Comscore Tracker

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelap

Kulit cerah dan eksotis sama-sama menawan 

Melanin adalah zat alami yang memberi warna atau pigmen pada kulit, rambut, dan iris mata. Semakin gelap warna kulit seseorang, berarti semakin tinggi kadar melanin yang dimiliki individu tersebut.

Di Indonesia sendiri, masih banyak orang yang mendambakan memiliki warna kulit cerah. Walaupun, secara alami, mayoritas masyarakat Indonesia memiliki warna kulit sawo matang.

Padahal sebenarnya, melanin memiliki fungsi penting bagi kulit juga tubuh. Untuk itu, kamu yang memiliki kulit eksotis alami tidak perlu minder dan berusaha mengubah warna kulitmu. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh orang dengan kulit gelap.

1. Lebih awet muda

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelapunsplash.com/Ayo Ogunseinde

Dilansir laman Livestrong, orang Afrika Amerika dan orang-orang dengan kulit gelap umumnya terlihat lebih muda daripada rekan-rekan mereka yang memiliki kulit berwarna lebih terang karena tingkat melanin yang lebih tinggi pada orang dengan kulit gelap.

Sebab, tingginya tingkat melanin dapat melindungi kulit dari kerusakan jangka pendek akibat sinar matahari dan tanda-tanda penuaan jangka panjang, seperti bintik-bintik penuaan, kerutan dalam, dan tekstur kasar.

2. Baik untuk reproduksi manusia

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelapunsplash.com/Camylla Battani

Pigmen gelap membantu melindungi dari kerusakan DNA dan menyerap radiasi UV sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh serta melindungi terhadap penipisan folat. Folat adalah vitamin B kompleks yang larut dalam air yang secara alami terdapat pada sayuran hijau, daun, biji-bijian, dan buah jeruk.

Perempuan membutuhkan folat untuk menjaga kesehatan sel telur dan untuk perkembangan plasenta setelah pembuahan. Sedangkan pada laki-laki, folat diperlukan untuk produksi sperma. Folat juga sangat penting untuk pertumbuhan janin, perkembangan organ, dan perkembangan tabung saraf.

Menurut laman Atlanta Black Star, folat terurai dalam ultraviolet intensitas tinggi. Sementara, menurut penelitian oleh University of California San Fransisco, melanin dapat mencegah rusaknya folat yang dikaitkan dengan anomali bawaan pada keturunan. Perempuan berkulit gelap diketahui memiliki risiko menderita cacat tabung saraf dengan tingkat terendah.

Baca Juga: Hentikan 8 Kebiasan Buruk Ini jika Ingin Memiliki Kulit Glowing 

3. Melindungi kulit dari radikal bebas

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelapunsplash.com/Melody Jacob

Radikal bebas telah lama diketahui sebagai penyebab kerusakan pada sel manusia. Menurut laman Livestrong, melanin memiliki peran dalam membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sebab, melanin mempengaruhi pembentukan lipid yang menjaga kelembapan dalam stratum corneum yang merupakan lapisan epidermis terluar. Jika kulit kehilangan kelembapannya, kulit akan menjadi kaku dan pecah-pecah.

4. Penting untuk menjaga fungsi berbagai organ vital tubuh

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelapunsplash.com/Alvin Balmessa

Melanin ditemukan hampir di setiap organ tubuh dan memiliki fungsi masing-masing, misalnya di otak dan saraf untuk beroperasi, di mata untuk melihat, dan di sel untuk bereproduksi.

Melanin juga ditemukan di stria vascularis telinga bagian dalam. Di dalam otak, jaringan yang mengandung melanin yaitu medula. Selain itu, melanin juga terjadi di zona reticularis kelenjar adrenal.

5. Menetralkan efek berbahaya dari berbagai macam radiasi selain ultraviolet

Jangan Minder, Ini 5 Keunggulan yang Dimiliki Orang dengan Kulit Gelapunsplash.com/Rawan Yasser

Melanin dapat menyerap sejumlah besar energi dan mengubah energi berbahaya menjadi energi yang bermanfaat. Menurut National American West Skin Pathology Consultation Service, melanin dapat menyerap hampir semua jenis energi, seperti energi dari sinar matahari, sinar x, dan energi yang terbentuk di dalam sel selama metabolisme sel.

Karenanya, melanin memiliki manfaat untuk menetralkan potensi bahaya dari berbagai jenis energi.

Itulah beberapa manfaat memiliki kulit gelap. Untuk itu, kamu yang memiliki kulit gelap tidak perlu merasa minder atau iri dengan orang lain yang memiliki kulit cerah. Sebab, keduanya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing.

Baca Juga: 5 Lulur Alami Berbahan Kopi Ini Bikin Kulit Cantik dan Sehat

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya