Comscore Tracker

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usia

Ada favoritmu?

Bukan rahasia lagi bahwa apa yang kita makan sangat berpengaruh pada kesehatan. Kecanduan pada makanan olahan telah membuat banyak orang terbiasa mengonsumsi makanan yang rendah nutrisi dan merupakan penyebab dari begitu banyak penyakit, seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2.

Untuk itu, sangat penting bagi kita semua untuk kembali membiasakan mengonsumsi makanan yang padat nutrisi karena terbukti bisa meningkatkan energi, mengurangi risiko berbagai macam penyakit, mempertahankan berat badan yang ideal, serta memungkinkan kamu hidup sehat lebih lama.

Tenang, makanan yang menyehatkan tidak selalu cenderung hambar dan harus dimakan mentah kok. Melansir dari Verywell health dan Elite Daily, berikut beberapa makanan yang tidak hanya lezat tapi juga terbukti mampu memperpanjang usia.

1. Cranberry

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiaverywellfit.com

Sering disebut-sebut sebagai superfood karena kandungan antioksidannya yang tinggi, cranberry dan makanan lain yang kaya polifenol juga terbukti dapat memperpanjang usia. Satu studi yang dipublikasikan dalam Science Direct menyebutkan bahwa lalat buah yang diberi paparan cranberry dapat hidup 25 persen lebih lama daripada lalat yang tidak terkena cranberry. Selain itu, antioksidan juga telah terbukti mengurangi risiko diabetes dan kanker. Mantap bukan?

2. Kacang-kacangan

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiafriendsofelizabeth2.com

Selain kaya akan nutrisi, seperti lemak sehat, protein nabati, serat, antioksidan, pitosterol, dan mineral, kacang-kacangan juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin terhindar dari risiko diabetes.

Meskipun kacang dikenal sebagai makanan yang padat kalori, tapi nyatanya konsumsi makanan ini justru dapat menurunkan berat badan lantaran mampu menekan nafsu makan serta meningkatkan kesehatan jantung. Konsumsi kacang secara teratur juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga mengurangi risiko penyakit jantung sampai 35 persen.

3. Biji-bijian

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiaunsplash.com/Maddi bazzocco

Biji-bijian memiliki nutrisi yang mirip dengan kacang-kacangan, yaitu sama-sama mengandung lemak, mineral, dan antioksidan, tetapi biji-bijian mengandung lebih banyak protein dan mineral yang beragam.

maBiji rami dan chia kaya akan lemak omega-3. Biji rami, chia, dan wijen juga kaya akan fitoestrogen yang merupakan penangkal kanker payudara. Biji wijen kaya akan kalsium dan vitamin E, dan biji labu sangat kaya akan seng. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kamu wajib mengonsumsi biji-bijian tanpa perlu diolah atau hanya dengan dipanggang sebentar.

Baca Juga: 10 Makanan Paling Berbahaya di Dunia, Ada yang Pernah Kamu Makan?

4. Jamur

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiaunsplash.com/Waldemar Brandt

Mengonsumsi jamur secara teratur, khususnya jamur putih dan jamur portobello, terbukti mampu menurunkan risiko kanker payudara. Ini dikarenakan jamur mengandung aromatase inhibitor, yaitu senyawa yang menghambat produksi estrogen.

Penelitian pada berbagai jenis jamur telah membuktikan bahwa jamur memiliki efek antiinflamasi, meningkatan aktivitas sel imun, mencegah kerusakan DNA, memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan menghambat angiogenesis.

Perlu diingat, jamur harus selalu dimasak sebelum dikonsumsi. Sebab, jamur mentah mengandung agaritine, yaitu zat yang bersifat karsinogenik, yang mana zat ini dapat berkurang secara signifikan ketika dimasak.

5. Tomat

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiaunsplash.com/Tom Hermans

Tomat merupakan makanan yang kaya akan likopen, vitamin C dan E, beta-karoten, dan flavonol. Likopen sendiri berfungsi melindungi tubuh dari kanker prostat, kerusakan kulit akibat sinar UV, dan penyakit kardiovaskular.

Likopen akan lebih mudah diserap ketika tomat dimasak terlebih dahulu. Selain itu, likopen juga dapat diserap dengan baik ketika dikonsumsi bersama dengan lemak sehat, seperti kacang-kacangan atau alpukat.

6. Ikan

Selain Lezat, 6 Makanan Ini juga Terbukti Mampu Memperpanjang Usiaunsplash.com/David B Townsend

Jika kamu mencari sumber protein sehat, kamu bisa mengganti mengganti daging merah dengan ikan. Misalnya, ikan salmon yang sarat akan asam lemak omega-3 telah terbukti berkhasiat memperlambat penuaan tubuh.

Buat kamu yang ragu-ragu mengonsumsi ikan dengan alasan khawatir telah terkontaminasi oleh merkuri, kamu bisa memilih ikan yang hidup di tengah rantai makanan, seperti ikan kod, ikan teri, atau ikan sarden, karenanya ikan tersebut tidak terpengaruh oleh cemaran bahan kimia. Sehingga kamu tidak perlu was-was untuk mengonsumsi ikan.

Demikian tadi beberapa makanan lezat yang ternyata mampu memperpanjang usia. Dari semua makanan di atas, favoritmu yang nomor berapa nih?

Baca Juga: Selain Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Stroke

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You