Comscore Tracker

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis 

Yuk, dicoba!

Makanan manis atau yang mengandung gula menjadi favorit banyak orang. Faktanya, menurut studi dalam Journal of Nutrition, hingga 97 persen perempuan dan 68 persen laki-laki melaporkan mengalami semacam mengidam, termasuk keinginan untuk makan makanan yang mengandung gula.

Individu yang terlanjur ketagihan untuk makan sesuatu yang manis bisa sulit untuk dikendalikan. Hal ini juga dapat menyebabkan asupan kalori yang berlebihan dan memicu berbagai macam penyakit. Untungnya, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan ini.

Nah, jika kamu juga ingin mengatasi kecanduan makanan manis, berikut beberapa kiat yang bisa kamu lakukan.

1. Segera konsumsi makanan sehat jika timbul keinginan untuk makan makanan manis

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis Unsplash.com/Ruslan Petrov

Sangat penting untuk menyadari bahwa ingin makan tidak sama dengan lapar. Saat kamu ingin makan sesuatu atau mengidam, bukan tubuh yang meminta energi, melainkan otak yang menginginkan sesuatu yang melepaskan banyak dopamin dalam sistem.

Jika kamu tiba-tiba ingin makan sesuatu yang manis, salah satu trik terbaik untuk mengatasinya adalah segera makan makanan sehat. Dilansir laman Healthline, makanan kaya protein, seperti daging, ikan, dan telur sangat baik untuk mengatasi rasa lapar.

Walaupun makanan ini mungkin tidak terlalu menggugah selera ketika kamu sedang ingin makan makanan yang manis, cara ini mungkin bisa mengurangi perasaan mengidam dengan membuatmu merasa kenyang.

2. Kurangi asupan gula perlahan-lahan

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis unsplash.com/Sharon McCutcheon

Kamu bisa mengurangi kecanduan makanan manis dengan mulai mengurangi asupan gula pada teh, jus, kopi, dan masakan hingga setengahnya. Kemudian, untuk minuman kemasan, kamu bisa mengganti minuman kemasan yang biasa kamu beli dengan tipe less sugar. Lanjutkan kebiasaan ini secara konsisten selama 2 minggu.

Setelah itu, kurangi lagi asupan gula hingga seperempatnya. Kemudian, kurangi terus hingga seminimal mungkin. Perlahan-lahan, cara ini akan membuatmu terbiasa dengan makanan dan minuman yang kurang manis hingga membuatmu benar-benar bebas dari kecanduan makanan manis.

Baca Juga: Bisa Bikin Kecanduan, 8 Bahaya Vape yang Perlu Kamu Ketahui

3. Buat aturan makan

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis unsplash.com/Andrew Wong

Membuat aturan adalah strategi yang cukup efektif untuk mengatasi kecanduan makanan manis. Salah satu contohnya, buat aturan bahwa kamu hanya akan makan makanan manis saat siang. Setelah itu, ubah aturan menjadi tiga kali per minggu, satu kali per minggu, atau hanya akan makan makanan manis pada saat tertentu saja.

Kamu juga bisa mengganti makanan manis yang biasa kamu konsumsi menjadi makanan yang lebih sehat, seperti buah-buahan atau yang tidak terlalu manis.

Ketika mengurangi asupan makanan manis, kamu akan merasa bahwa hasrat untuk makan makanan manis berkurang juga. Alhasil, kamu akan terbiasa untuk tidak makan makanan manis lagi.

4. Jangan lewatkan waktu makan

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis unsplash.com/Pablo Merchan Montes

Dilansir laman The Healthy, ketika kamu melewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam, kadar gula darah akan menurun. Hal ini dapat mendorong keinginan untuk makan makanan manis atau tinggi gula. Untuk itu, jangan pernah melewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam, dan usahakan untuk makan tepat waktu.

5. Perbaiki pola makan

Biar Lebih Sehat, Ini 5 Cara Mengatasi Kecanduan Makanan Manis unsplash.com/Icons8 Team

Pola diet juga bisa memengaruhi keinginan untuk makan makanan manis. Nah, kamu sendiri bisa mengurangi kecanduan makanan manis dengan memperbaiki pola makan dan memperbanyak konsumsi makanan yang dapat meredam hasrat untuk makan makanan manis.

Dilansir laman Healthline, beberapa makanan yang bisa membantu mengurangi keinginan makan makanan manis, yaitu dark chocolate, buah-buahan, permen karet bebas gula, kentang, daging, ikan, telur, dan makanan fermentasi.

Selamat mencoba dan semoga cara di atas mampu membantu mengatasi kecanduan makanan manis.

Baca Juga: Kecanduan Makan Sampai Lompat dari Gedung, 5 Obsesi Teraneh di Dunia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya