Comscore Tracker

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Jangan disepelekan ya

Selama ini, tidur yang cukup dan berkualitas dianggap sebagai hal yang sangat penting, baik untuk menjaga kesehatan maupun menjalankan aktivitas sehari-hari. Kendati demikian, bukan berarti tidur dalam waktu lama adalah hal yang baik. Sebaliknya, terlalu banyak tidur justru akan menyebabkan berbagai masalah dalam tubuh.

Berikut ini beberapa masalah yang bisa muncul akibat kebiasaan terlalu banyak tidur.

1. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lamaunsplash.com/Kate

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care menemukan bahwa risiko diabetes tipe 2 meningkat sebesar 14 persen untuk setiap jam tidur di atas tujuh jam per malam.

Menurut laman Prevention, terlalu banyak tidur dapat meningkatkan kadar gula darah yang memicu meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2.

2. Meningkatkan risiko mengalami obesitas

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lamaunsplash.com/i yunmai

Penelitian dalam Sleep Medicine Reviews menunjukkan bahwa waktu tidur yang panjang dikaitkan dengan perkembangan obesitas dan diabetes tipe 2. Meskipun hubungan keduanya tidaklah sederhana, tetapi teorinya, semakin lama waktu yang digunakan seseorang untuk tidur, maka semakin sedikit pula waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas fisik sehingga semakin sedikit kalori yang terbakar dan memicu peningkatan berat badan

Baca Juga: Coba 11 Gerakan Olahraga Sebelum Tidur Ini, Bikin Nyenyak dan Sehat

3. Meningkatkan risiko penyakit jantung

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lamaunsplash.com/Giulia Bertelli

Sebuah studi tentang hubungan antara waktu tidur yang pendek dan panjang dengan risiko penyakit jantung koroner dan stroke telah dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES). Studi ini menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam per malam dua kali lebih berisiko mengalami angina atau nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah dan 10 persen lebih mungkin memiliki penyakit jantung koroner.

Analisis data dari Nurses 'Health Study, yang melibatkan lebih dari 71 ribu perempuan paruh baya, juga menemukan hubungan antara waktu tidur yang panjang dan kesehatan jantung. Dibandingkan dengan delapan jam tidur normal, perempuan yang tidur 9 hingga 11 jam per malam 38 persen lebih mungkin memiliki penyakit jantung koroner.

4. Sulit konsentrasi

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lamaunsplash.com/chris benson

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Geriatrics Society, kebiasaan tidur lama yang kronis dapat membuat otak menua hingga dua tahun dan membuat kamu lebih sulit dalam melakukan tugas sehari-hari.

Sebab, orang yang memiliki durasi tidur panjang cenderung memiliki masalah dengan fungsi mental dasar dan mungkin ada hubungannya dengan seberapa sering mereka terbangun di malam hari. Orang yang terlalu sering bangun berisiko tidak mendapatkan cukup tidur nyenyak sehingga memengaruhi aktivitas sehari-harinya.

5. Kesuburan terganggu

5 Masalah yang akan Dialami Tubuh akibat Kebiasaan Tidur Terlalu Lamaunsplash.com/Andrea Bertozzini

Dilansir dari laman Huffington Post, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap perempuan Korea yang menjalani terapi fertilisasi in vitro menemukan bahwa perempuan yang tidur tujuh hingga delapan jam per hari memiliki peluang terbaik untuk hamil.

Orang yang tidur dengan durasi waktu moderat memiliki tingkat kehamilan tertinggi (53%) dibandingkan dengan mereka yang tidur enam jam atau kurang (46%) dan mereka yang tidur sembilan hingga sebelas jam (43%). Peneliti dalam studi tersebut menyatakan bahwa tidur di luar kisaran normal dapat memengaruhi hormon dan siklus sirkadian yang mengganggu kesuburan.

Demikian tadi beberapa masalah yang bisa terjadi pada tubuh akibat kebiasaan tidur terlalu lama. Oleh karena itu, biasakan untuk tidur dalam durasi yang cukup.

Baca Juga: Jam Tidur Berantakan Selama Pandemik Corona, Ini 7 Cara Memperbaikinya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya