Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduk

Kamu yang kerja di depan komputer patut waspada

Bagi banyak orang, pekerjaan kantor mengharuskan mereka untuk duduk dalam periode yang lama, bahkan bisa sepanjang hari. Sayangnya, kebiasaan duduk terlalu lama memiliki efek buruk pada kesehatan yang tidak dapat diabaikan. Bahkan sebagian ahli percaya bahwa efek buruk dari terlalu banyak duduk ini tidak dapat dikompensasi walaupun dengan penerapan pola hidup sehat, seperti rutin olahraga dan konsumsi makanan sehat.

Lantas apa sajakah efek buruk yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama? Ini dia jawabannya.

1. Memperlambat metabolisme

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama DudukIsorepublic.com

Penurunan kontraksi otot yang terjadi saat kamu duduk dalam kurun waktu yang lama dapat memperlambat pembersihan lemak dari aliran darah dan mengurangi efek insulin. Hal ini memicu melambatnya metabolisme yang kemudian memengaruhi kesehatan, seperti konstipasi, kegemukan, dan sebagainya.

2. Membuat postur tubuh menjadi bungkuk

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama DudukUnsplash.com/aranxa esteve

Posisi duduk menyebabkan panggul memutar ke belakang dan memberi tekanan pada pinggang. Tanpa kamu sadari, posisi ini kemudian memaksa kepala maju dan menyebabkan bahu melengkung untuk mengompensasi perpindahan berat. Alhasil, lama-kelamaan postur tubuhmu menjadi bungkuk.

Baca Juga: 6 Tren Makanan Kekinian yang Membahayakan Kesehatan, Ada Favoritmu?

3. Cedera punggung dan tulang belakang

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama Dudukunsplash.com/chris benson

Pemuatan statis jaringan yang berkepanjangan lama-kelamaan akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada daerah punggung bagian bawah dan menekankan otot serta sendi-sendi yang ada di sekitarnya.

4. Memicu rematik

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama DudukUnsplash.com/Olya Kuzovkina

Beberapa jenis penyakit rematik seperti osteoartritis penyebabnya adalah karena keausan pada persendian. Hal ini sering terjadi pada orang yang duduk terlalu lama.

5. Obesitas

Jarang Disadari, Ini 5 Risiko Kesehatan Akibat Terlalu Lama Duduktheamericanconservative.com

Kebiasaan duduk sepanjang hari dapat merusak kemampuan tubuh untuk mengendalikan gula darah. Hal ini kemudian menyebabkan berkurangnya sensitivitas terhadap hormon insulin yang membantu mengangkut glukosa dari darah ke dalam sel yang kemudian digunakan sebagai energi.

Buat kamu yang terbiasa menghabiskan waktumu dengan duduk, yuk segera kurangi frekuensinya sebelum masalah kesehatan di atas menimpamu.

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Menanam Tumbuhan di dalam Rumah, Sudah Coba?

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You