Comscore Tracker

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!

Jangan rusak masa depanmu sendiri!

Masa remaja merupakan masa transisi antara masa kanak-kanak yang sangat rentan dengan hal-hal negatif karena anak remaja memiliki sifat penasaran dan ingin mencoba hal-hal yang baru. Nah, tentu jika kamu tidak bisa menyaring atau selektif saat bergaul dengan teman yang baru maka berbagai pengaruh buruk akan meracuni dirimu.

Pastinya akan sangat disayangkan jika kamu terpengaruh untuk berbuat hal-hal negatif yang mana telah mengorbankan masa emasmu saat remaja. Dan lebih buruknya bila kamu tidak segera menyadarkan dan memperbaiki diri dari kenakalan yang kamu buat maka akan terbawa saat dewasa yang membuat dirimu hidup dengan tidak tenang.

Terdapat 5 hal yang sering membuat kecanduan di kalangan anak remaja yang bisa kamu minimalkan dan sangat perlu untuk kamu jauhi. Berikut ini penjelasannya!

1. Media sosial

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!unsplash.com/ROBIN WORRALL

Sudah tak heran lagi bila semua orang mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga usia lanjutpun sama-sama menggunakan media sosial. Karena dalam era digital ini penggunaan media sosial tidak dapat dihindari.

Memang media sosial memberikan berbagai manfaat yang dapat menunjang aktivitas-aktivitas sehari-hari. Namun saat kamu yang tidak mau dikatakan orang yang kudet atau kurang update sehingga kamu terus-terusan memantau notifikasi media sosial di handphonemu yang mana hal tersebut membuat dirimu kecanduan media sosial. Atau ketika hubungan dengan teman-temanmu yang sedang hangat-hangatnya dalam dunia maya yang juga membuat kamu lupa segalanya lupa waktu makan, lupa waktu istirahat, lupa waktu belajar, dan masih banyak lagi. 

2. Game online

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!pexels.com/LinkedIn Sales Navigator

Game online akan sangat bisa mengubah kebiasaanmu dalam mengisi waktu-waktu luang. Tidak ada salahnya bila kamu masih bermain game online dan bahkan dapat memberikan manfaat namun ingat harus dengan porsi yang sewajarnya. Berbeda jika kamu menjadikan bermain game online menjadi aktivitas satu-satunya yang mengganggu konsentrasimu di sekolah, mengganggu kesehatan karena kurang tidur, dan lain-lain.

Kecanduan dalam bermain game online timbul dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika kamu tidak mengatasinya dengan segera akan sangat merusak produktivitasmu saat masa remaja. Karena masih ada banyak kegiatan positif lainnya yang bisa kamu lakukan dari pada hanya sekadar bermain game online.

3. Junk food

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!unsplash.com/NeONBRAND

Kebanyakan para remaja cenderung menghabiskan kebebasan yang terbatas yaitu uang saku yang digunakan untuk makan junk food dan membeli makanan ringan bersama teman-temannya. Tentunya kamu juga tidak akan terlepas dengan kebiasaan yang seperti itu. Akan sangat diperbolehkan jika kamu makan junk food dalam pengendalian diri yang baik. Jika tidak dibarengi asupan makanan bergizi yang cukup akan memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh kamu. Seperti gangguan pencernaan hingga potensi penyakit kanker yang mengintai.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Kecanduan Narkoba sampai Sembuh Total, Menurut Ahli

4. Alkohol

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!unsplash.com/Eaters Collective

Karena sifat remaja yang selalu bereksperimen dengan segala hal sehingga membuat dirinya ingin merasakan sensasi yang ditimbulkan dari alkohol. Dalam penggunaan alkohol yang berlebihan akan merusak tubuh dan mental kamu. Tak hanya itu penggunaan alkohol dapat membuat dirimu terjebak dalam kecanduan. Dan apabila kecanduan tersebut kamu turuti akan semakin merusak kesehatan tubuhmu terus-menerus.

5. Narkoba

5 Kecanduan Remaja yang Dapat Merusak Kesehatan dan Mentalmu, Bahaya!unsplash.com/freestocks.org

Dampak dari penasaran akan hal yang baru membuat para remaja mencoba-coba obat-obatan yang sifatnya ringan hingga mencoba mengonsumsi narkoba. Sama halnya dengan alkohol akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh dan mentalmu. Jika kamu berani mencoba obat-obatan terlarang meskipun yang bersifat ringan akan menyebabkan kamu terbelenggu dengan kecanduan narkoba yang sangat jahat. Dan juga masa depanmu yang sangat diharapkan orangtua dan keluargamu akan menjadi korban.

Itulah kelima kecanduan yang sering menjalar di kalangan remaja yang dapat merusak kesehatan dan mentalmu. Nah, gak mau, kan bila masa depanmu hancur begitu saja?

Baca Juga: Jangan Makan Hati Dulu, Lakukan 5 Cara Saat Pacar Kecanduan Main Game!

Falana Rofako Photo Verified Writer Falana Rofako

1000 teman terlalu sedikit, 1 musuh terlalu banyak.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya