Comscore Tracker

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebih

Biasakan membaca label pada kemasan makanan dan minuman

Beberapa makanan maupun minuman kadang ditambahkan gula untuk menambahkan cita rasa. Apabila makanan dan minuman tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka asupan gula harian bisa saja melebihi anjuran.

Jika kamu sudah terbiasa makan makanan manis dalam jangka waktu lama, tentu hal ini bisa memicu masalah kesehatan. Maka dari itu, penting untuk mengurangi asupan gula agar tidak melebihi saran yang ditetapkan. Simak sederet inspirasi mengurangi asupan gula berlebih berikut ini, yuk! 

1. Mengurangi jumlah gula secara bertahap

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihilustrasi teh rendah gula (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Menurut Medical News Today, mengubah kebiasaan pola makan memerlukan waktu bertahap. Sebab, beralih dari kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman dengan jumlah gula berlebih menjadi lebih sedikit gula memerlukan proses perlahan.

Jika terbiasa menambahkan gula pada minuman seperti teh atau kopi, maka kurangi jumlah gulanya sedikit demi sedikit. Mengurangi jumlah gula secara perlahan lebih mudah daripada langsung menghilangkan gula pada minuman favorit.

2. Mengurangi minuman bersoda

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihilustrasi minuman soda (pexels.com/Eren Li)

Minuman bersoda juga mengandung jumlah gula yang cukup banyak. Jika memungkinkan, kurangi konsumsi minuman bersoda untuk mengurangi asupan gua harian.

Mengurangi asupan gula tambahan dapat membantu mengurangi berat badan dan menjaga kesehatan. Beberapa pilihan minuman yang lebih sehat antara lain air putih, teh, atau kopi. Tentunya teh tawar dan kopi tanpa gula jauh lebih disarankan, ya!

3. Lebih teliti dalam membaca label kemasan makanan dan minuman

6 Cara Mengurangi Asupan Gula BerlebihFoto oleh Laura James dari Pexels

Healthline menjelaskan bahwa produsen makanan biasanya menuliskan gula tambahan pada label kemasan apabila produknya mengandung gula. Biasanya, kandungan gula tertulis pada informasi nilai gizi. Selain itu, kandungan gula tambahan juga tercantum pada komposisi produk.

Gula tambahan memiliki banyak nama yang berbeda-beda. Menambahkan penjelasan Medical News Today, beberapa nama gula tambahan yang terdapat pada label kemasan makanan dan minuman diantaranya:

  • Gula tebu
  • Gula merah atau brown sugar
  • Sirup jagung
  • Gula bit
  • Gula kelapa
  • Sukrosa
  • Glukosa
  • Dekstrosa
  • Fruktosa

Baca Juga: 6 Makanan yang Sering Menyebabkan Keracunan Makanan

4. Memerhatikan kandungan gula tersembunyi pada produk

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihilustrasi saos tomat (pexels.com/Engin Akyurt)

Sebagian besar sudah mengetahui bahwa gula terdapat pada produk dengan rasa manis, seperti permen dan cokelat. Namun, gula tidak selamanya hanya terdapat pada produk tersebut.

Healthline menyebutkan bahwa saos tomat, saos barbeku, saos spageti, dan saos sambal juga mengandung gula di dalamnya. Jika memungkinkan, memilih produk yang mengandung gula lebih sedikit.

5. Mengonsumsi lebih banyak protein

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihilustrasi telur (unsplash.com/Mustafa Bashari)

Mengonsumsi makanan dengan gula tambahan dalam jumlah berlebih dapat meningkatkan berat badan. Di sisi lain, mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat dapat mengurangi rasa lapar dan membuat lebih kenyang.

Seperti dijelaskan Healthline, protein secara langsung menunjukkan efek mengurangi keinginan untuk makan. Beberapa jenis makanan berprotein tinggi antara lain, telur, ikan, produk susu tinggi lemak, alpukat, kacang-kacangan, dan lainnya.

6. Mengonsumsi buah-buahan

6 Cara Mengurangi Asupan Gula Berlebihilustrasi buah apel (pexels.com/Vincenzo Malagoli)

Makanan olahan cenderung mengandung bahan olahan atau gula tambahan. Mengurangi makanan dengan gula berlebih dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan.

Salah satu cara untuk mengurangi asupan gula berlebih yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan segar. Sebisa mungkin memilih buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai pengganti camilan yang manis-manis. Selain mengandung gula alami di dalamnya, buah juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi gula tetap diperbolehkan asalkan tidak melebihi batas. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi asupan gula berlebih antara lain mengurangi jumlah gula secara bertahap, mengurangi minuman bersoda, lebih teliti dalam membaca label kemasan makanan, memperhatikan kandungan gula tersembunyi pada produk, mengonsumsi lebih banyak protein, dan mengonsumsi buah-buahan. 

Baca Juga: Batas Konsumsi Gula Harian Menurut WHO, Jaga Kesehatan yuk!

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya