Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!

Kamu nggak sendiri, kok!

Di masyarakat modern saat ini, kesepian telah menjadi sebuah pandemik global. Bahkan kesepian yang berkepanjangan mulai disandingkan dengan penyebab kematian dini seperti obesitas dan hipertensi. Tidak hanya terjadi pada orang tua, dewasa muda dan remaja pun banyak yang mengalami kesepian.  

Orang yang kesepian kronis kerap kali tidak menyadari atau bahkan mengelak bahwa dirinya kesepian. Stigma dan kebanggaan manusia modern mengenai kemandirian terkadang membuat mereka enggan mengakuinya.

Padahal, kesepian yang dibiarkan berlarut-larut, menahun dan tidak ditangani mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Kesepian kronis ini dapat dikenali dengan mengetahui tanda-tandanya. Berikut 7 tandanya kesepian kronis yang bisa kamu rasakan untuk menilai diri sendiri.

1. Tidak mampu untuk masuk dalam hubungan pada tingkat yang lebih dalam

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/pressfoto

Kamu mungkin mempunyai hubungan baik dengan banyak teman, saudara dan keluarga. Hubunganmu adem ayem tanpa konflik layaknya permukaan air yang tenang. Sejatinya, itu adalah salah satu tanda hubungan yang terjalin hanyalah jalinan dangkal. Kamu mempunyai kecenderungan untuk menahan diri. Kamu menghindari tidak terlibat lebih jauh, bahkan ketika temanmu mengharapkannya. Di pikiran bawah sadar, kamu sebenarnya merasa bahwa hubungan yang mendalam adalah hal yang rumit dan penuh risiko.

2. Perasaan terasing yang kuat dimanapun dan dengan siapapun berada

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/prostooleh

Karena kamu tidak mempunyai koneksi dengan siapapun, kamu merasa tidak menjadi bagian dari kelompok manapun. Di kantor, kampus, kereta, bersama teman-teman kantor, dalam perjalanan wisata kelas, di manapun, kamu merasa ada sekat tidak terlihat yang terus membuatmu terasing. Meskipun kamu berinteraksi dengan sekitar, hal ini tidak lebih dari urusan umum dan kewajiban semata.

3. Tidak mempunyai sahabat atau teman dekat yang sesungguhnya

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/yanalya

Tidak mempunyai sahabat dekat bisa dialami ekstrover maupun introver. Bagi ekstrover, mungkin kamu mempunyai banyak teman dan kenalan. Bahkan bisa jadi kamu dikenal banyak orang di berbagai tempat. Namun, sayangnya tidak seorangpun dari mereka yang benar-benar dekat secara emosional.

Bagi introver, barang kali lingkaran sosial yang kecil di seklilingmu tetap tidak ada yang membuatmu merasa cocok. Teman-teman yang ada di sekeliling tidak pernah membuatmu terikat secara emosional. Mereka datang dan pergi sebagai teman musiman.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Sebenarnya Saat Ini Kamu Sedang Merasa Kesepian

4. Merasakan perasaan negatif seperti pesimis dan tidak berguna

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/yanalya

Orang yang kesepian kronis condong memiliki pemikiran-pemikiran negatif yang terus berulang dalam pikiran. Menurut mental health foundation, orang yang kesepian cenderung merasa mereka tidak disukai, dianggap egosentris, kurangnya mendapat empati dari orang lain. Hal-hal itulah yang membuat orang kesepian kemudian menjaga jarak. Seperti lingkaran setan, pemikiran negatif tersebut berulang terus melingkupi pikiran.

5. Menginginkan suatu hubungan yang dalam, tapi merasa kelelahan ketika harus berusaha

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/nikitabuida

Kekosongan yang kamu rasakan karena kesepian bisa jadi akan menggerakkanmu untuk memulai insiasi.  Kamu akan berusaha bersosialisasi dan menjalin hubungan dengan hang out dengan teman-teman. Jika kamu mengalami kesepian kronis, satu sesi bersosialisasi tersebut bisa menguras banyak energi. Ini merupakan respon alamiah tubuh ketika kamu mencoba sesuatu di luar hal yang “biasanya” kamu rasakan.

6. Ketika menjalin hubungan, kamu merasa tidak terlihat atau tidak terbalas

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!freepik.com/senivpetro

Dalam sebuah hubungan, respon dari teman atau orang di sekitarmu merupakan hal yang penting. Sayangnya, kamu tidak mendapat respon yang diinginkan atau setidaknya hal itulah yang kamu rasakan. Dalam obrolan dengan teman, kamu merasa pesanmu tidak tersampaikan. Kamu merasa mereka tidak pernah melihat dirimu yang sesungguhnya.

7. Kamu lupa kapan terakhir kali tidak merasa apa yang kamu rasakan sekarang

7 Tanda Kamu Mengalami Kesepian Kronis, Jarang Disadari!pixabay.com/Anemone123

Sejatinya, kesepian merupakan keadaan sesaat yang bisa hilang. Namun pada orang kesepian kronis, rasa kesepian itu seolah sudah menetap dalam diri. Kesepian menjadi sebuah gaya hidup karena keadaan yang senantiasa membuatmu menahan diri untuk terkoneksi secara emosional. Ketika sudah ada dalam tahap kronis, kesepian akan menutup ingatanmu mengenai kapan terakhir kali merasa terhubung. Lebih bahayanya, kondisi kesepian seolah kamu nobatkan sebagai dirimu seumur hidup.

Jika kamu mengalami tanda-tanda di atas, alangkah baiknya kamu mulai menyadarkan diri. Mengalami kesepian bukan hal yang memalukan. Ketika kamu sudah menyadarinya, mulailah upaya untuk lepas dari kungkungan kesepian yang lama memasungmu. Cobalah menjadi proaktif dan mulai membuka diri. Mungkin awalnya terasa tidak nyaman dan sulit, namun teruslah mencoba hingga kamu merasa terbiasa.

Baca Juga: Awas Kesepian, Ini 6 Tanda Kamu Sudah Terlalu Lama Sendirian

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You