing. Walaupun tak sepopuler susu sapi yang telah mendunia dan diolah jadi berbagai makanan, kandungan gizi dalam susu kambing gak kalah sehat lho. 

Susu kambing punya banyak manfaat yang gak banyak diketahui orang sehingga kamu gak boleh mendiskriminasi. Biar tambah jelas, berikut 5 alasan susu kambing gak kalah sehat dari susu sapi. 

1. Lebih mudah dicerna

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapiunsplash.com/@robin_rednine

Ada beberapa faktor yang menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna tubuh, mulai dari kandungan laktosa dan lemak yang lebih rendah sampai jenis protein susu kambing yang berubah menjadi bagian yang sangat lembut dalam saluran pencernaan. Karena itu susu kambing dinilai lebih sehat dan tidak 'memberatkan' tubuh saat dikonsumsi. 

2. Tinggi kalsium dan mineral

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapipexels.com/@samerdaboul

Kandungan yang paling diincar dari susu adalah kalsium. Dibanding susu sapi, susu kambing punya kandungan kalsium yang lebih tinggi. Ditambah kandungan zat besi dan magnesium dalam susu kambing sangat mudah diserap tubuh. Jika susu sapi hanya mampu mencapai angka 28 persen memenuhi kebutuhan kalsium dan mineral dalam tubuh per hari, susu kambing berhasil ada di angka 33 persen.

3. Bagus untuk kesehatan kulit

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapiunsplash.com/@noahbuscher

Asam lemak, Vitamin A, dan kadar pH yang sama seperti manusia menjadi alasan terkuat kenapa susu kambing bagus untuk kesehatan kulit. Ini akan membuat wajah lebih cerah dan kenyal sebab menutrisi kulit dan mengangkat sel kulit mati lalu meregenerasinya dengan kulit yang lebih sehat. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

4. Bisa menjadi obat dari berbagai penyakit

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapipexels.com/@fa-romero-photography

Limpahan manfaat susu kambing tidak hanya berhenti sampai di situ namun susu kambing juga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin sebagai bentuk pengobatan. Beberapa penyakit dan gangguan kesehatan yang bisa dibantu pemulihannya dengan susu kambing antara lain, anemia, eksim, osteoporosis dan parkison. 

5. Meningkatkan fungsi kerja jantung

5 Alasan Susu Kambing Gak Kalah Sehat dari Susu Sapipexels.com/@pixabay

Magnesium yang mendominasi dalam kandungan susu kambing punya peran penting dalam kesehatan jantung. Ini dapat meningkatkan fungsi kerja jantung sebab magnesium dapat membantu detak jantung secara teratur, mencegah penggumpalan darah dan menurunkan kadar kolesterol. 

Manfaat susu kambing ini bisa dengan mudah kamu dapatkan karena di Indonesia sendiri banyak peternakan kambing yang mengolah susu dari hewan mamalia yang satu ini.

Demi alasan kesehatan yang lebih baik, yuk terapkan pola hidup sehat dan rajin minum susu kambing mulai sekarang!

Baca Juga: 6 Jenis Susu Non-dairy yang Cocok untuk Para Vegetarian

dewi dewi Photo Verified Writer dewi dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya