Comscore Tracker

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!

Berkhasiat untuk jerawat hingga panau #IDNTimesHealth

Jika mengalami masalah kulit, entah pada wajah maupun tubuh, apa yang akan kamu lakukan? Sudah mencoba opsi tanaman herbal untuk mengobatinya?

Jangan salah, tanaman herbal punya khasiat yang tak kalah mantap dibandingkan obat kimia. Jika kamu penasaran, simak tanaman herbal yang mengobati kulit dari beragam problem berikut, dilansir majalah Fit edisi istimewa "Cantik, Langsing Berkat Super Food".

1. Kunyit

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!Ilustrasi tumbukan kunyit (Pexels.com/Tamanna Rumee)

Kunyit berfungsi sebagai antioksidan dan mengurangi lipofucsin (pigmen berwarna cokelat) yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Selain diminum air perasannya, kamu juga dapat merasakan manfaatnya dari saat digunakan dalam bumbu makanan.

Bahkan, kini sudah banyak sekali produsen yang membuat minuman kunyit dalam bentuk serbuk atau siap minum dalam kemasan botol. Jika perlu yang lebih praktis, coba saja mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen.

Namun, kalau kamu ingin membalurkannya langsung ke kulit, lumatkan saja kunyit sebesar satu kelingking dengan dua butir kemiri yang dibakar. Jika sudah halus, kamu bisa mengoleskannya dua kali sehari pada bagian yang gatal atau eksim.

2. Daun beluntas

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!Ilustrasi merebus daun bluntas (Pexels.com/Uriel Mont)

Daun beluntas dikenal mampu menghilangkan bau badan dan mencerahkan kulit. Di samping itu, sakit kulit pun dapat diobatinya.

Kamu bisa merasakan manfaatnya dengan menyantapnya, misalnya dikonsumsi sebagai lalapan. Jika lebih suka diminum, rebus saja dulu daunnya dan airnya bisa kamu teguk.

Baca Juga: 8 Resep Minuman Herbal yang Enak dan Sehat, Tubuh Jadi Lebih Bugar

3. Laos

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!Ilustrasi suplemen laos (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Dikutip dari unair.ac.id, pengajar Kedokteran Hewan Universitas Airlangga, Tridiganita Intan Solikhah, drh., M.Si menuliskan jika lengkuas efektif digunakan sebagai pengobatan terapi berbagai macam penyakit karena kandungan antijamur, antibakteri,  antioksidan, antiradang, antihepatotoksik, imunodulator, antiulseratif, antialergi, dan antitumor.

Karena kandungan itu tadi, bumbu dapur ini juga bisa digunakan sebagai antijerawat. Bahkan, ada banyak alternatif untuk merasakan manfaat ini.

Pertama, kamu bisa memarkan dan masukkan sebagai bumbu masakan. Kedua, kamu bisa rebus dan minum airnya. Ketiga, nikmati secara praktis dalam bentuk suplemen.

Kamu pun bisa membalurkannya ke kulit yang berpanau. Tumbuk saja laos dengan kapur sirih secukupnya. Setelah halus, gosokkan setiap pagi dan sore pada panau.

4. Akar manis

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!Ilustrasi kapsul akar manis (Pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Akar manis dipercaya mampu mencerahkan kulit. Bahkan, kemampuannya enam belas kali lebih kuat dibandingkan hydroquinon. Selain itu, tanaman ini sanggup menangkal sinar UVA dan UVB hingga meredakan iritasi kulit.

Kamu cukup merebus akar manis saja, lalu meminum airnya setelah matang. Malas membeli dan mengolahnya? Tenang, sekarang sudah ada kapsul dan minuman suplemennya.

5. Asam jawa

5 Tanaman Herbal yang Mengobati Kulit dari Beragam Problem, Buktikan!Ilustrasi asam jawa (Pexels.com/The Raj)

Asam jawa akan membantu perbaikan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain dicampur sebagai bumbu atau bahan pembuat sirop, asam jawa kini tersedia dalam bentuk permen dan minuman instan.

Kalau untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakannya langsung ke wajah. Beri asam jawa air bersih terlebih dahulu, remas-remas, dan saring. Pakai airnya untuk mencuci muka menjelang tidur malam.

Gimana? Adakah masalah kulitmu bisa diatasi dari beberapa daftar di atas? Cobain dan buktikan sendiri manfaatnya, yuk!

Baca Juga: 5 Resep Minuman Herbal untuk Mengembalikan Indra Penciuman

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya