Comscore Tracker

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Bra

Jangan lupa ganti secara berkala, ya

Bra yang tepat bisa meningkatkan suasana hati, kenyamanan, dan membuat kamu merasa percaya diri. Sebaliknya, mengenakan bra yang salah bisa menyebabkan ketidaknyamanan sepanjang hari.

Sayangnya, menemukan bra yang tepat bisa jadi sangat sulit hingga kamu merasakan ketidaknyamanan dan baru menyadari bahwa kamu menggunakan bra dengan ukuran yang salah. Kemudian, walaupun kamu sudah memilih bra yang tepat, sangat penting untuk menyesuaikan diri secara teratur karena perubahan hormonal, kenaikan atau penurunan berat badan, dan alasan lainnya.

Pemilihan ukuran bra yang tepat sangatlah penting. Jika terus menggunakan bra dengan ukuran yang salah, kamu akan merasakan beberapa masalah berikut ini.

1. Nyeri payudara dan punggung

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Braunsplash.com/Romina Farías

Jika mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil, kamu bisa mengalami nyeri di payudara. Selain itu, jika mengalami sakit punggung dan tulang rusuk setelah mengenakan bra, artinya kamu perlu mengganti ukuran bra. Menurut laman Bustle, banyak kasus keluhan sakit tulang rusuk dan nyeri punggung tengah disebabkan karena kebiasaan memakai bra yang tidak pas. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Orthopedic Proceedings, perempuan berpayudara besar dengan nyeri punggung nonspesifik menunjukkan perbaikan yang tampak secara klinis dalam jangka pendek setelah mengganti ukuran bra. Penggunaan bra yang pas dapat berkontribusi pada manajemen klinis nyeri punggung nonspesifik yang lebih baik.

2. Kendur

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Braunsplash.com/Christopher Campbell

Bra dengan ukuran yang tidak tepat tidak mampu menopang payudara dengan baik sehingga dapat menyebabkan kerusakan kulit payudara, yang dapat terlihat sebagai stretch mark. Sebenarnya, stretch mark dan kendur adalah hal yang wajar, tetapi jika masalah ini terjadi dengan cepat, ini mungkin disebabkan oleh kebiasaan menggunakan bra yang tidak pas. Menurut peneliti dari University of Portsmouth, kerusakan kulit pada payudara dapat disebabkan oleh peregangan kulit melebihi titik pemulihannya.

Selain itu, bra yang tidak pas dapat menyebabkan payudara memantul tanpa dukungan yang cukup sehingga dapat menyebabkan kendur dan peregangan ligamen Cooper yang tidak dapat diperbaiki, dikutip dari laman Bustle. Karenanya, mengenakan bra yang tepat dapat menjaga kesehatan ligamen ini dalam jangka panjang.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental, Ini 5 Cara Melakukan Detoksifikasi Pikiran

3. Postur tubuh yang buruk

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Brapexels.com/Julia Mourão Missagia

Rasa sakit dari punggung, payudara, leher, dan bahu akibat salah ukuran bra bisa menjadi penyebab bahu terkulai dan punggung melengkung. Postur tubuh yang buruk ini dapat menyebabkan masalah lain pada rahang. Ini juga bisa menyebabkan otot wajah menegang dan menyebabkan sakit kepala dan sakit rahang. Ini juga dapat menyebabkan keausan pada sendi rahang. Postur tubuh yang buruk juga menjadi penyebab sesak napas karena tidak ada cukup udara yang masuk ke paru-paru, demikian dikutip dari laman The Joint.

4. Sakit kepala

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Brapexels.com/Andrea Piacquadio

Banyak faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala, salah satunya penggunaan bra yang tidak pas ukurannya. Dilansir laman Bustle, ini karena bra yang tidak pas menyebabkan kurangnya dukungan sehingga otot tubuh bagian atas harus bekerja lebih keras. Saat otot dalam keadaan tegang dalam periode waktu yang lama, itu bisa menyebabkan sakit kepala.

5. Nyeri bahu dan leher

Hati-hati, Ini 5 Masalah yang Muncul Akibat Salah Pilih Ukuran Brapexels.com/Karolina Grabowska

Ketika individu mengenakan bra yang terlalu ketat, ini dapat meninggalkan lecet di bahu dan nyeri di punggung, leher, bahu, dan payudara. Normalnya, bra yang dirancang untuk orang dengan ukuran cup besar dilengkapi dengan tali yang lebih tebal agar beban tersebar di bahu dan mencegah lecet atau bekas.

Dikutip dari laman Women Working, nyeri dari bahu ini bisa menyebar ke leher, yang dapat menimbulkan masalah lain, terutama jika kamu terbiasa menggunakan komputer selama berjam-jam. Dukungan bra yang kurang membuat sebagian perempuan harus menahan berat payudara dengan mengambil dukungan berlebih melalui area leher sehingga menyebabkan otot leher yang nyeri.

Kalau kamu mengalami masalah ini, segera pertimbangkan kembali apakah kamu perlu mengganti ukuran bra. Umumnya, masalah tersebut akan segera teratasi setelah mengganti bra dengan ukuran yang tepat.

Baca Juga: Simak, Ini 7 Manfaat dan Risiko Kesehatan Minum Air Dingin

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya