Comscore Tracker

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkan

Sempat menjadi wabah dan menewaskan ratusan juta jiwa 

Smallpox atau cacar adalah penyakit yang sangat menular dan bisa berakibat fatal. Penyakit ini juga pernah menjadi wabah selama ratusan tahun lamanya dan telah menyebabkan kematian ratusan juta jiwa.

Meskipun dampak dari penyakit ini sangat mengerikan, bahkan menghancurkan populasi manusia, saat ini cacar tidak lagi dianggap sebagai ancaman. Ini berkat ditemukannya vaksin dan upaya imunisasi yang dilakukan di seluruh dunia. Bahkan, penyakit mematikan ini menjadi satu-satunya penyakit yang telah diberantas sepenuhnya.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang cacar, simak pembahasan berikut ini, yuk!

1. Cacar merupakan penyakit yang sangat menular dan berisiko menyebabkan bekas permanen

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkanvox.com

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cacar atau smallpox adalah penyakit menular serius yang disebabkan oleh virus variola. Penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang lain.

Orang yang menderita cacar akan mengalami demam dan ruam kulit yang khas dan progresif. Cacar merupakan penyakit yang berpotensi mematikan. Bagi korban yang dapat sembuh dari penyakit ini umumnya mereka memiliki bekas luka permanen di sebagian besar tubuh, beberapa bahkan mengalami kebutaan.

2. Asal mula dan penyebaran cacar

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkanunsplash.com/Adam Bichler

Menurut penelitian dalam Baylor University Medical Center Proceedings, cacar diduga berasal dari India atau Mesir setidaknya 3.000 tahun yang lalu. Bukti paling awal untuk penyakit ini berasal dari Firaun Ramses V Mesir yang meninggal pada 1157 SM. Sisa-sisa mumi menunjukkan tanda-tanda di kulitnya.

Penyakit ini kemudian menyebar di sepanjang rute perdagangan di Asia, Afrika, dan Eropa, hingga akhirnya sampai ke Amerika pada 1500-an saat masyarakat adat di sana tidak memiliki kekebalan alami.

Baca Juga: Termasuk Virus Corona, Ini 7 Hewan yang Pernah Bawa Virus Mematikan

3. Menewaskan sebagian besar populasi manusia

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkanunsplash.com/Jimmy Baum

Dikutip dari laman National Geographic, diperkirakan 90 persen dari penduduk asli yang menjadi korban selama penjajahan Eropa sebenarnya disebabkan oleh penyakit daripada penaklukan militer.

Cacar berkontribusi pada penurunan Kekaisaran Aztec, yang sekarang dikenal sebagai Meksiko, bersama dengan kedatangan Spanyol pada 1519. Lebih dari tiga juta masyarakat Aztec tewas akibat penyakit ini. Cacar jugalah yang merenggut nyawa seorang Kaisar Inca dan memusnahkan banyak populasi Inca di Amerika Selatan bagian barat.

Di Eropa, cacar diperkirakan telah menewaskan 60 juta jiwa di abad ke-18 saja. Pada abad ke-20, cacar menewaskan sekitar 300 juta orang secara global.

4. Tidak ada pengobatan yang terbukti mampu menangani cacar

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkanunsplash.com/Laurynas Mereckas

Menurut laman Minnesota Department of Health, walaupun saat ini penyakit cacar berhasil diatasi, hingga saat ini tidak ada pengobatan yang terbukti untuk cacar. Namun, cacar bisa dicegah melalui vaksinasi. Bahkan, vaksin dapat melindungi orang yang telah terpapar virus cacar.

Meskipun tidak menerima perlindungan sempurna, vaksinasi dalam waktu 3 hari setelah terpapar cacar menawarkan tingkat perlindungan yang sama dengan vaksinasi yang dilakukan sebelum terpapar cacar.

5. Akhirnya, cacar musnah dari muka bumi ini berkat ditemukannya vaksin

5 Fakta Cacar, Satu-satunya Penyakit yang Berhasil Dimusnahkanunsplash.com/CDC

Imunisasi cacar pertama dibuat oleh Edward Jenner pada 1796. Walaupun vaksin ini efektif, butuh lebih dari 200 tahun sejak vaksin ini ditemukan untuk memberantas penyakit ini di seluruh dunia.

Menurut catatan CDC, kasus cacar terakhir yang diketahui didiagnosis pada 26 Oktober 1977 di Merka, Somalia. Hingga akhirnya, WHO mengumumkan bahwa cacar berhasil diberantas dari muka bumi ini pada 1980. Cacar juga diketahui berhasil diberantas hanya melalui vaksinasi tanpa ada perawatan apa pun hingga hari ini.

Walaupun butuh waktu yang sangat lama dan usaha keras, akhirnya salah satu penyakit yang pernah menjadi wabah dan memakan banyak korban jiwa berhasil diberantas. Semoga, berbagai penyakit mematikan lainnya juga bisa segera diberantas dari muka bumi.

Baca Juga: 9 Tempat di Mal yang Dipenuhi Kuman dan Virus, Yakin Mau ke Sana?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya