Comscore Tracker

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuh

Yuk, cek! Barangkali, kamu sering gini juga

Kita semua tahu bahwa tidur memiliki fungsi penting bagi tubuh. Tanpa tidur yang cukup dan berkualitas, aktivitas bahkan kesehatan kita akan terganggu. Sayangnya, tidak banyak yang sadar bahwa kadang akar dari masalah tidur ini disebabkan kebiasaan-kebiasaan yang kerap kita lakukan sebelum tidur.

Apa sajakah itu? Baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

1. Menggunakan gadget sebelum tidur

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuhunsplash.com/freestocks

Kebanyakan orang punya kebiasaan menggunakan smartphone untuk memeriksa media sosial, bermain game, menonton video, atau sekadar menonton televisi.

Padahal, menurut laman Sleep Advisor Magazine, cahaya dari layar yang dihasilkan gadget ini akan membuat kamu tetap terjaga. Alhasil, kamu jadi sulit tidur dan berpotensi membuat kamu sulit bangun pagi esok harinya. Jadi, cobalah untuk menghindari gadget 1 atau 2 jam sebelum waktu tidur.

2. Tidur di jam yang berbeda-beda setiap malam  

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuhunsplash.com/Julian Hochgesang

Dilansir laman The Ladders, kebiasaan begadang atau tidak memiliki waktu tidur yang konsisten akan menurunkan kreativitas dan fungsi kognitif. Semakin kamu tidak tidur dengan teratur, tubuh akan merespons secara negatif sehingga kamu lebih sulit tidur dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih rendah.

Sebaliknya, jika kamu pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam, tubuh akan terbiasa dengan rutinitas dan kamu akan merasa relatif mudah untuk tertidur di jam-jam yang sama. Ketika kamu mengikuti jadwal tidur yang teratur, esoknya kamu bisa lebih siap dalam melakukan berbagai aktivitas.

Baca Juga: Mengenal Bahaya Sleeping Sickness, Penyakit Tidur di Kawasan Afrika

3. Olahraga berat sebelum tidur   

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuhunsplash.com/Rawan Yasser

Bagi sebagian orang yang tidak sempat berolahraga di pagi hari, mereka menjadikan waktu malam sebelum tidur untuk olahraga. Namun, perlu kamu tahu, olahraga berat sebelum tidur dapat membuat kamu sulit tidur. Dikutip dari laman The Better Sleep Council, olahraga yang intens meningkatkan suhu tubuh dan memicu pelepasan endorfin. Selain itu, hal tersebut juga dapat meningkatkan kadar kortisol yang membuat kamu sulit tidur.

Sebenarnya, olahraga secara teratur dapat membuat tidur lebih nyenyak. Akan tetapi, suhu inti tubuh perlu turun terlebih dahulu agar kamu bisa tidur nyenyak. Jadi, untuk yang terpaksa harus olahraga di malam hari, pastikan kamu berolahraga maksimal 2 jam sebelum tidur dan jangan berolahraga larut malam.

4. Bekerja sampai memasuki jam tidur 

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi Tubuhunsplash.com/Icons8 Team

Bagi yang workaholic, kamu pasti terbiasa bekerja sampai larut malam atau sampai kamu benar-benar lelah. Perlu kamu ketahui, kebiasaan ini justru membuat kamu sulit tidur dengan nyenyak.

Menurut laman Sleep Advisor Magazine, otak membutuhkan waktu untuk beristirahat dan rileks baru kemudian disusul dengan kantuk dan tidur. Oleh sebab itu, 1 jam sebelum memasuki waktu tidur, singkirkan semua pekerjaan berat dan ganti dengan aktivitas yang membuatmu lebih santai, seperti membaca buku.

5. Makan dalam porsi besar sebelum tidur 

Sering Dilakukan, 5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Tidak Baik bagi TubuhUnsplash.com/Mike Mayer

Konsumsi kudapan kecil sebelum tidur sebenarnya tidak masalah, tetapi makan makanan besar di jam-jam tidur bisa mengganggu waktu tidurmu karena tubuh harus bekerja untuk mencernanya, menurut National Sleep Foundation.

Akibatnya, kamu bisa merasa mulas atau mengalami gangguan pencernaan lainnya di malam hari. Selain itu, langsung tidur setelah makan dapat mendorong asam lambung kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Itulah beberapa kebiasaan tidak baik sebelum tidur yang ternyata banyak dilakukan oleh orang-orang. Kalau kamu termasuk salah satu yang sering melakukan kebiasaan di atas, segera tinggalkan demi kualitas tidur yang lebih baik, yuk!

Baca Juga: 12 Aplikasi Android yang Ampuh Membantumu Tidur, Atasi Insomnia!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya