Comscore Tracker

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah Menopause

Gejala ini normal kok

Menopause adalah akhir dari siklus menstruasi dan kesuburan wanita. Menopause terjadi ketika ovarium tidak lagi menghasilkan estrogen dan progesteron, yaitu dua hormon yang dibutuhkan untuk kesuburan wanita.

Seiring bertambahnya usia seorang wanita, maka akan terjadi penurunan fungsi ovarium dan produksi estrogen secara bertahap, hingga menyebabkan wanita tidak lagi mengalami menstruasi atau biasa dikenal dengan menopause.

Selain berhentinya siklus menstruasi, menopause juga menyebabkan beberapa perubahan pada wanita, seperti mental, fisik, dan emosional yang semuanya cukup membuat wanita yang baru memasuki tahap menopause menjadi kaget. Selain itu, ada beberapa masalah kesehatan yang juga akan dialami oleh wanita yang memasuki fase menopause. Sebagai pengetahuan dan agar kamu tidak kaget nantinya, tidak ada salahnya kamu mengetahui beberapa masalah kesehatan yang kerap dialami oleh wanita yang telah menopause. 

1. Penurunan fungsi otak

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah Menopausehealthline.com

Menopause dapat memicu masalah pada otak. Salah satunya adalah penurunan memproses informasi dan menyelesaikan masalah.

Orang yang sudah dalam tahap menopause bisa sering tidak dapat mengingat kata-kata umum, cara membaca peta, dan lebih pelupa. Tapi untungnya efek buruk ini bisa dikurangi dengan melakukan aktivitas yang dapat melatih otak, salah satunya adalah belajar bahasa asing.

2. Mudah gelisah

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah MenopauseSuccess.com

Menopause juga bisa membuat wanita menjadi lebih mudah gelisah. Termasuk sering bangun saat tengah malam akibat mimpi buruk. Wanita yang telah menopause juga akan lebih mudah khawatir terhadap segala sesuatu, bahkan pada hal-hal kecil sekalipun, seperti ketika mendengar suara aneh, sering mengkhawatirkan anggota keluarga, dan cenderung mengasumsikan hasil terburuk untuk setiap hal.

Kecemasan ini tentunya dapat memengaruhi hidup wanita selama menopause. Untuk mengurangi gejala kecemasan, wanita yang telah menopause perlu memperbanyak relaksasi, seperti meditasi dan yoga, ataupun menarik napas dalam-dalam saat gejala kecemasan mulai muncul.

3. Kerontokan rambut yang parah

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah Menopauseecr.co.za

Menopause juga bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Misalnya, saat bangun pagi bantal bisa penuh dengan helaian rambut yang rontok, ketika sedang keramas rambut juga akan semakin rapuh dan mudah patah. Sejatinya kerontokan rambut pada masa menopause ini tidak perlu dikhawatirkan, akan tetapi kebanyakan wanita pasti akan merasa penampilannya terganggu dengan rambut yang super tipis dan helaian rambut rontok di mana-mana. Nah untuk mengatasinya, pilihan gaya rambut yang membuat rambut tampak lebih bervolume seperti blow atau keriting.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Penyebab Terjadinya Menopause Dini Pada Wanita!

4. Sering kelelahan

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah Menopausenaturallycurly.com

Kelelahan berat juga biasa terjadi selama menopause dan hal ini bisa jadi salah satu penyebab wanita menopause menjadi kurang produktif. Setelah menopause, wanita biasanya menghabiskan waktu untuk tidur di malam hari lebih panjang, tapi tak jarang esok harinya mereka bangun masih dalam keadaan lelah dan tak bersemangat.

Untuk mengatasi masalah ini, wanita yang telah menopause tersebut harus sering-sering beristirahat dan tidur jika memang merasa lelah, manjakan diri dengan pijat, serta banyak menghabiskan waktu di rumah dan cukup menjalankan aktivitas yang ringan seperti membaca buku, dan hindari aktivitas yang berat apalagi jika harus keluar rumah.

5. Menurunnya sistem imun tubuh

5 Masalah Kesehatan yang Akan Dialami Wanita setelah Menopausemedicalnewstoday.com

Menopause juga berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Saat berada dalam tahap menopause, wanita mungkin akan mengalami wabah herpes zoster pertama. Wanita yang telah mengalami menopause berisiko lebih tinggi terkena infeksi dan waktu pemulihan yang lebih lama disebabkan karena disfungsi kekebalan tubuh.

Untuk mengurangi masalah ini, wanita yang telah menopause perlu menerapkan pola hidup sehat, seperti makan sehat, olahraga, dan mengurangi stres yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh serta menghindari penyakit.

Penting untuk dipahami, semua masalah yang telah dijelaskan pada pembahasan di atas adalah gejala menopause yang normal. Jadi, tak perlu cemas dan bersikap berlebihan.

Baca Juga: 10 Tanda Awal Kamu Mulai Masuki Masa Menopause, Wanita Wajib Tahu nih!

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You