Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarang

Mencegah lebih baik daripada mengobati #IDNTimesHealth

GERD (gastroesophageal reflux disease) atau yang dikenal dengan penyakit asam lambung adalah kondisi kronis ketika isi lambung naik ke kerongkongan secara berulang akibat melemahnya katup lambung. Penyakit ini biasanya juga menimbulkan sejumlah gejala lainnya seperti mulas, regurgitasi, dan kesulitan menelan.

GERD tergolong penyakit yang umum diderita masyarakat global. Menurut American Gastroenterological Association, sekitar sepertiga dari populasi dunia menderita gangguan ini.

Adapun untuk mencegah GERD, menerapkan gaya hidup sehat adalah kunci yang utama. Berdasarkan penelitian terbaru dari JAMA Internal Medicine, ada lima faktor gaya hidup yang bisa mengurangi risiko GERD.

Cara-caranya cukup sederhana saja, kok. Yuk, simak di bawah ini!

1. Kontrol berat badan 

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarangilustrasi menjaga berat badan ideal (pexels.com/SHVETS production)

Dari kelima faktor yang ada, berat badan normal dikaitkan dengan penurunan resiko GERD paling besar. Jadi, pastikan Body Index Massa (BMI)-mu berada pada rentang angka 18.5 - 25. Beberapa usaha yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh angka yang ideal adalah dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

2. Melakukan diet sehat 

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarangilustrasi mengonsumsi makanan sehat (pexels.com/Nathan Cowley)

Kebiasaan lainnya yang harus kamu terapkan adalah menjaga pola makan. Perbanyak asupan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, unggas dan ikan. Hindari mengonsumsi makanan berkolesterol, lemak, garam dan yang tinggi kalsium sebab dapat memicu GERD.

Baca Juga: GERD: Gangguan Lambung yang Harus Diwaspadai, Jangan Diremehkan

3. Batasi konsumsi teh, kopi, dan soda

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarangilustrasi minum kopi (pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Jika kamu penggemar kafein dan soda, setidaknya kurangilah mengonsumsi minuman tersebut. Berikan batas maksimal dua gelas per hari saja. Kandungan pada teh, kopi, dan soda dapat memperburuk kondisi asam lambung.

4. Rutin lakukan aktivitas fisik

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarangilustrasi berolahraga (pexels.com William/Choquette)

Untuk mencegah GERD, para peneliti juga menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik, mulai dari yang sedang hingga berat, selama paling tidak 30 menit setiap harinya. Jadi, jangan malas bergerak, ya!

5. Berhenti merokok

5 Kebiasaan Sederhana untuk Cegah GERD, Mulai dari Sekarangilustrasi merokok (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Hubungan antara kebiasaan tidak merokok dengan penurunan risiko GERD adalah yang paling kecil di antara empat faktor lainnya. Namun, bukan berarti tidak penting untuk diterapkan.

Kebiasaan merokok dapat membahayakan sistem pencernaan. Perokok cenderung lebih sering mengalami sakit maag dan tukak lambung dibandingkan yang bukan perokok. Kebiasaan merokok juga membuat kondisi tersebut lebih sulit untuk diobati. 

Itulah 5 kebiasaan sederhana yang bisa kamu coba implementasikan dari sekarang. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, kamu juga dapat mendulang banyak manfaat kesehatan lainnya untuk tubuh, bukan hanya terhindar dari GERD saja. Yuk, hidup sehat.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Para Penderita GERD, Perlu Tahu!

Fatimah Nasir Photo Verified Writer Fatimah Nasir

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya