Comscore Tracker

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?

Antibodi tetap terbentuk meskipun tidak muncul KIPI

Setelah divaksinasi, sebagian orang akan mengalami efek samping atau yang disebut dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI yang muncul tersebut menunjukkan sistem imun bekerja membentuk antibodi.

Akan tetapi, beberapa orang lainnya tidak merasakan KIPI sama sekali, sehingga menimbulkan pertanyaan baru. Apakah tidak mengalami KIPI menunjukkan tubuh tidak merespons vaksin? Yuk, simak penjelasannya berikut ini sampai habis!

1. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?ilustrasi sakit kepala (pexels.com/Edward Jenner)

Dilansir Healthline, sebagian orang mungkin akan mengalami beberapa keluhan setelah melakukan vaksinasi. Keluhan yang muncul tersebut pada kebanyakan kasus tergolong ringan, seperti demam, sakit kepala, mual, dan kelelahan.

Ahli kesehatan mengatakan bahwa keluhan tersebut muncul akibat respons dari sistem imun tubuh yang sedang bekerja membentuk antibodi. Jadi, tak perlu khawatir dengan munculnya efek setelah vaksin karena akan hilang dengan sendirinya.

2. Bagaimana jika tidak mengalami keluhan?

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?ilustrasi setelah vaksinasi (pexels.com/Towfiqu barbhuiya)

Ketika mulai dilakukan vaksinasi COVID-19, banyak informasi yang menyebutkan bahwa KIPI yang timbul merupakan reaksi alami tubuh. Informasi tersebut diberikan agar masyarakat menjadi paham dan tidak cemas jika mengalami KIPI setelah vaksin. Namun, hal itu menjadi pertanyaan baru pada sebagian lain yang tidak mengalami KIPI. 

Meskipun tubuh tidak mengalami KIPI, bukan berarti sistem imun tubuh tidak merespons vaksin yang diberikan. Sebagai contoh, pada uji klinis Pfizer dan Moderna, sebagian besar partisipan tidak mengalami efek samping, meskipun mereka membentuk imunitas. Memang sebagian akan mengalami efek samping atau KIPI, tetapi tidak sedikit pula yang tidak merasakan reaksi KIPI tersebut.

Baca Juga: Studi: COVID-19 Tingkatkan Risiko Diabetes pada Anak

3. Mengapa respons tubuh berbeda-beda?

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?ilustrasi vaksinasi (unsplash.com/Mat Napo)

Sistem imun tubuh manusia merespons vaksin dengan cara yang berbeda-beda. Respons imun yang bervariasi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, seperti riwayat kesehatan, jenis kelamin, usia, kekebalan yang telah terbentuk sebelumnya, genetik, nutrisi, lingkungan, dan penggunaan obat-obatan antiinflamasi.

Salah satu contohnya yaitu adanya faktor riwayat kesehatan. Seseorang yang sebelumnya pernah mengalami COVID-19 akan mengalami reaksi KIPI yang lebih kuat setelah melakukan vaksinasi, dilansir Healthline.

4. Persentase terjadinya KIPI

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?ilustrasi vaksinasi (pexels.com/FRANK MERIÑO)

Mengutip Medical News Today, ada studi di mana sebanyak 954 petugas kesehatan di Johns Hopkins Medical mendapatkan salah satu vaksin Pfizer atau Moderna untuk dilakukan penelitian tahap awal. Sebagian partisipan tersebut ada yang memiliki riwayat penyakit COVID-19.

Setelah dievaluasi, sebanyak 5 persen partisipan mengalami efek samping vaksin dosis pertama dan 43 persen partisipan mengalami efek samping dosis kedua. Meskipun mengalami perbedaan keluhan klinis, tetapi respons antibodi tetaplah terbentuk.

5. Vaksin membentuk antibodi

Tidak Mengalami KIPI Tanda Tubuh Tidak Merespons Vaksin COVID-19?ilustrasi imunitas (pixabay.com/WiR_Pixs)

Tidak mengalami KIPI bukan berarti tubuh tidak merespons vaksin. Hal tersebut karena setiap orang mempunyai sistem imun yang bekerja dengan cara yang berbeda-beda, mengutip Verywell Health.

Pada uji klinis vaksin seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, hampir semua partisipan 953 dari 954, baik yang mengalami atau tidak mengalami efek samping, mengalami pembentukan antibodi IgG setelah 14 hari pemberian dosis kedua. Hanya ada satu pengecualian karena partisipan sedang menggunakan obat penekan sistem imun.

Setelah divaksinasi, beberapa orang mungkin mengalami KIPI setelahnya dan ini wajar. Namun, jika tidak mengalaminya, hal tersebut juga normal. Tidak mengalami KIPI bukan berarti tubuh tidak merespons vaksin yang disuntikkan. Hal tersebut terbukti dari penelitian yang menunjukkan bahwa partisipan, baik yang mengalami maupun tidak mengalami KIPI, tubuhnya tetap membentuk antibodi.

Baca Juga: Omicron Lebih Ringan dari Delta? Jangan Anggap Remeh!

Dewi Purwati Photo Verified Writer Dewi Purwati

Health enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R F

Berita Terkini Lainnya