Comscore Tracker

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Surya

Padahal, bagian ini rentan terpapar sinar matahari

Mungkin kamu sudah tahu bahwa penting untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Sayangnya, kebanyakan orang hanya mengoleskan tabir surya di wajah dan tangan untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari, seperti kulit belang, hiperpigmentasi, hingga keriput.

Padahal, ada bagian tubuh lainnya yang rentan terkena masalah akibat paparan sinar matahari, tapi sering kali terlewatkan saat kamu mengaplikasikan tabir surya. Bagian mana sajakah itu? Scroll terus untuk tahu jawabannya.

1. Kulit kepala

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaglamourmagazine.co.uk

Dibanding bagian tubuh lainnya, kepala adalah titik utama yang paling rentan terpapar sinar matahari. Anehnya, justru banyak yang mengabaikan hal ini dan tidak mengaplikasikan tabir surya di kulit kepala. Ini pula yang menyebabkan setelah seharian beraktivitas di bawah sinar matahari, kulit kepala cenderung terasa gatal atau memerah.

Ditambah, menurut Skin Cancer Foundation, seiring bertambahnya usia, rambut menjadi lebih tipis dan kulit kepala lebih terbuka. Itu sebabnya, risiko kanker kulit di kulit kepala meningkat seiring bertambahnya usia.

Jadi, cegah kulit kepala terbakar sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya setiap 2 jam atau lebih. Selain itu, tutupi kepala dengan topi, kerudung, atau payung untuk melindunginya dari sinar matahari.

2. Telinga

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaunsplash.com/Kimia Zarifi

Menurut Skin Cancer Foundation, sekitar 7 persen dari melanoma kepala dan leher ditemukan di telinga. Sebab, sebenarnya daun telinga memiliki risiko yang tinggi untuk terkena kanker kulit.

Jadi, jangan lupa aplikasikan tabir surya di telinga untuk mencegah berbagai masalah akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa pula mengenakan topi bertepi lebar untuk melindungi kepala dan telinga saat harus beraktivitas di luar rumah pada siang hari.

3. Kelopak mata

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaunsplash.com/luxdamore

Kulit di sekitar mata, seperti kelopak mata dan area bawah mata, sering kali tidak terkena sentuhan tabir surya. Padahal, dilansir laman SELF, kulit di sekitar mata lebih tipis daripada area lain dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kanker kulit.

Jika kulit sensitif adalah salah satu masalah yang kamu alami, sebaiknya gunakan tabir surya mineral untuk kulit sensitif. Sebab, tabir surya jenis ini memiliki komposisi yang lebih lembut dan tidak mengiritasi area mata. Selain itu, selalu pakai kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV saat beraktivitas di siang hari, ya.

Baca Juga: Langsung Glow Up, 7 Skincare Hacks Ini Wajib Diketahui Semua Cewek 

4. Bibir

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaunsplash.com/Rafael Rocha

Dikutip dari laman SELF, orang yang sering berada di luar ruangan lebih rentan terserang actinic cheilitis atau pertumbuhan prakanker di lapisan luar bibir. Oleh sebab itu, melindungi bibir dengan tabir surya adalah suatu keharusan agar terhindar dari masalah ini.

CDC merekomendasikan penggunaan lip balm dengan SPF 15 atau lebih untuk menjaga kesehatan bibir. Jika lip balm tidak mengandung SPF, kamu juga dapat menggunakan tabir surya biasa di bibir. Selain itu, sering-seringlah mengaplikasikan kembali tabir surya di bibir karena mudah hilang saat kamu minum, makan, atau membasuh wajah.

5. Leher

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaunsplash.com/Anastasiia Pyvovarova

Banyak orang yang sering melewatkan area leher saat menggunakan skincare maupun tabir surya. Padahal, leher termasuk bagian tubuh yang paling banyak terpapar sinar matahari dan cepat mengalami penuaan, terlebih jika kamu memiliki rambut pendek atau sering mengucir rambut.

Untuk itu, oleskan tabir surya kira-kira 15 menit sebelum beraktivitas di luar rumah dan aplikasikan ulang setiap 2 jam atau setelah berkeringat.

6. Kaki

Sering Terlewatkan, 6 Bagian Tubuh Ini Juga Wajib Diolesi Tabir Suryaunsplash.com/Dhruv Deshmukh

Kaki juga termasuk bagian yang rentan terhadap luka bakar seperti bagian tubuh lainnya. Acral lentiginous melanoma (ALM) adalah bentuk melanoma berbahaya yang biasanya ditemukan di telapak kaki dan telapak tangan.

Menurut laman The Healthy, ALM biasanya lebih umum terjadi pada orang dengan warna kulit lebih gelap. Untuk melindungi diri dari ALM, oleskan tabir surya dalam dosis besar ke kaki, termasuk di sela-sela jari kaki.

Itulah beberapa bagian tubuh yang sering terlewatkan saat mengaplikasikan tabir surya, padahal memiliki risiko tinggi terkena paparan sinar matahari. Jadi, sebelum beraktivitas di luar ruangan, pastikan kamu sudah mengaplikasikan tabir surya di semua bagian tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Skincare Tidak Bekerja secara Efektif, Sebaiknya Segera Ganti 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya