Comscore Tracker

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacingan

Cacingan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa

Beberapa jenis cacing merupakan parasit sehingga cacing tersebut menyerap nutrisi dari inangnya. Infeksi cacingan kerap kali dialami anak-anak. Biasanya infeksi cacing mudah menyebar dari orang yang terinfeksi ke orang lain. 

Terdapat beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi cacingan, salah satunya adalah pirantel pamoat. Berikut informasi mengenai cacingan dan cara kerja obat cacing membasmi infeksi cacing yang telah dirangkum dari WebMD dan Drugs.com

1. Bagaimana seseorang bisa terinfeksi cacing?

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacinganilustrasi anak bermain (pexels.com/Pixabay)

Dilansir Poison, cacing usus dapat menyebar melalui tanah atau tangan yang terkontaminasi dengan feses yang mengandung cacing atau telurnya. Ketika hewan atau manusia tidak sengaja menelan telurnya, maka telur tersebut akan menetas di dalam usus dan menimbulkan beberapa keluhan.

Cacing juga dapat menyebar ke manusia melalui hewan peliharaan yang terinfeksi cacing. Anak-anak dapat terinfeksi cacing saat bermain di tanah yang terkontaminasi cacing atau telurnya dan tidak mencuci tangan sebelum makan.

Penduduk di negara berkembang berisiko terinfeksi cacing karena sanitasi yang buruk. Apabila ada seseorang yang mengalami cacingan, maka seluruh anggota keluarga juga harus diobati untuk mencegah penyebaran dan infeksi ulang.

2. Infeksi cacing mudah menyebar

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacinganilustrasi cacingan (freepik.com/atlascompany)

Beberapa jenis cacing mudah menyebar ke anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah. Maka dari itu, anggota keluarga yang lain akan lebih baik melakukan pemeriksaan meskipun tidak mengeluhkan gejala.

Biasanya anggota keluarga serumah mungkin perlu pengobatan karena infeksi cacing yang mudah menyebar. Selain itu, perlu juga membersihkan pakaian dan barang personal lainnya dengan hati-hati untuk memusnahkan telur-telur cacing yang menempel serta menjaga kebersihan tangan dan memotong kuku untuk mencegah infeksi berulang.

Baca Juga: 5 Gejala Cacingan pada Orang Dewasa dan Perlu Segera Ditangani

3. Mengenal pirantel pamoat

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacinganilustrasi obat (pexels.com/Etatics Inc.)

Terdapat berbagai obat cacing yang tersedia di Indonesia, salah satunya adalah pirantel pamoat. Pirantel pamoat merupakan obat bebas terbatas sehingga bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Pirantel pamoat tersedia dalam bentuk suspensi cair yang digunakan untuk anak-anak mulai usia 2 tahun ke atas dan bentuk tablet untuk orang dewasa. Untuk usia kurang dari 2 tahun, ibu hamil, atau ibu menyusui disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Obat ini dapat digunakan sebagai pengobatan mandiri atau swamedikasi dan dapat pula diresepkan oleh dokter. Yang harus diperhatikan, meskipun obat ini dapat dibeli bebas, jangan menggunakannya untuk anak usia kurang dari 2 tahun, kecuali atas saran dokter.

4. Bagaimana cara pirantel pamoat menyembuhkan infeksi cacing?

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacinganilustrasi obat (pexels.com/Ivan Babydov)

Pirantel pamoat digunakan untuk mengobati infeksi cacing pada usus, di antaranya cacing kremi, cacing tambang, dan cacing gelang. Obat ini dapat membasmi cacing di usus dengan cara melumpuhkan cacing sehingga cacing tidak bisa bergerak. Selanjutnya, cacing akan dikeluarkan oleh tubuh bersama feses ketika buang air besar.

Namun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), obat ini tidak mampu membunuh telur cacing kremi. Maka dari itu, disarankan untuk memeriksakan diri kembali apakah masih memerlukan dosis kedua.

Mengutip MedlinePlus, pemberian dosis kedua diulangi setelah 2 minggu infeksi cacing kremi. Tujuannya adalah untuk mencegah infeksi ulang cacing yang telah menetas dari telur yang tidak bisa dibasmi saat pengobatan pertama.

5. Cara penggunaan

Cara Kerja Obat Cacing Pirantel Pamoat Mengatasi Cacinganilustrasi minum obat (pexels.com/ Towfiqu barbhuiya)

Cara menggunakan obat cacing pirantel pamoat disesuaikan dengan usia sehingga harus mengikuti petunjuk penggunaan yang tertulis pada label kemasan. Umumnya, obat ini hanya digunakan satu dosis untuk sekali pemakaian. Dosis obat tidak dapat dikurangi atau dilebihkan agar pengobatan menjadi optimal.

Untuk sediaan suspensi harus dikocok terlebih dahulu agar obat di dalamnya tercampur rata. Obat boleh digunakan sebelum atau sesudah makan. Jika menggunakan obat pirantel pamoat secara mandiri, jangan mengulangi pemakaian sebelum berkonsultasi dengan dokter.

Salah satu obat cacing yang tersedia adalah pirantel pamoat. Pirantel pamoat bekerja dengan cara melumpuhkan cacing parasit di usus sehingga cacing tidak dapat bergerak dan dikeluarkan bersama dengan feses. Apabila masih ada hal yang masih belum jelas, jangan sungkan untuk menanyakan kepada dokter atau apoteker.

Baca Juga: Cacing Kremi pada Anak: Gejala, Penyebaran, Pengobatan

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya