Comscore Tracker

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres 

Jangan buru-buru minum obat-obatan

Di dunia ini, banyak sekali faktor yang dapat memicu stres pada banyak orang, seperti pekerjaan, akademik, kesehatan, masalah sosial, dan masih banyak lagi. Untuk itu, manajemen stres merupakan keterampilan yang mutlak diperlukan oleh semua orang.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres sehari-hari, seperti meditasi, makanan, tidur, berbicara pada orang lain, hingga menggunakan bantuan medis. Tapi, pernahkah kamu mencoba mengatasi stres menggunakan herbal?

Saat ini sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat herbal untuk mengatasi stres dan komplikasinya. Untuk itu, herbal juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi stres sehari-hari. Nah, di bawah ini adalah sejumlah herbal yang terbukti memiliki manfaat untuk mengatasi stres.

1. Ginseng Korea

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres verywellhealth.com

Ginseng korea merupakan adaptogen yang memiliki kekuatan untuk menghilangkan stres. Ginseng korea juga membantu tubuh melawan stres dengan meningkatkan suasana hati, fungsi kekebalan tubuh, serta mendukung kesehatan seksual.

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Ginseng Research, ginseng dapat membantu mengatur respons imun, perubahan hormon karena stres, mengurangi peradangan, dan mengurangi kecemasan serta depresi yang disebabkan oleh stres.

Yang perlu diperhatikan, ginseng ternyata dapat berinteraksi dengan obat lain, baik yang diresepkan maupun yang dijual bebas, terutama obat untuk penyakit jantung atau tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter jika kamu ingin meredakan stres dengan ginseng dan sedang mengonsumsi obat-obatan.

2. Chamomile

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres unsplash.com/Semen Borisov

Chamomile adalah tanaman herbal yang dikenal bersifat sebagai anti-inflamasi, menenangkan, dan dapat membantu mengatasi sakit perut. Selain itu, chamomile juga sangat membantu meringankan efek samping dari stres, seperti sindrom iritasi usus, diare, pergerakan usus yang tidak beraturan, serta masalah tidur.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Phytomedicine, menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi 1500mg chamomile setiap harinya menunjukkan penurunan tingkat stres dan kecemasan secara signifikan.

Nah, karena konsumsi chamomile memiliki efek menenangkan dan menyebabkan kantuk, maka tidak disarankan mengonsumsi chamomile saat akan pergi bekerja, mengemudi, atau ujian.

3. Lavender

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres unsplash.com/Daiga Ellaby

Lavender telah lama dimanfaatkan untuk menenangkan stres. Menurut laman Healthline, lavender memiliki efek sedatif halus pada sistem saraf pusat yang juga dapat membantu dengan kecemasan dan depresi.

Kemampuan lavender dalam mengatasi stres ini membuat lavender banyak digunakan sebagai bahan utama dalam obat untuk menenangkan dan mengatasi kecemasan yang dicampur dengan bahan herbal lainnya. Jadi, selain memanfaatkan lavender yang masih segar, kamu juga bisa mengonsumsi pil yang mengandung lavender.

Baca Juga: 6 Obat Herbal untuk Atasi Diabetes Tanpa Efek Samping

4. Catnip

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres thespruce.com

Catnip paling sering digunakan sebagai agen penenang alami untuk kucing. Tetapi catnip juga dianggap memiliki sifat penenang yang dapat membantu mempromosikan relaksasi pada manusia.

Menurut US Enviromental & Protection Agency, walaupun teh catnip bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres, seperti kecemasan dan insomnia, tetapi penelitian ilmiah tentang manfaat kesehatan catnip masih sedikit.

5. Passionflower

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres peoplespharmacy.com

Passionflower terbukti meningkatkan kadar neurotransmitter gamma-aminobutyric acid yang bekerja di dalam otak dan terbukti mampu mengurangi kecemasan, stres, serta meningkatkan ketenangan.

Menurut studi dalam Journal of Clinical Pharmacy Therapeutics, ketika individu yang menderita kecemasan diberi ekstrak passionflower selama satu bulan, individu tersebut melaporkan penurunan perasaan cemas dan stres serta peningkatan kualitas tidur.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan passionflower kering untuk membuat teh atau bisa juga sebagai ekstrak cair, kapsul, atau tablet.

6. Rosemary

Sudah Terbukti, 6 Herbal yang Ampuh untuk Mengatasi Stres unsplash.com/Luigi Pozzoli

Rosemary sudah sejak lama terbukti mampu membantu meningkatkan kesehatan otak dengan merangsang aktivitas otak yang terlibat dalam mengendalikan suasana hati.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Fitoterapia, para ilmuwan menemukan bahwa rosemary membantu meningkatkan memori jangka panjang pada tikus. Studi ini juga menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam rosemary dapat mengganggu aktivitas enzim yang dikenal mempromosikan penuaan dan terkait kerusakan dalam memori.

Jadi, saat stres melanda, segera ambil herbal di atas agar stres yang kamu alami bisa segera teratasi.

Baca Juga: Ini 7 Obat Herbal yang Khasiatnya Terbukti secara Ilmiah, Pernah Coba?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya