Comscore Tracker

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu Pahami

Bisa jadi karena pola makan hingga penyakit

Terkadang seseorang dapat mengalami kebutuhan untuk buang air kecil lebih banyak dari biasanya. Kondisi ini biasanya menyerang secara tiba-tiba dan tak terkendali, serta dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman, seperti kandung kemih yang terasa selalu penuh.

Kendati semua orang pernah mengalami masalah buang air kecil yang berlebihan, tapi jika kondisi ini berlangsung dalam waktu lama, pastinya akan sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui penyebabnya agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai kebutuhan. Melansir dari Bustle dan healthline, berikut beberapa penyebab seseorang mengalami buang air kecil yang berlebihan.

1. Asupan cairan yang berlebihan

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu Pahamithehealthy.com

Kita semua tahu bahwa menjaga tubuh tetap terhidrasi adalah hal yang sangat penting. Akan tetapi, bukan berarti kamu lantas bisa mengonsumsi cairan sebanyak-banyaknya. Bukan hanya minuman, tapi juga makanan yang mengandung banyak cairan.

Sebab, apa yang kamu konsumsi berbanding lurus dengan apa yang kamu keluarkan. Jadi, pastikan kamu cukup terhidrasi dan jangan berlebihan ya.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang sifatnya diuretik

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu Pahamiunsplash.com/Nathan_Dumlao

Minuman beralkohol dan berkafein adalah diuretik, yaitu zat yang merangsang tubuh buang air kecil lebih sering. Selain itu, beberapa obat-obatan juga memiliki sifat diuretik, seperti obat yang digunakan untuk membantu mengontrol tekanan darah, masalah jantung dan atau edema limfa.

Masalah buang air kecil berlebihan yang disebabkan karena faktor ini bisa berhenti dengan sendirinya setelah kamu mengurangi asupan diuretik tersebut.

Baca Juga: 4 Bahaya Bagi Tubuh Kalau Kamu Sering Menahan Pipis, Hati-hati Ya!

3. Kehamilan

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu PahamiWomenshealthmag.com

Selama kehamilan, rahim akan mengembang dan memberi tekanan pada kandung kemih, yang menyebabkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Jadi, buat kamu yang saat ini sedang hamil, ketahuilah bahwa gejala ini sangat normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

4. Kista ovarium

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu Pahamibustle.com

Adanya kista dalam ovarium juga dapat mendorong kandung kemih, yang membuat kamu merasa seperti ingin selalu buang air kecil, bahkan walaupun kandung kemih sebenarnya dalam keadaan yang tidak penuh. Selain frekuensi buang air kecil yang berlebihan, kista ovarium juga ditandai dengan gejala lain, seperti kembung, demam, atau muntah.

5. Kandung kemih terlalu aktif

Ini 5 Penyebab Sering Buang Air Kecil yang Perlu Kamu Pahamihealthxchange.sg

Kandungan kemih yang terlalu aktif terjadi ketika saraf di kandung kemih membuat organ ini berkontraksi tak terkendali. Kondisi ini kerap kali dikaitkan dengan penuaan. Akan tetapi, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Allergan, Inc. dan National Association For Continence menemukan bahwa seperempat pasien kandung kemih yang terlalu aktif berusia di bawah 35 tahun. Kandung kemih yang terlalu aktif ditandai dengan keinginan untuk buang air kecil secara konstan atau tiba-tiba walaupun tidak banyak.

Demikian tadi beberapa penyebab seringnya buang air kecil. Jika kamu merasa kondisi ini cukup mengganggu aktivitasmu, artinya kamu perlu segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: 10 Aktivitas Bayi di Dalam Rahim Ibu, dari Bernapas Sampai Pipis

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You