Comscore Tracker

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih 

Istirahat cukup paling utama! 

Anxiety disorder atau rasa cemas yang berlebihan dapat menimpa siapa saja. Biasanya mereka akan memiliki kecenderungan untuk panik dan stres. Tidak jarang kita berusaha mengacuhkan perasaan tersebut dan berpura-pura semuanya baik-baik saja. Padahal kamu sendiri merasa sangat tertekan di dalam.

Perlu kamu ketahui bahwa dirimu adalah makhluk hidup, bukan robot. Sehingga ada kalanya kamu membutuhkan istirahat dan menangani rasa cemas tersebut. Bukannya malah membiarkan hingga terasa makin sesak di dada.

Ada banyak cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi kecemasan yang berlebihan. Misalnya dengan mempraktikkan 6 tips sederhana berikut ini.

1. Memperbanyak istirahat dan perbaiki pola tidur 

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/claudio scott

Tubuh kita sebenarnya membutuhkan waktu sebanyak 7 sampai 9 jam untuk beristirahat. Sehingga tidur yang cukup sangat penting untuk diperhatikan. Jangan sampai waktu tidurmu bolong-bolong karena akan membuat aktivitasmu terganggu. Kamu tentu gak mau tertidur saat kelas berlangsung.

Sebaiknya jadikan istirahat dan tidur sebagai prioritas yang tidak bisa kamu tinggalkan sama sekali. Apabila kamu mengalami insomnia, ada baiknya jauhkan barang-barang elektronik atau matikan secara total ketika akan tidur. Hal ini karena radiasi yang terpancar dari benda elektronik bisa membuat kita sulit tidur.

2. Banyak tersenyum dan tertawa 

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/pexels

Tertawa adalah obat paling ampuh untuk menghilangkan rasa cemas. Ketika kamu merasa bahagia maka kamu tidak akan mengalami kecemasan yang berlebih. Sehingga penting untuk menari hiburan yang dapat membuatmu senang. Misalkan saja dengan menonton acara dari idol favoritmu atau sekadar menyaksikan film komedi yang lucu.

Baca Juga: 5 Tanda 'Time Anxiety', Kecemasan akan Waktu yang Mengganggu

3. Rajin berolahraga secara teratur

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/stocksnap

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja tetapi juga psikis. Ketika berolahraga, tubuh kita menghasilkan endorphin yang berfungsi untuk menenangkan pikiran. Sehingga berolahraga secara rutin akan membuatmu mudah terlelap di malam hari. Terdapat banyak sekali olahraga ringan yang bisa kamu coba. Bahkan beberapa dapat dilakukan tanpa bantuan alat apapun.

4. Cobalah untuk menenangkan pikiran

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/juucy

Kecemasan atau anxiety akan semakin parah apabila kita sendiri tidak dapat mengontrolnya. Ada kalanya kamu harus melawan rasa cemas tersebut dengan selalu berpikir positif. Cobalah untuk menenangkan pikiran alih-alih memberi makan rasa takut pada diri sendiri. Kamu juga bisa mencoba melakukan yoga agar pikiran tenang.

5. Makan secara teratur dan bergizi

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/adina voicu

Jangan kira makanan tidak ada hubungannya dengan kesehatan mental. Nyatanya makanan yang kamu konsumsi berperan besar terhadap suasana hatimu. Sebaiknya hindari junkfood dan juga makanan yang memiliki kadar gula tinggi karena jenis makanan seperti ini tidak bergizi.

Lebih baik untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Protein dan karbohidrat juga sangat penting untuk tubuh. Jadi, jangan sampai tidak mengonsumsi nasi atau gandum.

6. Memilih bergaul dengan orang yang memiliki vibe positif 

6 Tips Mudah untuk Menghilangkan Rasa Cemas Berlebih Pixabay.com/arroweheadcoffeeco

Pertemanan bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Mereka yang selama ini dikelilingi oleh orang-orang toxic, cenderung akan merasa terbebani dan sering cemas berlebihan. Berbeda jika kamu memilih berteman dengan orang-orang yang selalu positif.

Tidak apa-apa jika kamu memiliki sedikit teman yang penting mereka membuatmu merasa bahagia. Namun, apabila temanmu tersebut malah membuatmu merasa stres, ada baiknya untuk segera meninggalkan mereka.

Nah, itulah enam kiat sederhana untuk mengurangi kecemasan secara berlebihan. Coba praktikkan keenam tips di atas secara perlahan untuk mendapatkan efek positifnya.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Aplikasi Terbaik yang Bisa Bantu Kamu Atasi Anxiety

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya