Comscore Tracker

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!

Segera ganti meja kerjamu dengan standing desk

Banyak orang sudah tahu bahwa terlalu banyak duduk berdampak buruk bagi kesehatan. Individu yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk setiap hari memiliki peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, dan kematian dini. Ini tentunya adalah masalah utama bagi pekerja kantoran, karena mereka duduk hampir sepanjang hari.

Untungnya, saat ini sudah ada solusi untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan menggunakan standing desk sebagai alternatif dari meja konvensional. Lalu apa saja manfaat kesehatan yang ditawarkan dari penggunaan standing desk? Keep reading!

1. Mencegah penambahan berat badan dan obesitas

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!pexels.com/Ketut Subiyanto

Peningkatan berat badan pada dasarnya disebabkan oleh asupan kalori yang lebih banyak daripada yang dibakar. Sebaliknya, membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi akan menyebabkan penurunan berat badan.

Banyak melakukan aktivitas dengan berdiri bisa bermanfaat untuk membakar lebih banyak kalori. Perbedaan kalori ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa duduk lebih lama sangat terkait dengan obesitas dan penyakit metabolik, menurut temuan dalam Annals of Internal Medicine. Karenanya, menggunakan standing desk dinilai efektif untuk mencegah obesitas dan penyakit yang terkait dengannya.

2. Mengurangi sakit punggung

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!pexels.com/Karolina Grabowska

Sakit punggung merupakan salah satu keluhan yang paling umum dialami oleh pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya dengan duduk seharian. Untuk menentukan apakah standing desk dapat menjadi solusi untuk kondisi ini beberapa penelitian telah dilakukan pada karyawan dengan nyeri punggung jangka panjang.

Salah satunya seperti yang telah dilaporkan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine. Dalam penelitian tersebut, para peserta mengaku mengalami peningkatan hingga 32 persen pada nyeri punggung bawah setelah beberapa minggu menggunakan meja berdiri.

Baca Juga: 5 Kaktus Hias Manis untuk Hias Jendela atau Meja

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!unsplash.com/Giulia Bertelli

Sudah sejak lama berdiri dipercaya lebih baik untuk kesehatan jantung daripada duduk. Hal ini juga dibuktikan oleh penelitian pada British Medical Journal yang menemukan bahwa kondektur bus yang berdiri sepanjang hari memiliki risiko kematian terkait penyakit jantung dua kali lebih rendah dibandingkan rekan mereka yang duduk di kursi pengemudi.

Sebaliknya, para ilmuan telah lama mengembangkan pemahaman yang jauh lebih besar tentang efek duduk pada kesehatan jantung. Jadi, tidak diragukan lagi, menghabiskan lebih banyak waktu untuk berdiri bermanfaat bagi kesehatan jantung.

4. Menurunkan kadar gula darah

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!pexels.com/Artem Podrez

Secara umum, semakin tinggi kadar gula darahmu setelah makan, maka dampaknya semakin buruk bagi kesehatan. Hal ini berlaku utamanya bagi individu yang mengidap diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian kecil terhadap 10 pekerja kantoran yang dilaporkan dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine, didapatkan kesimpulan bahwa berdiri selama 180 menit setelah makan siang mengurangi lonjakan gula darah sebesar 43 persen dibandingkan dengan duduk dalam waktu yang sama. Bahkan, lonjakan yang lebih kecil disebabkan oleh berdiri daripada tambahan gerakan fisik lainnya.

5. Meningkatkan suasana hati

5 Manfaat Standing Desk bagi Kesehatan, Tinggalkan Meja Konvensional!pixabay.com/Standsome

Menggunakan standing desk memiliki pengaruh positif pada kesejahteraan secara keseluruhan. Dalam satu studi 7 minggu yang dipublikasikan dalam Preventing Chronic Disease, peserta yang menggunakan standing desk melaporkan lebih sedikit stres dan kelelahan daripada mereka yang tetap duduk sepanjang hari kerja. Selain itu, 87 persen peserta yang menggunakan standing desk melaporkan peningkatan kekuatan dan energi sepanjang hari.

Setelah kembali ke meja lama, suasana hati para peserta secara keseluruhan kembali ke tingkat semula. Temuan ini sejalan dengan penelitian lain yang lebih luas tentang duduk dan kesehatan mental, yang menghubungkan waktu menetap dengan peningkatan risiko depresi dan kecemasan.

Kesimpulannya, mengurangi waktu duduk dapat meningkatkan kesehatan fisik, metabolisme, dan bahkan mental. Jadi, jika memungkinkan, segera ganti meja kerja konvensional dengan standing desk untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

Baca Juga: Budget Terbatas? 9 Trik Dekorasi Meja Kerja yang Estetis

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya