Comscore Tracker

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  

Kesehatan jadi taruhannya

Secara umum, diet didefinisikan sebagai aturan makan yang dilakukan untuk menurunkan berat dan menjaga kesehatan. Normalnya, diet membutuhkan usaha, seperti membatasi konsumsi makanan tertentu dan diiringi dengan olahraga. Sayangnya, tak sedikit orang yang memilih jalan pintas dan cara tidak sehat hanya demi menurunkan berat badan.

Banyak sekali metode diet ekstrem dan tidak masuk akal yang cukup populer. Dan berikut ini beberapa metode diet paling ekstrem sepanjang masa.

1. Makan bola kapas

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  unsplash.com/Jen Theodore

Dalam diet bola kapas, orang akan memakan bola kapas yang direndam dalam jus buah atau cairan lainnya untuk menahan nafsu makan sehingga mampu memangkas asupan kalori harian secara dramatis. Sayangnya, selain menurunkan berat badan, diet ini juga berpotensi mematikan.

Menurut laman ABC News, tren diet bola kapas muncul di industri pemodelan, di mana perempuan-perempuan dalam dunia modeling selalu didorong untuk tetap kurus. Dengan memakan bola kapas yang telah direndam dengan jus, para model akan selalu merasa kenyang tanpa perlu mengonsumsi makanan.

2. Diet tambalan lidah

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  unsplash.com/Hayes Poter

Diet tambalan lidah dilakukan dengan prosedur operasi dan diciptakan pada tahun 2009 dan masih belum mendapatkan persetujuan oleh Food and Drug Association.

Prosedur ini dilakukan dengan menjahit tambalan ke lidah dengan tujuan menyebabkan aktivitas makan menjadi hal yang menyakitkan, sehingga orang yang sedang diet tidak bisa makan apa pun selain cairan. Tentu saja, metode diet ini berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi atau pembengkakan parah di dalam mulut.

Baca Juga: 7 Manfaat yang Bisa Didapat dari Diet Basa atau Diet Alkaline

3. Konsumsi cacing pita

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  unsplash.com/Frank Flores

Sebagian orang bahkan rela menelan cacing pita dengan tujuan menurunkan berat badan. Metode ini memang dapat menurunkan berat badan karena dengan menelan cacing pita, tubuh mengalami infeksi parasit yang memakan makanan langsung dari usus.

Infeksi cacing pita di dalam sistem pencernaan ini disebut dengan taeniasis. Menurut laman Centers for Disease Control and Prevention, selain menyebabkan penurunan berat badan dan kehilangan nafsu makan, taeniasis juga memicu sakit perut serta berpotensi menyebabkan cacing bersarang di usus, saluran empedu, dan pankreas.

4. Rokok

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  unsplash.com/Free to use sounds

Beberapa dekade yang lalu ketika rokok tidak dianggap berbahaya bagi kesehatan, banyak perusahaan tembakau yang mengiklankan rokok produknya sebagai penurun berat badan ajaib. Sebab, nikotin yang ada dalam rokok bisa jadi penekan nafsu makan.

Padahal, menurut Centers for Disease Control and Prevention, rokok telah menjadi pemicu lebih dari 480 ribu kematian setiap tahun, termasuk kasus kematian akibat perokok pasif.

5. Diet breatharian

Jangan Ditiru! Ini 5 Metode Diet Paling Ekstrem Sepanjang Masa  unsplash.com/Olia Nadya

Breatharian diet diciptakan oleh kelompok spiritual Breatharian yang mengklaim bahwa orang tidak perlu mengonsumsi makanan untuk bertahan hidup karena kita bisa mendapatkan nutrisi hanya dari matahari. Risikonya, metode diet ini dapat menyebabkan kelaparan dan dehidrasi. Banyak orang telah mencoba metode ini dan kemudian meninggalkan teknik ketika mereka kehilangan berat badan dengan cepat.

Menurut laman Independent, breatharianisme telah dikaitkan dengan beberapa kasus kematian. Salah satunya adalah Verity Linn, warga negara Australia berusia 49 tahun yang ditemukan dalam kondisi kurus kering di sebuah gunung di barat laut Skotlandia pada tahun 1999, bersama dengan buku harian yang menceritakan perjalanan puasa 21 hari dan salinan sebuah buku milik pendiri Breatharianism, yang dikenal sebagai Jasmuheen.

Ngeri bukan? Bukannya mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, metode diet di atas justru membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Salad Sayur untuk Menu Diet, Rasanya Tetep Enak Lho

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya