Comscore Tracker

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lho

Kalau sampai mengganggu lebih baik ke dokter ya

Payudara gatal adalah hal umum yang pastinya pernah dialami semua wanita. Ada banyak penyebab payudara gatal, meskipun sebagian besar penyebabnya jinak dan tak berbahaya namun kamu tetap harus memperhatikan gejalanya.

Hal ini karena rasa gatal pada payudara bisa menjadi tanda awal dari kanker payudara langka lho! Yuk simak apa saja penyebab payudaramu terasa gatal!

1. Kulit kering

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lholifealth.com

Kulit kering pada payudara dapat menyebabkan payudara terasa gatal bahkan sampai iritasi. Meski sering terjadi secara alami, namun kulit kering pada payudara dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras, paparan matahari, dan juga keringat.

Bagaimana cara mengatasinya? Menggunakan pelembab dan tabir surya dapat membantu mencegah kulit kering. Menyimpan krim di lemari es dan mengoleskannya pada payudara dapat melembabkan sekaligus mengurangi rasa gatal.

2. Pertumbuhan payudara

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhobaokhikhang.vn

Pertumbuhan pada payudara juga dapat menyebabkan rasa gatal tanpa disertai ruam. Hal ini karena saat payudara tumbuh semakin membesar maka kulit payudara akan semakin merenggang dan membuatnya terasa gatal.

Gatal karena pertumbuhan payudara dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti hamil, pubertas, serta perubahan hormon seperti pada saat menstruasi. Kamu tak dapat mencegah hal ini, yang bisa kamu lakukan hanya mengompres untuk mengurangi rasa gatal di payudaramu.

3. Biang keringat

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhothehealthy.com

Gatal di payudara akibat biang keringat biasanya dialami oleh wanita-wanita yang berada di daerah dengan suhu panas, ataupun mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Munculnya rasa gatal disertai dengan ruam dan benjolan kecil berisi air adalah tanda umum kamu terkena biang keringat.

Cara mengobatinya adalah dengan menggunakan krim yang mengandung anhydrous lanolin untuk mencegah penyumbatan kelenjar keringat, menggunakan baju bebahan katun longgar yang juga menyerap keringat, dan lain-lain.

Baca Juga: 11 Gerakan untuk Melatih Payudara agar Lebih Kencang dan Sehat!

4. Reaksi alergi

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhofindatopdoc.com

Reaksi alergi biasanya disebabkan karena tidak cocok dengan detergen, pelembut, sabun, pelembab, atau parfum yang digunakan. Reaksi alergi kadang-kadang dapat menyebabkan ruam kemerahan di kulit payudara, namun ini tidak selalu terjadi.

Terkadang ia hanya menyebabkan rasa gatal tanpa memunculkan gejala lainnya. Jika payudaramu sering teras gatal cobalah untuk mengganti produk yang kamu gunakan, terutama yang berhubungan langsung dengan bra yang kamu gunakan.

5. Mastitis

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhomomsabc.com

Mastitis adalah penyakit yang diakibatkan oleh peradangan jaringan pada payudara. Biasanya penyakit yang satu ini menyerang wanita yang baru melahirkan atau sedang menyusui. Mastitis membuat payudara terasa gatal, bengkak, dan terlihat ruam kemerahan. 

Mastitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri maupun penyumbatan saluran ASI. Kamu dapat mengurangi rasa gatal dengan mengompres payudara menggunakan air hangat, dan hindari memakai payudara yang terlalu ketat untuk mencegah mastitis semakin parah.

6. Inflamantory Breast Cancer (IBC)

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhoindianexpress.com

Inflamantory Breast Cancer adalah kanker payudara stadium lanjut lokal yang langka tapi agresif. National Breast Cancer Foundation mendaftar payudara gatal sebagai salah satu gejala awal kanker langka yang satu ini.

Dan gejala yang lebih lanjut adalah munculnya ruam kemerahan seperti digigit serangga, payudara bengkak, dan terasa hangat. Segera periksakan ke dokter jika kamu mengalami gatal pada payudara disertai dengan gejala lainnya.

7. Kanker paget puting susu

7 Penyebab Payudara Terasa Gatal, Bisa Jadi Tanda Awal Kanker Lhofityourself.club

Jika puting susu atau daerah aeolar terasa gatal, ini bisa jadi merupakan gejala kanker paget puting payudara. Gejala paget sangat mirip dengan eksim sehingga banyak orang menjadi lengah dan salah mendiagnosis kanker yang satu ini.

Gejala lebih lanjut dari kanker ini adalah munculnya benjolan kemerahan di daerah aerola, kulit bagian aerola menebal, keluar cairan kuning atau darah dari puting, dan payudara jadi sensitif serta terasa nyeri. Segera hubungi dokter jika kamu mengalami rasa gatal disertai dengan gejala-gejala yang lainnya!

Rasa gatal pada payudara memang sangat mengganggu, namun pastikan kamu tak menggaruknya ya! Hal ini karena apapun penyebabnya, menggaruk payudara dapat membuatnya menjadi iritasi ataupun infeksi. Yuk sama-sama jaga kesehatan payudara kita!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Penyebab Payudara Gatal hingga Iritasi, Sudah Tahu?

iefa_pooh Photo Verified Writer iefa_pooh

Everlasting Friend

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya