Comscore Tracker

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikan

Jangan dibiarkan hingga makin parah

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang memiliki fungsi strategis, salah satunya menyaring limbah dari dalam tubuh dan membuangnya bersama urin. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk terus menjaga kesehatan ginjal. Ketika mengalami gejala penyakit pada ginjal, kamu perlu segera mendapatkan perawatan agar kesehatanmu dapat kembali pulih.

Sayangnya, tak sedikit orang yang tidak menyadari adanya masalah pada ginjal sehingga menyebabkan masalah pada ginjal terus dibiarkan hingga menjadi semakin kronis. Untuk itu, kita wajib mengetahui sejumlah gejala pada tubuh yang mengindikasikan adanya masalah pada ginjal kemudian segera mengatasinya. Melansir dari National Kidney Foundation, berikut beberapa tanda bahwa ginjal sedang bermasalah yang perlu kamu waspadai.

1. Tidak bertenaga dan sulit berkonsentrasi

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikannypost.com

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan orang merasa lebih mudah lelah, lemah atau tidak berenergi, dan kesulitan berkonsentrasi. Selain itu, komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Kulit terasa kering dan gatal

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikanbustle.com

Ginjal memiliki fungsi penting untuk menghilangkan limbah dan kelebihan cairan dari dalam tubuh, membantu kelancaran produksi sel darah merah, menjaga tulang tetap kuat, dan memastikan mineral dalam darah tetap dalam kadar yang normal. Kulit yang kering dan gatal bisa menjadi tanda kelainan mineral dan tulang yang bisa terjadi karena terjadinya penurunan fungsi ginjal. Yaitu ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan jumlah mineral dan nutrisi dalam darah.

3. Terdapat darah dalam urin

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikanhealthxchange.sg

Ginjal yang sehat akan menjaga sel-sel darah tetap berada dalam tubuh ketika menyaring limbah dari darah untuk dibuang dalam bentuk urin. Tetapi ketika filter ginjal telah rusak, hal ini akan menyebabkan sel-sel darah bocor dan ikut tersaring ke dalam urin. Selain memberi sinyal adanya penyakit ginjal, darah dalam urin juga dapat menunjukkan adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat yang Terbukti Mampu Bersihkan Ginjal, Ada Favoritmu?

4. Bengkak pada kaki atau pergelangan kaki

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikanunsplash.com/Jan Romero

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium, yang berdampak pada pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki. Selain masalah ginjal, pembengkakan di kaki juga bisa menjadi tanda adanya penyakit jantung, hati, dan masalah vena kaki kronis. Sehingga perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.

5. Adanya busa dalam urin

5 Tanda Ginjal Bermasalah dan Perlu Segera Ditangani, Jangan Diabaikanbustle.com

Gelembung atau busa dalam urin menunjukkan adanya protein dalam urin. Busa ini mungkin tampak seperti busa pada telur, karena protein yang umum ditemukan dalam urin, yaitu albumin, adalah protein yang sama dengan yang ditemukan dalam telur. Adanya protein dalam urin ini menunjukkan terganggunya bagian dalam ginjal yang disebut glomeruli dalam menyaring limbah tubuh.

Demikian lima indikasi adanya masalah pada urin. Semakin cepat masalah pada urin terdeteksi dan diatasi, tentunya semakin besar pula kemungkinan masalah kesehatan ini dapat disembuhkan sebelum semakin parah.

Sumber:

https://www.kidney.org/news/ekidney/august14/10_Signs_You_May_Have_Kidney_Disease

Baca Juga: Ini 5 Fakta Kanker Ginjal, Penyakit yang Sedang Diderita Vidi Aldiano

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya