Comscore Tracker

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dini

Harus dikenali dengan cermat dan teliti!

Multiple Myeloma merupakan kanker darah yang mengganggu kinerja sel plasma dalam menghasilkan antibodi. Kemunculan kanker ini menyebabkan sel plasma menghasilkan protein dalam jumlah berlebih. Hal tersebut berujung pada kerusakan organ tubuh, terutama tulang. Penyakit ini umumnya dialami oleh orang tua yang berusia 60 tahun ke atas. 

Penderita dari penyakit ini mengalami beberapa gejala umum, seperti anemia, mudah lelah, dan retak tulang. Gejala-gejala itu terlihat normal dan kerap kali diabaikan. Namun, beberapa gejala tersebut terbilang serius dan tak dapat diremehkan. Apa saja gejala-gejalanya? Berikut ini ulasannya!

1. Kekurangan sel darah

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinieverydayhealth.com

Gejala awal yang dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah kekurangan sel darah. Berkurangnya jumlah sel darah ini disebabkan oleh produksi sel plasma secara berlebihan. 

Hal tersebut mengakibatkan produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit tidak seimbang. Bersamaan dengan itu, penderita akan mengalami pusing kepala dan mudah terluka atau memar. 

2. Kelebihan kalsium dalam darah

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinimedicalnewstoday.com

Selain kekurangan sel darah, penderita juga mengalami kelebihan kalsium dalam darah atau hiperkalsemia. Hal ini terjadi karena kelenjar paratiroid sebagai penghasil kalsium berfungsi dengan tidak normal. 

Kelebihan kalsium dalam darah atau hiperkalsemia ini memunculkan gejala-gejala signifikan. Gejala-gejala tersebut menyebabkan penderita mengalami dehidrasi, mudah haus, konstipasi, dan kehilangan nafsu makan. Wajib diwaspadai ya!

3. Penebalan dalam darah

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinihealthline.com

Di samping kelebihan kalsium, pada beberapa penderita juga ditemukan penebalan dalam darah. Hal tersebut terjadi akibat produksi protein myeloma yang berlebihan. 

Gejala ini menyebabkan aliran darah menuju otak menjadi lambat. Dampak-dampak yang dapat ditemukan pada penderita antara lain, pusing, kebingungan, dan gejala stroke. Jika gejala ini timbul, penderita dianjurkan untuk menemui dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. 

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Kesehatan Spirulina, Mampu Mencegah Diabetes dan Kanker

4. Rentan mengalami infeksi

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinimyhealtharabia.com

Mudah terserang infeksi merupakan tanda-tanda dari penderita multiple myeloma. Serangan infeksi tersebut umumnya terjadi pada saluran pernapasan dan kandung kemih. 

Terjadinya infeksi ini disebabkan oleh sel plasma yang tidak mampu melindungi dari bakteri berbahaya. Selain itu, kurangnya jumlah antibodi membuat tubuh kesulitan melawan infeksi. 

5. Sistem saraf terganggu

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinithepaindrs.com

Gejala lainnya yang muncul yaitu gangguan pada sistem saraf. Sistem saraf yang terganggu menyebabkan tulang belakang melemah disertai saraf yang terjepit. Hal tersebut ditandai dengan munculnya nyeri pada tulang belakang dan mati rasa. 

6. Gangguan pada ginjal

Jangan Remehkan, Kenali 6 Gejala Multiple Myeloma ini Sejak Dinifoodnavigator.com

Selain terjadinya gangguan saraf, penderita juga mengalami masalah pada ginjal. Penyebab utama dari gejala ini adalah protein yang dihasilkan oleh sel kanker myeloma.

Efek yang ditimbulkan pada gejala ini cukup signifikan. Penderita akan merasakan beberapa perubahan pada tubuh antara lain, tubuh melemah, kaki bengkak, dan rasa gatal pada kulit. Jika penderita mengalami hal-hal tersebut, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter agar segera ditangani. 

Seperti itulah gejala-gejala dari Multiple Myeloma yang dapat kita kenali sejak dini. Meski tak terlihat serius, kita harus tetap waspada apabila muncul beberapa gejala yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat ya!

 

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Karsinogenik yang Bisa Memicu Kanker, Apa Saja?

Fransisca Lukito Photo Writer Fransisca Lukito

an enthusiastic writer who always tries to think out of the box

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya