Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi 

Segera ganti demi kesehatan

Istirahat malam yang baik sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan, sayangnya tak sedikit orang yang mengalami kurang tidur. Padahal, kurang tidur dapat menyebabkan kantuk dan terganggunya aktivitas pada keesokan harinya.

Faktor penyebab seseorang mengalami masalah tidur ada bermacam-macam, mulai dari masalah kronis seperti medis, hingga penyebab yang sepele seperti kualitas kasur yang buruk. Ya, tak sedikit orang yang tidak menyadari bahwa kasur yang biasa dipakai sebenarnya sudah tidak layak digunakan, sehingga menyebabkan berbagai masalah.

Jika kamu sudah mengamati tanda-tanda berikut, artinya kamu perlu segera mengganti kasurmu saat ini.

1. Terdapat perubahan mencolok pada fisik kasur 

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi unsplash.com/Aw Creative

Tanda paling nyata bahwa kamu perlu segera mengganti kasur adalah adanya perubahan mencolok pada kasur. Menurut laman The Healthy, jika kasur sudah tidak rata atau kempes di area tertentu, ini adalah indikasi nyata bahwa kasur sudah tidak lagi memberikan dukungan yang kamu butuhkan ketika tidur, sehingga harus segera mengganti kasur dengan yang baru.

2. Kamu sering terbangun dengan otot yang kaku dan sakit 

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi unsplash.com/Priscilla Du Preez

Ketika kondisi kasur sudah tidak baik, kasur tidak lagi bisa menopang tubuh dengan baik, sehingga kamu tidak akan merasa nyaman saat tidur dan bisa terbangun dengan perasaan sakit dan kaku. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Chiropractic Medicine menemukan bahwa mengganti kasur dengan yang baru mampu mengurangi nyeri punggung dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: 7 Penyakit Akan Mengincar Orang yang Jarang Ganti Seprai Kasur

3. Asma atau alergi yang memburuk

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi unsplash.com/bruce mars

Menurut laman Healthline kasur adalah tempat bagi banyak tungau debu dan alergen di rumah. Sehingga kasur dapat menyebabkan bahaya pada orang dengan asma dan alergi. Walaupun membersihkan kasur dan menyedot debu menggunakan vacuum cleaner secara teratur dapat membantu, tetapi pada titik tertentu cara tersebut sudah tidak akan bekerja sehingga kamu perlu segera mengganti kasur dengan yang baru.

4. Usia kasur sudah lebih dari 8 tahun

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi unsplash.com/Vladislav Muslakov

Menurut Sleep Help Institute, kasur memiliki masa hidup kira-kira delapan tahun, tetapi standar usia ini bervariasi tergantung pada produsen, jenis kasur, pola tidur individu, dan apakah kasur dipakai untuk sendiri atau beberapa orang.

Jika pemakai kasur memiliki tubuh yang besar, kemungkinan kasur akan jauh lebih cepat aus daripada jika kasur dipakai oleh orang yang bertubuh kecil. Oleh karena itu, sebaiknya gantilah kasur yang telah dipakai selama kurang lebih delapan tahun.

5. Timbul bau tidak sedap

5 Tanda Kamu Perlu Segera Mengganti Kasur, Jangan Tunggu Lagi unsplash.com/Alexandra Gorn

Jika saat tidur kamu sering mencium bau tak sedap, walaupun telah mengganti sprei serta sarung bantal dan guling dengan yang baru dicuci, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu membutuhkan kasur baru.

Sebab, setelah sekian lama kamu menghabiskan waktu di tempat tidur, seiring waktu akan semakin banyak pula bakteri dan jamur yang bersarang di kasurmu. Belum lagi jika kamarmu selalu lembap, hal ini bisa semakin mempercepat pertumbuhan jamur.

Bagaimanapun juga, kualitas tidur sangat memengaruhi berbagai aspek dalam hidup. Untuk itu, jika kasurmu sudah menunjukkan tanda-tanda di atas, jangan ragu untuk segera menggantinya demi kualitas tidurmu yang lebih baik.

Baca Juga: Hari Tidur Sedunia: Ternyata Orang Tidur Juga Bisa Menyelamatkan Bumi

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya