Comscore Tracker

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!

Yuk lakukan hal ini secara rutin!

Apakah kalian ingin mata tetap sehat? Pasti setiap orang menginginkan matanya agar tetap sehat. Karena mata sehat mempunyai banyak manfaat bagi diri kita sendiri.

Nah, karena memiliki banyak manfaat, ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata dengan cara alami. Kalian penasaran? Berikut ini tips cara menjaga kesehatan mata secara alami yang bisa dilakukan.

1. Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!Pixabay

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi merupakan tips yang mudah untuk menjaga kesehatan mata secara alami. Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A menjadi rahasia umum yang diketahui banyak orang untuk menjaga kesehatan mata.

Buah yang bisa kamu konsumsi seperti mangga, pepaya, jeruk bali, semangka, jambu biji, dan lain sebagainya. Buah tersebut memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Sedangkan sayur yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan dapat kamu konsumsi seperti ubi, wortel, brokoli, bayam, labu, dan lain lain.

2. Menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!Pixabay

Jika kamu suka memakai lensa kontak, alangkah baiknya jika kamu menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama. Pemakaian lensa kontak yang terlalu lama sangat berbahaya bagi mata kamu.

Bahkan juga kerusakan yang ditimbulkan dari lensa kontak dapat bersifat permanen. Apabila kamu merasakan mata kering kamu harus dengan segera meneteskan obat khusus lensa kontak. Batas wajar pemakaian lensa kontak adalah 8 jam. Jadi, jangan menggunakan lensa kontak yang terlalu lama bahkan melebihi batas wajar.

3. Kompres mata dengan irisan mentimun

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!Pixabay

Melakukan kompres mata dengan irisan mentimun merupakan salah satu tips menjaga kesehatan mata secara alami. Sensasi yang dingin dan segar yang muncul setelah mengkompres mata dengan irisan mentimun. Dengan mengkompres mata menggunakan irisan mentimun dapat mencegah bengkak dan kantong mata.

Alangkah baiknya mengkompres mata dengan irisan mentimun kurang lebih 10 menit dan dilakukan sebelum tidur. Dan alangkah baiknya, kegiatan ini dilakukan secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal bagi mata kamu. 

Baca Juga: 6 Film Tentang Mata-Mata Terbaik Sepanjang Masa Selain James Bond

4. Hindari menatap layar komputer terlalu lama

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!Pixabay

Tips menjaga kesehatan mata secara mudah adalah menghindari menatap layar komputer terlalu lama. Menatap layar komputer yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko kerusakan pada mata.

Hal ini dikarenakan menatap layar komputer yang terlalu lama dapat menyebabkan mata kering, mata tegang, sakit kepala, pandangan menjadi kabur, nyeri pada leher, dan sebagainya. 

Alangkah baiknya jika menggunakan komputer, kamu memakai kacamata antiradiasi, memperhatikan jarak aman antara kamu dan layar komputer, mengatur pencahayaan pada layar komputer, dan pastikan mata agar selalu beristirahat salah satunya dengan cara mengalihkan pandangan setiap 20 menit.

5. Berhenti merokok

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami, Mudah Dilakukan!Pixabay

Merokok bukan hanya dapat merusak paru-paru dan jantung, tetapi juga dapat menimbulkan kerusakan pada mata. Hal ini dikarenakan asap rokok yang terkena pada mata dapat menimbulkan katarak, merusak retina hingga dapat menimbulkan kebutaan. Alangkah baiknya jika kamu menginginkan mata kamu sehat, kamu dapat mengubah kebiasaan kamu untuk berhenti merokok.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Untuk hasil yang maksimal harus dilakukan secara rutin ya.

Baca Juga: Pemula Wajib Baca, Ini 6 Tips Pakai Bulu Mata Palsu Biar Awet Seharian

Heni Candra Kirana Photo Verified Writer Heni Candra Kirana

Keep up the spirit and don't give up

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya