Comscore Tracker

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahui

Kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan kanker ginjal, lo! 

Kanker ginjal merupakan suatu kondisi  di mana sel-sel ginjal berubah menjadi ganas dan tumbuh secara tak terkendali menjadi tumor. Sebagian besar kanker ginjal muncul pada lapisan tabung kecil (tubulus) yang berada di ginjal. Gejala-gejala dari kanker ginjal umumnya jarang terlihat di awal penyakit ini berkembang.

Namun biasanya, penderita gagal ginjal akan mengalami beberapa gejala seperti urin yang bercampur dengan darah, kelelahan, penurunan berat badan secara drastis, pembengkakan pada pergelangan kaki atau telapak kaki, terdapat benjolan pada punggung bawah, demam tanpa disertai flu atau pilek, hingga nyeri punggung bawah di salah satu sisi. 

Nah, selain fakta-fakta di atas, terdapat beberapa fakta penting lainnya seputar kanker ginjal yang wajib kamu ketahui. Berikut ulasan lengkapnya. 

1. Terdiri dari empat jenis

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuilabiotech.eu

Dilansir dari Seattle Cancer Care Alliance, kanker ginjal terdiri dari 4 jenis, yaitu karsinoma sel ginjal (RRC), karsinoma sel transisional, tumor Wilms, dan sarkoma ginjal. Jenis yang paling umum ditemukan pada penderita kanker ginjal adalah karsinoma sel ginjal,dengan persentase sekitar 90% dari total seluruh kasus kanker ginjal yang ditemukan.

Karsinoma sel ginjal umumnya tumbuh sebagai massa tunggal pada ginjal. Namun terkadang tumor bisa tumbuh lebih dari dua pada satu ginjal, atau bahkan bisa tumbuh tumor pada kedua ginjal dalam waktu bersamaan. Dari 4 jenis kanker ginjal, sarkoma ginjal merupakan jenis yang paling langka dan hanya ditemukan dengan persentase 1% dari total seluruh kasus kanker ginjal yang ada. 

2. Pria berisiko lebih tinggi terkena kanker ginjal

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuirunnersworld.com

Kanker ginjal merupakan salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi. Dilansir dari National Foundation for Cancer Research, diperkirakan sekitar 40.610 pria dan 23.380 wanita di Amerika menderita kanker ginjal setiap tahunnya. Perbedaan jumlah antara pria dan wanita yang hampir dua kali lipat tersebut, menunjukkan fakta bahwa pria berisiko lebih tinggi menderita kanker ginjal dibandingkan dengan wanita.

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya yaitu kebiasaan merokok. Dibandingkan dengan wanita, tentu jumlah perokok lebih didominasi pria. Alasan utama mengapa rokok dapat menyebabkan kanker ginjal adalah karena racun yang terdapat pada asap rokok dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga akan sulit untuk membunuh sel kanker.

Selain disebabkan oleh kebiasaan merokok, pria juga cenderung lebih mudah terpapar bahan kimia penyebab kanker saat berada di tempat kerja, dibandingkan dengan wanita yang umumnya jarang terkena paparan bahan kimia penyebab kanker saat berada di tempat kerja. 

3. Seseorang yang terlahir dengan sindrom turunan tertentu dan memiliki anggota keluarga yang menderita kanker ginjal, berisiko lebih tinggi terkena kanker ginjal

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuiparashospitals.com

Dilansir dari Mayo Clinic, seseorang yang terlahir dengan memiliki sindrom turunan tertentu juga berisiko tinggi  menderita kanker ginjal. Contohnya saja memiliki sindrom Birt-Hogg-Dube, von Hippel-Lindau, dan kompleks tuberous sclerosis. Selain itu, seseorang yang memiliki anggota keluarga yang juga menderita kanker ginjal, juga berisiko tinggi menderita kanker ginjal. 

Selain disebabkan oleh penyakit turunan, kanker ginjal juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya lo, misalnya saja seperti menderita hipertensi, obesitas, hingga menjalani pengobatan gagal ginjal kronis dalam jangka panjang. 

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kanker

4. Diagnosis kanker ginjal

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuitheconversation.com

Untuk bisa memastikan pasiennya menderita kanker ginjal, maka dokter akan merekomendasikan beberapa tes seperti tes darah dan urin, tes pencitraan (ultrasonografi, CT scan, MRI) Intravenous pyelogram (IVP), hingga pengambilan sampel kecil (biopsi) dari bagian ginjal yang dianggap mencurigakan. 

5. Perawatan kanker ginjal

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuiconsultqd.clevelandclinic.org

Setelah pasien didiagnosis menderita kanker ginjal, maka dokter akan merekomendasikan beberapa jenis perawatan seperti pembedahan untuk mengangkat tumor, dan non-pembedahan seperti cryoablotion (proses pembekuan sel kanker), radiofrekuensi ablasi (perawatan untuk memanaskan sel kanker), obat-obatan untuk sistem kekebalan tubuh, hingga terapi radiasi. 

6. Pencegahan kanker ginjal

6 Fakta Penting Seputar Kanker Ginjal yang Wajib Kamu Ketahuitrxexercises.us

Sama halnya seperti jenis kanker lainnya, kanker ginjal dapat dicegah dengan menerapkan beberapa cara yang efektif. Cara efektif untuk mencegah kanker ginjal yaitu menghentikan kebiasaan merokok, mengontrol berat badan agar tetap ideal, dan menjaga agar tekanan darah tetap normal. Ketiga cara efektif tersebut dapat diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi, serta rutin berolahraga setiap hari. 

Nah, itulah ulasan lengkap seputar kanker ginjal yang wajib kamu ketahui. Jika kamu mengalami gejala-gejala dari kanker ginjal, segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Semakin cepat kanker ginjal terdeteksi dan diobati, maka akan semakin besar juga peluang kesembuhannya. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jarang Disadari Pasien

eliza ustman Photo Community Writer eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You