Comscore Tracker

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencang

Harus segera diatasi

Saat merasa jantung berdegup lebih kencang, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang salah dengan tubuhmu. Kadang kala, jantung yang tiba-tiba berdebar kencang bisa disertai dengan gejala lainnya, seperti nyeri dada, sesak napas, kelelahan, mual, dan muntah. Beberapa penyebab jantung berdebar adalah hal yang biasa, tapi beberapa lainnya perlu diwaspadai.

Kira-kira, apa saja penyebab jantung berdebar kencang? Berikut rangkumannya.

1. Stres

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencangunsplash.com/Tim Gouw

Ketika kamu stres, sistem saraf simpatik dan kelenjar adrenal melepaskan lonjakan norepinefrin yang juga dikenal sebagai adrenalin, menurut studi dalam World Journal of Cardiology. Reseptor di jantung merespons pemicu ini dan dapat membuat detak jantung meningkat.

Jika kamu merasa stres, cobalah bernapas dalam-dalam untuk membantumu merasa lebih baik. Menurut laman Mayo Clinic, sebaiknya tarik napas dalam-dalam melalui hidung sehingga kamu merasakan perut naik, bukan dada, dan mengeluarkan napas melalui hidung. Kemudian, pastikan kamu fokus pada napas dan seluruh gerakan naik turunnya perut.

2. Asupan terlalu banyak kafeina

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencangunsplash.com/Jessica Lewis

Bagi sebagian orang, asupan kafeina yang berlebihan dapat membuat jantung berdebar kencang. Menurut Mayo Clinic, batas aman bagi orang dewasa untuk mengonsumsi kafeina adalah hingga 400 miligram sehari atau setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng soda, atau 2 minuman energi.

Walaupun begitu, bagi beberapa orang, konsumsi kafeina yang sedikit saja sudah mampu menyebabkan jantung berdebar kencang. Coba kurangi kafeina secara bertahap untuk mengetahui apakah cara ini dapat mengurangi detak jantung.

Baca Juga: Alasan Mengapa Virus Corona Mematikan bagi Pasien Penyakit Jantung

3. Kamu kurang tidur

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencangunsplash.com/Yuris Alhumaydy

Saat kamu tidur, tubuh tidak bekerja terlalu banyak sehingga detak jantung bisa melambat. Tidur adalah waktu untuk beristirahat. Jika tubuh tidak mendapatkan pemulihan yang dibutuhkan, tingkat adrenalin sepanjang hari bisa lebih tinggi. Pengisian adrenalin yang berlebihan melalui sistem sepanjang hari dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat.

National Sleep Foundation merekomendasikan orang dewasa untuk tidur tujuh hingga sembilan jam per malam. Karenanya, jika kesulitan untuk tidur, kamu perlu mencari solusi sesegera mungkin.

4. Cemas 

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencangunsplash.com/Fernando @cferdo

Kecemasan yang berlebihan juga bisa menyebabkan jantung berdebar kencang. Jantung berdebar kencang juga bisa menjadi tanda serangan panik, yang umum terjadi pada gangguan kecemasan. Tubuh melepaskan lebih banyak adrenalin, kemudian memicu jantung berdebar kencang, menurut laman SELF.

Walaupun kadang kecemasan adalah hal yang biasa, kalau kamu termasuk individu yang mudah merasa cemas hingga menyebabkan detak jantung yang lebih cepat, jangan abaikan kondisi ini. Segera hubungi ahlinya untuk mendapatkan pengobatan yang membantu kamu mengatasi hal ini.

5. Anemia 

Jangan Dibiarkan, Ini 5 Penyebab Jantung Berdebar Kencangunsplash.com/Annie Spratt

Anemia terjadi ketika darah tidak menyediakan cukup oksigen ke seluruh tubuh, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute. Kondisi ini dapat terjadi jika tubuh tidak memiliki cukup hemoglobin, yaitu protein kaya zat besi yang membawa oksigen dari paru-paru ke bagian lain tubuh. Akibatnya, jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke setiap bagian tubuh sehingga kamu dapat mengalami detak jantung yang lebih cepat. 

Selain hal ini, anemia juga biasa disertai dengan kelelahan, pusing, sakit kepala, dan kulit pucat.

Itulah beberapa penyebab jantung berdebar kencang. Tidak peduli apakah biasanya kamu termasuk orang yang sehat dan jarang sakit, jika merasa ada yang tidak beres dengan kondisi jantung, ada baiknya kamu segera memeriksakan diri.

Baca Juga: Aterosklerosis, Kondisi Berbahaya Penyebab Penyakit Jantung dan Stroke

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya