Comscore Tracker

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!

Bisa ganggu kualitas tidur, lho

Hampir setiap orang pernah terbangun tengah malam. Kerap disepelekan, tetapi bila terus dibiarkan itu bisa menimbulkan masalah karena terganggunya kualitas tidur.

Padahal, tidur cukup sangat penting untuk membantu memulihkan tubuh. Kurang tidur atau tidur yang tidak berkualitas bisa menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan dan mengganggu fungsi kognitif.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja penyebab terbangun tengah malam dan mencari solusinya. Berikut ini daftar kemungkinan penyebabnya yang mungkin tidak kamu sadari.

1. Menatap layar sebelum tidur dan kebisingan

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!unsplash.com/jens kreuter

Menurut keterangan dari National Sleep Foundation (NSF), menatap layar sebelum tidur dapat menyebabkan penurunan hormon melatonin dan jam tubuh yang terganggu. Kondisi tersebut bisa bikin kita sulit tidur dan terbangun tengah malam.

Selain itu, suara-suara yang berasal dari TV, HP, atau perangkat elektronik lainnya dapat menyebabkan seseorang terbangun dari tidur.

Untuk mengatasi masalah ini, NSF merekomendasikan untuk menghentikan penggunaan perangkat elektronik selama 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur. Ini akan memungkinkan otak untuk mulai tenang dan dapat mendorong untuk tetap tertidur.

2. Kecemasan

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidur dengan perasaan cemas bisa membuat kamu terbangun di malam hari. Menurut laman Mayo Clinic, sulit tidur adalah salah satu gejala paling umum dari gangguan kecemasan. Itu karena masalah yang dipicu kecemasan yang cukup parah bisa membangunkan kamu, seperti detak jantung yang berdebar kencang atau mimpi buruk.

Untuk mengatasi kecemasan, perlu melibatkan kombinasi terapi perilaku kognitif dan obat-obatan, yang tentunya dilakukan dengan pengawasan dokter. Selain itu, meditasi dan latihan pernapasan dalam terkadang juga dapat meredakan gejala kecemasan.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Tidur dengan Lampu Menyala bagi Kesehatan

3. Sleep apnea

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!pexels.com/Ivan Oboleninov

Sleep apnea adalah penyebab umum kenapa seseorang terbangun di tengah malam. Ini karena sleep apnea menyebabkan pernapasan dangkal, yang dapat membuat seseorang terbangun beberapa kali saat tidur malam, menurut laman Medical News Today.

Selain bangun di tengah malam, sleep apnea juga disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala di pagi hari, terengah-engah di malam hari, kelelahan di siang hari, dan sulit konsentrasi.

Pengobatan sleep apnea tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus dengan bantuan perawatan medis.

4. Makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau terlalu jauh dengan waktu tidur

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!unsplash.com/Kyle Nieber

Makan terlalu banyak menjelang waktu tidur ternyata juga dapat menyebabkan masalah tidur. Melansir Self, salah satu alasannya adalah refluks asam, yaitu ketika asam lambung naik ke tenggorokan dan menyebabkan mulas yang menyakitkan di malam hari.

Juga, jika kamu makan makanan yang berpotensi menyebabkan sakit perut sesaat sebelum tidur, ini bisa menyebabkan kamu terbangun di tengah malam.

Di sisi lain, tidur dengan perut kosong juga bisa menyebabkan terbangun di tengah malam. Penyebabnya, perut keroncongan dan kram bisa membangunkanmu. Rasa lapar juga bisa mengacaukan gula darah saat tidur, terutama bagi individu dengan diabetes.

Menurut laman Cleveland Clinic, terlalu lama tanpa makan dapat memicu hipoglikemia, yaitu kondisi ketika gula darah turun terlalu rendah. Hal ini dapat menyebabkan tidur gelisah, gemetar, pusing, dan kebingungan.

5. Kebelet pipis

5 Penyebab Sering Terbangun Tengah Malam, Harus Cepat Diatasi!unsplash.com/Giorgio Trovato

Keinginan untuk kencing bisa membangunkan seseorang dari tidur. Ini mungkin bisa dicegah dengan mengurangi asupan cairan di malam hari, tapi sebagian lainnya mungkin mengalami masalah medis tertentu.

Melansir Medical News Today, beberapa faktor yang dapat menyebabkan keinginan buang air kecil di malam hari antara lain kehamilan, pembesaran prostat, diabetes, prolaps kandung kemih, beser, dan penggunaan obat tertentu. Beberapa solusi untuk masalah ini meliputi membatasi asupan cairan sebelum tidur, jangan minum obat terlalu dekat dengan waktu tidur, dan menghindari makanan pedas.

Itulah beberapa penyebab terbangun di malam hari. Jika menurutmu masalah yang kamu alami disebabkan oleh kebiasaan, maka kamu bisa memperbaikinya dengan mengubah kebiasaan tersebut. Namun, jika kamu khawatir masalah sering terbangun tengah malam disebabkan oleh kondisi medis tertentu, maka segera periksakan diri ke dokter agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Ternyata Perempuan Lebih Rentan Mengalami Insomnia, Ini Penyebabnya

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya