Comscore Tracker

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-paru

Perlu ditangani sesegera mungkin

Masih banyak orang yang berpikir bahwa mengalami sejumlah masalah dengan dengan pernapasan, seperti batuk, sesak napas, dan napas yang pendek adalah suatu masalah kesehatan yang sepele dan kemudian diabaikan. Padahal bisa jadi gejala tersebut merupakan indikasi awal dari masalah paru-paru yang kronis, seperti Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), asma, dan kanker paru-paru.

Mengetahui tanda-tanda peringatan dini adanya penyakit paru-paru dapat membantu kamu mendapatkan perawatan sebelum penyakit ini menjadi makin serius atau bahkan mengancam jiwa.

Nah, mengutip dari The Healthy dan American Lung Association, berikut beberapa gejala adanya masalah paru-paru yang perlu segera ditangani.

1. Perubahan pada suara

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-parureadersdigest.ca

Jangan abaikan jika orang-orang di sekitarmu berkomentar bahwa suaramu terdengar berbeda. Kendati masalah sederhana seperti pilek dapat membuat suaramu berubah, tetapi suara serak yang berlangsung selama berminggu-minggu bisa menjadi salah satu gejala penyakit paru-paru yang lebih serius.

Menurut penelitian dalam Egyptian Journal of Chest Diseases and Tuberculosis, orang-orang dengan Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) tidak dapat menahan banyak udara di paru-paru, yang dapat menyebabkan mereka mengalami perubahan pada suara atau kesulitan mengeluarkan kata-kata.

2. Rasa sakit di pundak

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-paruhealth.harvard.edu

Dalam kebanyakan kasus, nyeri bahu disebabkan karena otot yang tegang atau peradangan. Tetapi jika kamu tidak melakukan aktivitas apa pun yang sekiranya dapat melukai otot dan rasa sakit ini berlangsung selama berminggu-minggu, kamu perlu mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan, terutama jika kamu seorang perokok.

Sebab, jenis tumor paru-paru tertentu dapat menjepit saraf yang ada di pundak, itulah sebabnya terkadang penyakit paru-paru diawali dengan gejala berupa rasa sakit di pundak.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Membersihkan Paru-paru, Perokok Atau Bukan Boleh Coba

3. Kuku dan beberapa bagian tubuh lainnya berubah menjadi kebiruan

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-parutheepochtimes.com

Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) membuat jaringan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup, sehingga menyebabkan perubahan warna pada bagian tubuh tertentu. Secara khusus, kurangnya oksigen dapat menyebabkan beberapa bagian tubuh, seperti bibir, lapisan kuku, dan kulit, menjadi biru, keabu-abuan, atau ungu tua.

Perubahan warna ini mungkin dimulai dengan halus dan kemudian semakin terlihat jelas saat penyakit berkembang, atau mungkin muncul secara tiba-tiba pada penyakit paru-paru yang sudah akut.

4. Mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-paruunsplash.com/i yunmai

Sebanyak 40 hingga 70 persen orang dengan masalah paru-paru kronis mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga. Berat badan yang turun secara tiba-tiba ini adalah pertanda bahwa tubuh tidak dapat bekerja secara efisien.

Tubuh secara terus-menerus membakar kalori hanya untuk melakukan fungsi-fungsi dasar, seperti bernapas, tetapi menurut Lung Institute, otot-otot orang dengan masalah paru-paru kronis perlu bekerja lebih keras untuk memenuhi tuntutan tubuh, bahkan dapat membakar sekitar sepuluh kali lebih banyak kalori hanya untuk bernapas daripada orang-orang yang sehat.

5. Sering batuk di malam hari

Jangan Diabaikan! Ini 5 Indikasi Nyata Adanya Masalah pada Paru-paruquickanddirtytips.com

Melansir dari Self Magazine, kasur adalah tempat berkembang biak bagi tungau debu, jadi menghabiskan waktu berjam-jam di tempat tidur, bantal, dan guling dapat memicu serangan asma. Selain itu, tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon stres kortisol pada malam hari, yang menyebabkan peradangan di saluran udara yang memperburuk gejala batuk-batuk dan sesak napas. Untuk itu, segera hubungi dokter jika kamu mengalami gejala ini, sebab asma dapat merusak saluran udara secara permanen.

Itu tadi beberapa indikasi masalah paru-paru yang tidak boleh diabaikan. Bagaimanapun juga, penyakit kronis biasanya diawali dengan tanda-tanda yang ringan dan umum. Untuk itu, segera hubungi dokter setiap kamu merasa ada masalah dengan kesehatanmu.

Baca Juga: 5 Fakta Ilmiah Tentang Paru-Paru, Organ Terbesar Tubuh Manusia

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya