Comscore Tracker

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membeku

Jenis langka yang bisa mengancam jiwa

Polisitemia vera adalah jenis kanker darah langka yang bisa membuat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah merah. Ketika ini terjadi, maka darah akan menjadi kental dan mengalir lebih lambat, sehingga sel darah merah bisa menggumpal di dalam pembuluh darah.

Darah yang menggumpal atau membeku dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, emboli paru, pembesaran hati dan limpa, stroke, hingga menyebabkan kematian.

Polisitemia vera yang berlangsung dalam waktu yang lama juga dapat memicu jaringan parut pada sumsum tulang dan jenis kanker darah lainnya. Dikutip dari Canadian Cancer Society, polisitemia vera bisa berkembang menjadi leukemia myeloid akut (AML) atau myelofibrosis. 

Nah, agar bisa mewaspadai kemunculan kanker darah mematikan ini, berikut fakta-fakta seputar polisitemia vera yang perlu kamu ketahui.

1. Penyebab polisitemia vera

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekuwebmd.com

Dilansir Healthline, penyebab utama polisitemia vera adalah mutasi yang terjadi pada gen JAK2. Gen JAK2 bertugas untuk mengontrol pembuatan protein yang membantu produksi sel darah merah.

Sekitar 95 persen penderita polisitemia vera memiliki jenis mutasi ini. Meski mutasi yang memicu polisitemia vera dapat diwariskan di keluarga, tetapi kasusnya lebih sering terjadi tanpa adanya faktor riwayat keluarga.

2. Polisitemia vera terbagi menjadi dua jenis

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekughr.nlm.nih.gov

Dilansir Cleveland Clinic, berdasarkan penyebabnya, polisitemia vera terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Polisitemia vera primer: polisitemia jenis ini terjadi karena ada mutasi genetik (kelainan). Hampir semua penderita polisitemia vera memiliki mutasi pada gen JAK2. Sebagian besar kasusnya tidak diturunkan ke keluarga. Mutasi pada gen TET2 juga banyak ditemukan pada sel polisitemia vera.
  • Polisitemia vera sekunder: jenis ini terjadi pada seseorang yang kadar oksigen dalam darahnya rendah dalam waktu yang lama. Kondisi tersebut membuat tubuh memproduksi hormon yang disebut eritropoietin (EPO) dalam jumlah yang banyak. Kadar EPO yang terlalu tinggi dalam tubuh dapat membuat sel darah merah diproduksi terlalu berlebihan.

Baca Juga: Kenali Nama Lain Benzena, Zat Kimia Pemicu Kanker Darah

3. Gejala umum polisitemia vera

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekuhealthgrades.com

Polisitemia vera bisa tidak menimbulkan gejala apa pun selama bertahun-tahun. Namun, pada saat gejala pertama kali muncul, biasanya sifatnya ringan sehingga sering diabaikan atau dikira masalah kesehatan biasa, sampai orang tersebut melakukan tes darah rutin dan menemukan penyakitnya itu.

Gejala-gejala polisitemia yang bisa muncul antara lain:

  • Gatal
  • Sulit konsentrasi
  • Sulit bernapas saat berbaring
  • Sakit di bagian perut
  • Kelelahan
  • Penglihatan kabur atau ganda
  • Berdarah atau memar
  • Mudah kenyang
  • Pusing
  • Kelemahan

Setelah kanker berkembang dan darah penderitanya menjadi kental karena sel darah merah yang lebih banyak, maka gejala-gejala yang lebih serius akan muncul. Dikutip dari Healthline, gejala tersebut meliputi:

  • Sakit tulang
  • Gusi berdarah
  • Wajah berwarna kemerahan
  • Perdarahan hebat meski luka kecil
  • Sendi bengkak
  • Rasa terbakar pada tangan atau kaki

Sebagian besar gejala-gejala yang lebih serius bisa dipicu oleh kondisi kesehatan lainnya. Oleh sebab itu, segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala yang disebutkan tadi, agar bisa diketahui pasti apa penyebabnya.

4. Siapa yang rentan mengalami polisitemia vera?

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekumedicalnewstoday.com

Polisitemia vera umumnya lebih banyak diderita oleh laki-laki. Kanker darah yang langka ini umumnya terjadi pada usia 60-65 tahun. Kasusnya jarang ditemukan di usia di bawah 40 tahun.

Menurut sebuah studi dalam jurnal "Annals of Hematology" tahun 2009, jumlah kasus polisitemia vera sekitar 10-20 banding 1 juta, dan sekitar 0,1 persen dari jumlah kasus tersebut terjadi pada usia di bawah 20 tahun.

