Comscore Tracker

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkohol

Bisa diderita anak-anak dan balita juga, lo 

Pernahkah kamu mengalami mabuk padahal sama sekali tidak mengonsumsi alkohol? Jika kamu pernah mengalaminya, terutama setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, bisa jadi kamu menderita sindrom auto-brewery.

Sindrom auto-brewery merupakan sindrom langka yang terjadi karena tubuh mengubah makanan yang mengandung karbohidrat menjadi etanol (alkohol) karena kadar ragi yang berlebih pada usus. Ragi merupakan salah satu jenis jamur. Dilansir dari laman Healthline dan Very Well Mind, berikut ulasan seputar sindrom auto-brewery.

1. Kasus sindrom auto-brewery ditemukan pertama kali pada 1948

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkoholmedicalbag.com

Sindrom auto-brewery pertama kali ditemukan pada 1948. Pada saat itu, dilaporkan seorang anak laki-laki berusia lima tahun meninggal setelah perutnya pecah akibat adanya pembengkakan pada saluran GI. Menurut hasil pemeriksaan post-mortem, ditemukan adanya gas dan cairan berbau alkohol pada bagian perut dan rongga perut anak tersebut.

Penguji hipotesis beranggapan bahwa anomali tersebut merupakan hasil dari fermentasi ubi jalar dari gram flora usus yang negatif. 

Kasus sindrom auto-brewery juga ditemukan pada 1976 saat seorang perempuan berusia 24 tahun dilaporkan mabuk setelah ia mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat.

Perempuan tersebut akhirnya diberi agen antijamur dan disarankan untuk membatasi asupan karbohidrat untuk mengurangi gejala dari sindrom auto-brewery yang dimilikinya.

2. Sindrom auto-brewery timbul karena dipicu oleh penyakit lain

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkoholeverydayhealth.com

Sindrom auto-brewery timbul karena dipicu oleh penyakit lain, seperti Chron, radang usus, diabetes, dan gangguan pada organ hati. Selain itu, kekebalan tubuh yang menurun, nutrisi yang buruk, dan penggunaan antibiotik jangka panjang juga dapat memicu sindrom auto-brewery. 

Baca Juga: Atresia Bilier: Penyakit Langka Bayi Serius, Penyebab dan Solusinya

3. Sindrom auto-brewery juga menyerang balita dan anak-anak

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkoholprofessorshouse.com

Sindrom auto-brewery gak hanya menyerang orang dewasa saja, namun juga menyerang balita dan anak-anak. Gejala yang dialami oleh penderita yang masih balita dan anak-anak pun juga sama dengan gejala yang dialami pada orang dewasa. Balita dan anak-anak yang menderita sindrom usus pendek berisiko tinggi menderita sindrom auto-brewery. 

4. Sindrom auto-brewery dapat menimbulkan efek samping

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkoholindependent.co.uk

Sama halnya seperti sindrom lainnya, Sindrom auto-brewery juga dapat menyebabkan efek samping pada penderitanya. Efek samping yang umumnya dialami penderitanya adalah pusing, bersendawa, disorientasi, mulut kering, sindrom iritasi usus, dan sindrom kelelahan kronis.  

5. Sindrom auto-brewery dapat diatasi dengan obat antijamur dan diet rendah karbohidrat

5 Fakta Auto-Brewery Syndrome, Sindrom Mabuk Tanpa Konsumsi Alkoholpharmafactz.com

Untuk mengatasi sindrom auto-brewery, dokter biasanya akan memberi resep obat antijamur karena jamur merupakan salah satu penyebab utama gangguan pada usus. Agar obat-obatan dapat bekerja dengan baik, penderita sindrom auto-brewery juga harus melakukan diet rendah karbohidrat.

Dengan melakukan diet rendah karbohidrat, jumlah jamur dalam usus dapat terkontrol dengan baik. Agar pasien tidak kekurangan nutrisi saat melakukan diet rendah karbohidrat, dokter juga akan memberikan resep suplemen vitamin dan mineral untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pasien.

Nah, itulah ulasan tentang sindrom auto-brewery. Pernah mengalami mabuk setelah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, Guys? 

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Hemofilia, Penyakit Langka yang Diderita Ratu Victoria

eliza Photo Community Writer eliza

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You