Comscore Tracker

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sering-sering makan buah dan sayur ya guys!

Sistem pencernaan manusia merupakan bagian penting yang menopang kehidupan sehari-hari. Membicarakan sistem pencernaan, gak lengkap rasanya tanpa membahas organ yang paling berperan, yaitu usus.

Di dalam usus semua makananan dicerna dan diserap, yang kemudian berlanjut menjadi energi, sisa makanan berupa tinja dan vitamin yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Karena itu penting banget buat meningkatkan kepedulian dalam menjaga kesehatan pencernaan kita. Berikut lima nutrisi baik yang bisa menjaga kesehatan pencernaan.

1. Magnesium

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaanunsplash.com/@jeshoots

Magnesium, salah satu zat yang masuk ke dalam kategori mineral tak kalah penting dalam membantu menjaga kesehatan usus. Ini bisa kamu dapatkan dari bayam, labu, beras merah atau pisang. 

2. Bakteri baik

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaancleaneatingmag.com

Bakteri baik bisa memperlancar proses pencernaan makanan dan kinerja karena mendukung serta memaksimalkan fungsi usus. Makanan yang telah difermentasi adalah sumber bakteri baik yang paling ideal, ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi acar atau tempe. 

Baca Juga: Beberapa Masalah Kesehatan Ini Bisa Diketahui dari Tes Darah pada Bayi

3. Serat

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaanunsplash.com/@jannisbrandt

Serat dapat berguna bagi kesehatan usus karena dapat membantu tubuh mengurangi kadar kolesterol jahat dan membersihkan pencernaan. Serat yang tinggi akan membawa segala jenis kotoran yang tidak lagi berguna dan membuat kesehatan usus menjadi terjamin. Coba deh konsumsi gandum dan serat utuh lain yang kini banyak diolah menjadi makanan sehat kekinian. 

4. Lemak baik

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaanunsplash.com/@colinczerwinski

Lemak baik adalah bagian lemak yang berfungsi sebagai pembantu tubuh dalam melakukan fungsi pentingnya, tidak terkecuali usus. Lemak baik dapat mengurangi kemungkinan terjadinya inflamasi atau peradangan yang mencegah gangguan pencernaan, misalnya perut sembelit. 

5. Probiotik dan prebiotik

Penuhi 5 Nutrisi Penting Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaanunsplash.com/@kaylamaurais

Kedua zat ini juga wajib masuk daftar nutrisi yang baik bagi kesehatan usus. Keduanya memberi asupan bagi bakteri baik yang tinggal di usus. Sedangkan kamu bisa merasakan manfaat kandungan probiotik dan prebiotik yang melimpah dalam vitamin atau suplemen khusus, sayur dan buah.

Bila kamu sering merasakan gangguan pencernaan coba atasi dan jaga kesehatan ususmu dengan rajin mengonsumsi nutrisi penting seperti di atas tadi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga: 6 Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Sistem Pencernaan

dewi Photo Community Writer dewi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You