Comscore Tracker

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Aman

Bisa disemprot ke ruangan atau dioleskan #IDNTimesHealth

Nyamuk adalah serangga kecil yang bisa muncul di mana saja, seperti di kebun, sungai, hingga di dalam ruangan. Saat menggigit, nyamuk sering meninggalkan rasa gatal di kulit, bentol-bentol, bekas hitam, hingga demam.

Saat ini, ada banyak produk yang tersedia untuk menghalau gigitan nyamuk, mulai dari losion, semprotan antinyamuk, hingga obat nyamuk bakar. Namun, ada salah satu pengusir nyamuk yang efektif tetapi jarang dilirik, yaitu minyak esensial. Minyak esensial merupakan pengusir nyamuk yang lebih aman bagi kesehatan karena tidak mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

Namun, tidak semua jenis minyak esensial memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk. Berikut ini adalah beberapa minyak esensial yang memiliki kemampuan sebagai penolak nyamuk alami.

1. Nimba

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Amanilustrasi daun nimba (pixabay.com/punnamjai)

Daun maupun minyak nimba banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional maupun untuk kecantikan. Sebuah studi pada 2015 dalam Malaria Journal tentang efektivitas minyak nimba di Ethiopia menemukan bahwa minyak ini menawarkan perlindungan dari nyamuk lebih dari 70 persen selama 3 jam.

Minyak nimba murni tidak dapat digunakan secara topikal karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Namun, kamu bisa mengencerkan 50 hingga 100 mililiter minyak nimba dalam air, minyak, atau losion sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

2. Tea tree oil

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Amanilustrasi tea tree oil (pexels.com/Tara Winstead)

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang didapat dari pohon yang berasal dari Australia. Tea tree oil banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki sifat antiseptik, antimikroba, dan antiinflamasi.

Namun, penelitian 2010 dalam Australian Journal of Entomology juga menunjukkan bahwa tea tree oil berpotensi menjadi obat antinyamuk yang efektif. Pengujian lapangan menunjukkan bahwa pengusir nyamuk yang mengandung tea tree oil efektif melawan nyamuk, lalat semak, dan hama penggigit.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Musuh Manusia, 6 Peran Penting Nyamuk bagi Kehidupan

3. Clary sage

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Amanilustrasi clary sage (pixabay.com/12138562)

Clary sage adalah tanaman dengan bunga yang indah yang dikenal karena sifatnya yang membangkitkan semangat dan penyeimbang suasana hati. Namun, studi 2012 dalam jurnal Parasitology Research menunjukkan bahwa clary sage (S. sclarea) dapat secara signifikan melawan nyamuk A. albopictus.

Campurkan minyak esensial clary sage ke dalam semprotan ruangan atau dalam diffuser lalu semprotkan ke tempat yang kamu inginkan untuk mengusir nyamuk. Minyak ini juga ideal untuk bersantai setelah hari yang panjang. Jadi, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan bebas nyamuk, campurkan tiga hingga empat tetes minyak esensial clary sage ke dalam diffuser dan letakkan di samping tempat tidur.

4. Adas

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Amanilustrasi adas (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Sebuah penelitian di Italia pada 2010 yang dilaporkan dalam jurnal Parasitology Research menunjukkan bahwa minyak atsiri adas (Foeniculum vulgare) sangat efektif melawan nyamuk A. albopictus dengan efektivitas sebesar 98,3--100 persen. Sebuah penelitian lain pada 1998 yang dicatatkan di jurnal Phytotherapy Research juga menemukan bahwa minyak esensial adas menyebabkan lebih dari 50 persen kematian larva nyamuk Aedes aegypti pada konsentrasi 50 miligram per liter.

Kamu dapat menyebarkan minyak esensial adas ke seluruh ruangan dengan menambahkannya ke dalam diffuser. Kamu bisa juga membuat semprotan ruangan sendiri dengan mengencerkan minyak adas dalam air dan sedikit alkohol.

5. Kayu manis

5 Minyak Esensial yang Ampuh untuk Mengusir Nyamuk, Efektif dan Amanilustrasi kayu manis (Pixabay.com/ulleo)

Kayu manis adalah rempah serbaguna yang sering ditambah di banyak masakan maupun makanan penutup. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan pada 2004 dan dilaporkan di Journal of Agricultural and Food Chemistry minyak kayu manis dapat membunuh telur nyamuk. Ini juga dapat bertindak sebagai pengusir nyamuk dewasa, terutama nyamuk A. albopictus.

Untuk menggunakan minyak kayu manis, campurkan 1/4 sendok teh minyak kayu manis dengan 120 ml air. Kemudian, semprotkan cairan ke kulit, pakaian, dan di sekitar rumah. Berhati-hatilah saat menggunakan minyak kayu manis secara topikal karena dosis pekat dapat mengiritasi kulit.

Semua minyak esensial ini adalah solusi terbaik bagi orang yang ingin menghindari paparan bahan kimia beracun sekaligus menghindari gigitan nyamuk. Namun, ingatlah untuk tidak mengoleskan minyak esensial pekat secara langsung ke kulit karena berisiko memicu iritasi.

Baca Juga: 5 Manfaat Unik dari Bawang Putih, Bisa Usir Nyamuk!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya