Comscore Tracker

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Stroke

Tentunya juga mudah ditemukan!

Stroke merupakan penyakit yang ditandai dengan terganggu atau berkurangnya aliran darah menuju otak lantaran terdapatnya sumbatan pada pembuluh darah. Stroke merupakan penyakit yang berisiko menimbulkan kematian, bahkan kecacatan. Tidak menutup kemungkinan penyakit ini juga bisa menyerang orang-orang berusia muda, lho!

Penyakit ini utamanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti tidak aktif bergerak, pola makan yang buruk, obesitas, dan kondisi medis, seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol. Untungnya, ada banyak makanan yang terbukti mampu mencegah risiko stroke. Dikutip dari laman Eat this dan Readers digest, berikut di antaranya.

1. Bayam

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah StrokeCapsica.in

Kita semua sudah tahu bahwa bayam merupakan sayuran yang sehat. Namun, menariknya, ketika sayuran ini dimakan bersamaan dengan produk susu, tubuh mampu menyerap dengan baik antioksidan dalam bayam yang dikenal mampu mengurangi peradangan dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Bayam merupakan sayuran kaya nutrisi, seperti karotena, vitamin K, folat, kalsium, zat besi, dan tinggi serat yang diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Alpukat

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Strokeelarrayan.com

Mengonsumsi satu cangkir alpukat yang sudah dihaluskan mampu memenuhi sekitar 24 persen dari kebutuhan kalium harian. Selain itu, alpukat dikenal kaya akan asam lemak sehat yang baik bagi jantung dan telah terbukti mengurangi peradangan.

Kandungan lemak dalam alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal, yaitu jenis lemak yang meningkatkan jenis kolesterol baik atau yang dikenal dengan HDL.

Jenis lemak ini merupakan kebalikan dari lemak jahat yang dapat menyumbat arteri yang dikenal sebagai LDL. Selain itu, alpukat juga kaya akan serat, yaitu 3 gram serat dalam 50 gram buah alpukat.

3. Cokelat Hitam

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Strokeunsplash.com/Charisse Kenion

Menurut sebuah penelitian di laman Nutrients, konsumsi hingga enam porsi cokelat hitam dalam seminggu dapat mengurangi peluang terkena penyakit jantung koroner, diabetes, dan stroke.

Cokelat hitam dengan kadar di atas 70 persen mengandung antioksidan, serat, zat besi, magnesium, dan mineral dengan kadar yang tinggi. Selain itu, fitokimia dalam cokelat hitam dapat membantu membuka pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Akan tetapi, kamu tetap harus berhati-hati dalam memilih cokelat hitam di pasaran karena tidak sedikit produsen yang menambahkan banyak gula yang tentunya dapat mengurangi manfaat cokelat hitam itu sendiri.

Baca Juga: 6 Fakta Stroke Ringan, Kenali Gejala & Penyebabnya Sebelum Menyerangmu

4. Biji Labu

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Strokeabout.spud.com

Biji labu adalah salah satu makanan yang tinggi akan kandungan magnesium. Dalam satu ons biji labu, terdapat sekitar 168 miligram magnesium yang mampu memenuhi 40-53 persen kebutuhan harian magnesium orang dewasa.

Selain itu, biji labu juga kaya akan protein, magnesium, kalium, dan lemak tak jenuh ganda yang secara alami mengandung antioksidan dan dapat mengurangi peradangan. Manfaatnya sendiri untuk mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan kanker.

Ditambah, makanan ini adalah sumber serat yang sangat baik yang dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan mengurangi komplikasi diabetes sekaligus meningkatkan kesehatan usus.

5. Tiram

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Strokenola.eater.com

Tiram tidak hanya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan tekanan darah, tetapi juga mengandung seng.

Faktanya, dalam enam tiram berukuran sedang, terdapat sekitar 77 miligram seng yang jumlahnya jauh melampaui batas diet yang direkomendasikan, yaitu
11 miligram untuk pria dan 8 miligram untuk wanita.

6. Salmon

Dikenal Menyehatkan, 6 Makanan Ini Ternyata Ampuh Mencegah Strokeunsplash.com/Caroline Attwood

Salmon mengandung tinggi asam lemak omega-3 dan dikenal sebagai agen antiinflamasi yang dapat membersihkan plak di otak dan di arteri, terutama yang terletak di dekat jantung.

Berkurangnya peradangan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Karenanya, risiko stroke pun akan berkurang. Para ahli menganjurkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 dengan cara mengonsumsi ikan, dibandingkan melalui suplemen.

Demikian tadi beberapa makanan yang terbukti mampu mengurangi risiko stroke. Selain mengonsumsi makanan di atas secara seimbang, pastikan juga kamu mengadopsi gaya hidup yang sehat untuk memaksimalkan pencegahan dari stroke dan penyakit lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Jadi Pemicu Stroke, Ada Favoritmu?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya