Comscore Tracker

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demam

Bisa dilakukan sebagai pengiring obat #IDNTimesHealth

Sering kali, demam disebabkan oleh infeksi sehingga tubuh menaikkan suhu dengan memindahkan darah dari permukaan kulit ke bagian dalam. Demam sering diiringi dengan perasaan tidak nyaman, seperti nyeri tubuh dan lemas. Karenanya, saat sedang demam, kebanyakan orang akan berusaha untuk cepat-cepat mengatasi hal ini.

Adalah hal yang baik jika kamu langsung ke dokter jika mengalami demam. Namun,  demam yang tidak terlalu tinggi sebenarnya bisa diatasi sendiri. Terlebih, di masa pandemik seperti ini, ada baiknya kamu tidak keluar rumah jika tidak mendesak.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips rumahan dari laman Prevention dan Best Health yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan demam sesegera mungkin.

1. Minum lebih banyak air

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demamilustrasi minum air (pexels.com/Daria Shevtsova)

Saat suhu tubuhmu tinggi, kamu akan berkeringat lebih banyak. Ini adalah respons alami tubuh untuk menurunkan temperaturnya. Namun, jika kamu kehilangan terlalu banyak cairan, tubuh akan mematikan saluran keringatnya untuk mencegah kehilangan air lebih lanjut, sehingga membuat kamu lebih sulit untuk mengatasi demam.

Jadi, penting untuk minum air setidaknya 8 sampai 12 gelas sehari saat demam untuk mencegah dehidrasi dan mempercepat penyembuhan. Selain air putih, minuman isotonik yang biasa dikonsumsi setelah olahraga juga bisa membantu. Ini tidak hanya menggantikan cairan yang hilang karena dehidrasi, tetapi juga mineral yang hilang.

2. Gunakan kompres

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demamilustrasi kompres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Pengobatan kuno untuk menurunkan demam adalah dengan merendam selembar kain dalam air dingin dan meletakkannya di atas dahi, alias kompres. Kamu pasti tak asing lagi dengan metode yang satu ini. 

Namun, dokter menyarankan untuk tidak menurunkan suhu tubuh terlalu cepat. Jadi, jika kamu ingin menggunakan cara ini, gunakan air yang sedikit dingin, bukan air es atau air yang sangat dingin. Kamu juga bisa menggunakan kompres untuk seluruh tubuhmu yang terasa tak nyaman. 

Menariknya lagi, kompres air hangat juga bisa membantu. Jadi, jika kamu lebih nyaman, kamu bisa menggunakannya. Namun, jika suhu tubuh naik di atas 39 derajat Celcius, lebih baik pilih kompres dingin.

Baca Juga: 5 Hal Mengerikan yang Bisa Kamu Alami Saat Tidur, Bisa Berbahaya?

3. Makan lebih banyak

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demamilustrasi sup (pexels.com/Annushka Ahuja)

Kebanyakan orang mengalami penurunan nafsu makan saat demam, padahal kamu harus makan untuk menurunkan suhu tubuh. Hal ini bisa diakali dengan "meminum" makananmu. Smoothie buah dan sayur, susu, sup ayam, yogurt, atau bubur adalah beberapa pilihan yang cocok untuk dikonsumsi saat demam.

Setelah nafsu makan mulai kembali, makanlah apa yang menarik bagimu. Roti panggang, telur orak-arik, puding vanila, dan sup ayam, semuanya bisa menjadi pilihan yang cocok untuk pemulihan.

4. Tambahkan cabai ke dalam makanan

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demamilustrasi cabai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Makanan pedas bisa membantu mempercepat penurunan suhu tubuh dengan mengeluarkan keringat. Jadi, taburkan cabai rawit pada makanan saat kamu sedang demam.

Salah satu komponen utama dalam cabai rawit adalah capsaicin. Bahan ini membuat kamu berkeringat dan juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu meredakan demam dengan segera.

5. Minum teh

Jangan Panik, Ini 5 Cara Alami yang Manjur untuk Mengatasi Demamilustrasi teh (pexels.com/Teejay)

Sejumlah teh juga bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan demam. Teh yarrow, salah satunya, memiliki efek membuka pori-pori dan memicu pelepasan keringat yang mempercepat penyembuhan demam. Seduh satu sendok makan herbal ini dalam secangkir air panas selama 10 menit. Biarkan sampai agak dingin lalu minum satu atau dua cangkir sampai kamu mulai berkeringat.

Ramuan lain, yaitu elderflower, juga dapat membantu kamu mengeluarkan keringat. Ditambah, bahan tersebut juga baik untuk mengatasi masalah lain yang terkait dengan flu dan pilek, seperti produksi lendir yang berlebihan.

Untuk membuatnya, campurkan dua sendok teh elderflower kering ke dalam secangkir air panas dan biarkan selama 15 menit. Saring bunganya dan minumlah tiga kali sehari selama demam.

Dengan mempraktikkan semua tips ini, harapannya demam akan segera turun. Namun, jika suhu tubuhmu berada di atas 38,8 derajat Celcius, sangat penting untuk memeriksakan keadaanmu ke dokter.

Baca Juga: 8 Efek Samping Minum Teh Secara Berlebihan, Batasi Asupannya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya