Comscore Tracker

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimu

EQ juga punya peran penting pada kesuksesan seseorang

Kecerdasan Emosional adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan mengenali perasaan diri sendiri. Seseorang dengan EQ yang tinggi akan memudahkannya saat berhubungan secara sosial dengan orang lain. Sehingga ini mampu menciptakan relasi yang positif dengan lingkungan sekitarnya. Dan untuk berada di tingkat kecerdasan emosional yang baik, tentu kamu harus melalui serangkaian proses penyesuaian yang tidak instan.

Berikut beberapa cara untuk melatih meningkatkan kecerdasan emosional pada dirimu.

1. Kenali emosi yang kamu rasakan

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Bewakoof.com official

Poin pertama, kamu harus mengenali emosimu lebih dalam, karena ini bisa membantumu untuk mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri. Dengan begitu, kamu dapat lebih cermat dan bijak dalam bertindak setiap kali menghadapi beberapa situasi tertentu. Sehingga ini dapat mencegah kamu melakukan tindakan-tindakan yang mungkin bisa kamu sesali di kemudian hari.

2. Kurangi emosi negatif pada dirimu

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimupexels.com/Stefan Stefancik

Selanjutnya, kamu perlu melatih diri mengurangi emosi negatif pada dirimu. Ini merupakan salah satu cara efektif agar kamu mendapat kestabilan emosi dan tidak mudah terbawa arus pada situasi kurang menyenangkan yang terjadi di sekitarmu. Bisa mengontrol emosi dengan baik efektif untuk menghalau emosi negatif sesaat setelah terlintas di pikiranmu.  

3. Belajar untuk tetap tenang saat menerima kritik

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Annie Spratt

Saat kamu mudah merasa panas, kesal dan marah-marah ketika mendapatkan kritik dari orang lain, secara tidak langsung ini menunjukkan bila kecerdasan emosional kamu masih rendah. Saat kamu ingin mengasah kecerdasan emosional di dirimu, tentu terlebih dulu kamu harus bisa menerima dan mau terbuka pada berbagai kritik dan saran yang datang. Kritik dan saran yang datang dari orang lain juga sangat berguna bagi kamu untuk mengembangkan diri sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Mengukur Kecerdasan Emosional Saat First Date

4. Belajar terbuka pada setiap cara pandang orang lain yang berbeda darimu

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Kate Kalvach

Ketika kamu sulit menerima cara pandang orang lain, selalu merasa diri paling benar dan kerap protes pada pendapat yang berbeda dengan kamu, ini juga menandakan kalau kecerdasan emosional kamu rendah. Maka dari itu, bila kamu mau mencoba memahami sekaligus berpikiran terbuka pada setiap sudut pandang orang lain yang berbeda darimu secara tidak langsung ini adalah usaha melatih diri dalam meredam ego yang bersarang di dirimu.

5. Berpikir sebelum bertindak

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Yanapi Senaud

Dan salah satu cara untuk mengasah kecerdasan emosional pada dirimu adalah jangan suka asal bertindak tanpa mempertimbangkan segala kemungkinan yang terjadi. Jangan sampai apa yang kamu lakukan kemudian bisa menjadi boomerang bagi dirimu sendiri. Maka dari itu, perbanyak introspeksi diri pada perilaku dan tindakan kamu sehari-hari. Dengan begitu kamu akan terbiasa agar selalu berhati-hati sebelum bertindak.

6. Bersikap tetap tenang saat berhadapan dengan orang yang memancing emosi kamu

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Antenna

Kadang kala memang sulit bagi kita untuk bisa tetap santai saat di hadapkan pada orang yang menyebalkan dan kerap kali menguji kesabaran kita. Namun, kita di tuntut untuk bisa menahan diri agar tidak terpancing pada situasi tersebut. Maka, cobalah untuk tenangkan diri sebelum kamu berbicara pada orang yang sedang memancing emosi negatif kamu. Ini adalah cara tepat dalam melatih mengendalikan emosi negatif pada dirimu. Dan ini juga efektif dalam mengasah EQ seseorang.

7. Tampilkan gestur tubuh yang positif

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimuunsplash.com/Eliott Reyna

Sering kali orang mudah menebak suasana hati seseorang dari ekspresi wajah yang sedang ia tunjukkan kepada mereka. Memang tidaklah mudah untuk bersikap baik-baik saja di saat suasana hati lagi badmood. Tapi bila kamu dapat menguasai emosi dalam dirimu dengan tidak membiarkan dirimu terus-terusan terhanyut dalam suasana hati yang buruk, ini merupakan salah satu cara efektif untuk mengasah EQ kamu.

8. Berlatih menumbuhkan rasa empati pada sekitar

8 Cara Efektif Mengasah Kecerdasan Emosional (EQ) pada Dirimukidsvillage.com

Seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya memiliki rasa empati yang kuat pada sekitarnya. Seorang yang berempati tinggi juga mampu memahami perasaan orang lain dengan baik. Sehingga dengan empati yang di miliki ini kamu akan tahu bagaimana harus memperlakukan orang lain dengan benar.

Nah, itu tadi delapan hal yang dapat mengasah kecerdasan emosional pada dirimu. Dengan kecerdasan emosional yang baik, ini dapat membantumu tetap tenang dan stabil saat menghadapi berbagai situasi meski sulit sekalipun.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menyiratkan Kamu Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik!

dewinner 93 Photo Verified Writer dewinner 93

Hanya penulis receh ✍ IG : @dewinner93

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You