5. Faktor yang dapat meningkatkan risiko pembekuan darah pada polisitemia vera

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekuverywellhealth.com

Risiko komplikasi karena polisitemia vera seperti stroke, serangan jantung, emboli paru, dan komplikasi lainnya tergantung dari seberapa besar kemungkinan penderitanya mengembangkan pembekuan darah.

Selain itu, selama darah lebih kental dari biasanya, risiko pembekuan darah akan meningkat, apa pun penyebabnya.

Dikutip dari Healthline, berikut faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penggumpalan darah pada kasus polisitemia vera:

  • Berusia di atas 60 tahun
  • Memiliki riwayat pembekuan darah
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Kolesterol tinggi
  • Kehamilan
  • Merokok

Baca Juga: 8 Gejala Kanker Usus Besar yang Mulai Menyerang Para Millennial

6. Bagaimana cara mendiagnosis polisitemia vera?

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekumailtribune.com

Dokter biasanya akan menanyakan gejala-gejala yang dialami pasien dan melakukan pemeriksaan fisik untuk memeriksa apakah limpa atau hati pasien membesar.

Berdasarkan informasi dari gejala yang dialami dan kondisi hati atau limpa pasien, dokter akan melakukan tes untuk memeriksa kemungkinan polisitemia vera atau kondisi kesehatan lainnya.

Tes yang dilakukan biasanya juga digunakan untuk diagnosis leukemia. Menurut keterangan dari Canadian Cancer Society, jenis tes yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

  • Complete blood count (CBC): untuk mengukur jumlah dan kualitas sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit.
  • Tes kimia darah: untuk memeriksa seberapa baik organ tertentu berfungsi.
  • Reverse transcriptase-polymerase chain reaction (RT-PCR): Untuk melihat apakah sel-sel darah atau sum-sum tulang memiliki mutasi gen JAK2.
  • Aspirasi dan biopsi sumsum tulang: untuk memastikan apakah pasien menderita polisitemia vera atau tidak.

7. Perawatan polisitemia vera

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekupiqsels.com

Polisitemia vera adalah penyakit kronis yang tidak bisa disembuhkan. Namun, pengobatan dapat membantu mengendalikan gejalanya dan mencegah komplikasi berbahaya.

Untuk penanganan, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan risiko pasien dalam mengembangkan pembekuan darah. Dilansir Healthline, jenis perawatannya terbagi menjadi dua jenis.

  • Perawatan untuk orang yang berisiko rendah: diberikan pada pasien yang berisiko rendah dalam mengembangkan pembekuan darah. Perawatan ini terdiri dari pemberian aspirin dosis rendah dan proses pengeluaran darah. Pemberian aspirin bertujuan untuk menurunkan risiko pembentukan gumpalan darah, sedangkan pengeluaran darah bertujuan untuk membantu menurunkan jumlah sel darah merah.  Pasien biasanya menjalani kedua perawatan ini sekali seminggu selama beberapa bulan, hingga tingkat hematokrit mendekati normal.
  • Perawatan untuk orang yang berisiko tinggi: selain pemberian aspirin dosis rendah dan proses mengeluarkan darah, pasien ini perlu perawatan yang lebih khusus, seperti pemberian obat-obatan lain.

Dokter juga kemungkinan akan meresepkan perawatan lain untuk penderita polisitemia vera. Dari beberapa perawatan yang akan diresepkan dokter, salah satunya dapat mengatasi gejala gatal yang banyak dikeluhkan pasien. Beberapa jenis perawatan tersebut meliputi:

  • Antihistamin
  • Inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI)
  • Fototerapi (pengobatan dengan sinar ultraviolet)

8. Seberapa besar harapan hidup pasien polisitemia vera?

Kenali Polisitemia Vera, Kanker Darah yang Bisa Bikin Darah Membekuuib.no

Kondisi polisitemia vera setiap pasien orang berbeda-beda. Namun, jika pasien menjalani perawatan yang sesuai dan rutin mengunjungi ahli hematologi, maka kemungkinan harapan hidup akan lebih besar dengan risiko komplikasi yang lebih kecil.

Pasien yang menjalani perawatan biasanya dapat bertahan hidup sekitar 20 tahun atau beberapa dekade lebih lama setelah dirinya terdiagnosis.

Namun, jika pasien tidak mengikuti perawatan jenis apa pun, maka kemungkinannya untuk bertahan hidup adalah sekitar kurang dari 2 tahun, yang mana ini juga bergantung pada usia dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Demikian informasi seputar polisitemia vera, kanker darah langka yang bisa menyebabkan darah membeku. Jika mengalami gejala-gejala yang mengarah ke jenis kanker darah ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau ke ahli hematologi. Karena, semakin cepat terdeteksi, maka akan bisa dilakukan pengobatan sedini mungkin dan makin besar pula angka harapan hidup.

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya