Comscore Tracker

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronis

Perlu pertolongan medis untuk mengatasinya

Sebagai organ terbesar dalam tubuh, kulit adalah jendela yang dapat memberitahukan bagaimana kondisi kesehatanmu. Mengutip dari The Healthy, menurut profesor dermatologi dari University of Colorado School of Medicine, semua sistem organ kita sebenarnya saling berhubungan, sehingga apa yang terjadi di tubuh terkadang memengaruhi kulit.

Untuk itu, kondisi kulit yang bermasalah tidak bisa terus-terusan diabaikan atau hanya diatasi dengan produk-produk skincare. Melansir dari The Healthy, berikut beberapa masalah pada kulit yang bisa jadi indikasi adanya masalah serius pada tubuh.

1. Daging tumbuh

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronissknclinics.co.uk

Sebenarnya terkadang daging yang tumbuh hingga timbul ke permukaan adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jika daging yang tumbuh ini ada dalam jumlah banyak, kamu patut waspada sebab ini bisa jadi indikasi adanya diabetes tipe 2. Pertumbuhan daging ini didorong oleh faktor pertumbuhan seperti insulin 1, protein yang terlibat dalam diabetes yang merangsang pertumbuhan kulit berlebih.

Selain daging yang tumbuh, tanda-tanda lain dari diabetes tipe 2 ini adalah meningkatnya rasa haus, penyembuhan waktu luka yang lambat, dan meningkatnya rasa lapar. Dan satu-satunya cara untuk menghilangkan masalah kulit ini adalah dengan mendapatkan bantuan medis.

2. Breakout secara tiba-tiba

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kroniseverydayhealth.com

Jerawat pada orang yang telah mengalami pubertas adalah hal yang wajar, akan tetapi jika kamu mengalami breakout secara tiba-tiba, maka kamu wajib berhati-hati. Perubahan kondisi kulit ini bisa menjadi tanda adanya penyakit kronis. Perubahan kulit, seperti tiba-tiba berjerawat atau breakout dapat menjadi gejala adanya sindrom ovarium polikistik (polycystic ovary syndrome), yaitu kondisi ketidakseimbangan hormon yang menurut PCOS Awareness Association, kondisi ini mempengaruhi 10 juta perempuan di seluruh dunia.

Ketika tubuh perempuan menghasilkan hormon pria berlebih yang disebut androgen, hal ini sering kali disertai dengan peningkatan jerawat. Selain timbul breakout, ciri lain dari PCOS adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.

Baca Juga: Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek 

3. Gatal-gatal

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronisbustle.com

Jika kamu memiliki kulit kering, kamu mungkin akan merasa kulitmu jadi sering gatal terutama ketika cuaca sedang dingin, dan ini adalah hal yang wajar. Yang patut diwaspadai adalah ketika kulitmu sudah mendapatkan kelembapan yang baik, tetapi kamu masih sering merasakan gatal-gatal, itu bisa menjadi tanda adanya penyakit serius. Gatal dapat menjadi tanda adanya beberapa jenis kanker, seperti leukemia dan limfoma, serta penyakit hati dan gagal ginjal.

Sejumlah penyakit kronis ini biasanya ditandai dengan rasa gatal di seluruh tubuh, terkadang tidak jelas di mana bagian yang terasa gatal, disertai keringat di malam hari, demam, penurunan berat badan, dan bahkan menyebabkan sulit tidur. Dan jika kamu mengalami tanda-tanda ini, artinya kamu wajib segera menemui dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

4. Tahi lalat yang karakteristiknya berubah-ubah

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronisintermountainhealthcare.org

Pada awalnya, melanoma akan tampak seperti bintik biasa dalam minggu atau bulan pertama. Akan tetapi jika bintik ini terus tumbuh, maka ini bisa jadi indikasi adanya kanker kulit.

Selain itu, kanker kulit juga disertai dengan adanya tahi lalat yang ukuran, bentuk, dan warnanya berubah-ubah. Jika kamu memiliki tahi lalat yang mencurigakan, kamu wajib mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisimu.

5. Kulit yang memerah dan selalu berkeringat

Wajib Waspada! 5 Masalah Kulit Ini Bisa Jadi Indikasi Penyakit Kronishealthline.com

Kulit yang selalu mengeluarkan keringat walaupun kondisi sekitar tidak sedang panas bisa jadi indikasi tiroid yang terlalu aktif. Pada orang yang memiliki hipertiroidisme, metabolisme mereka akan meningkat, yang salah satu akibatnya adalah kulit menjadi kemerahan dan produksi keringat berlebih.

Selain kulit yang terus basah karena keringat, disfungsi tiroid juga biasanya ditandai dengan perubahan berat badan yang tidak wajar dan kesulitan tidur.

Demikian tadi beberapa masalah kulit yang mengindikasikan adanya penyakit kronis pada tubuh. Untuk itu, jika menemui masalah pada kulit yang tidak wajar, kamu tidak bisa hanya mengandalkan skincare untuk mengatasinya, tapi perlu berkonsultasi ke dokter untuk mengatasi masalah ini sampai ke akarnya.

Baca Juga: Harus Relaks Ya! Ini Tanda Kulit Mulai Stres karena Rutinitas Kerja

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya