Comscore Tracker

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin Gemuk

Harus bijak saat memakannya

Hari Valentine identik dengan cokelat. Banyak sekali toko yang menjajakan cokelatnya dengan harga miring untuk merayakan hari Kasih Sayang ini. Sebagai pencinta cokelat, kamu pasti ingin sekali membelinya. Namun, kamu sudah buru-buru terbayang oleh berat badan yang bakalan naik kalau makan cokelat.

Eits, jangan khawatir! Kamu masih bisa makan cokelat tanpa khawatir bikin gemuk, lho! Dilansir laman Smaggle dan Live Strong, simak enam tips di bawah ini, yuk!

1. Pilih jenis cokelat dengan bijak

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukFreepik/freepik

Cokelat hitam memiliki kandungan kokoa yang tinggi dan kaya akan gizi. Rasanya memang pahit, tapi kamu bisa dapat banyak protein, zat besi, zink, magnesium, hingga flavanol dan polyphenol yang termasuk zat antioksidan. Cokelat susu juga mengandung gizi-gizi tersebut, tapi jumlahnya gak sebanyak cokelat hitam. 

Cokelat susu juga punya keunggulannya sendiri karena kaya akan kalsium dan rasanya manis. Namun, pilihannya tetap ada di tanganmu. Pokoknya, selalu perhatikan label informasi nilai gizi dan kandungan pada produk cokelat yang kamu beli.

2. Potong asupan makanan dan minuman manis

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukFreepik/katemangostar

Kalau sudah makan cokelat, ada baiknya kamu potong dulu asupan makanan dan minuman manis lainnya. Hindari dulu minuman manis berkemasan, soda, cake, es krim, dan lain-lain. Hal ini untuk menyeimbangkan asupan gula dan kalori pada tubuh biar tidak berlebihan.

3. Makan cokelat secara perlahan

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukUnsplash/kyawthutun

Hindari langsung makan cokelat dengan gigitan besar. Lebih baik, ambil satu potongan kecil dan makan dengan perlahan. Biarkan cokelat lumer dengan sendirinya di lidah. Cokelat memiliki rasa yang tajam, terutama cokelat hitam. Biarkan rasa dan aroma khasnya bertahan di dalam mulut sebelum kembali menggigit habis cokelatmu.

Baca Juga: Wajib Dikunjungi, 10 Tempat Wisata Dunia Khusus Pencinta Cokelat

4. Makan cokelat pada saat yang tepat

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukFreepik/katemangostar

Jangan makan cokelat saat kamu sedang terburu-buru atau di sela-sela aktivitas. Kamu akan sulit menikmati rasanya dan malah makan dalam jumlah banyak secara langsung.

Luangkan waktu rileks untuk diri sendiri setelah semua aktivitasmu selesai. Makan cokelat dengan tenang akan membuatmu merasa lebih puas dan terhindar dari makan terlalu banyak.

5. Wajib olahraga

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukFreepik/pressfoto

Kalau kamu ingin makan cokelat tanpa khawatir gemuk, kamu gak boleh melewatkan yang namanya olahraga. Kamu perlu membakar kalori dan lemak dari cokelat yang kamu makan, entah itu cokelat susu ataupun cokelat hitam.

Kamu bisa jogging, lari, workout, angkat berat, dan lain-lain. Kamu juga perlu tetap aktif sehari-hari dan gak banyak rebahan.

6. Hindari stres

Bisa, kok! Ini 6 Tips Makan Cokelat Tanpa Khawatir Bikin GemukFreepik/pressfoto

Kelola stresmu dengan baik karena stres berpotensi bikin berat badanmu naik. Kamu cenderung merasakan lebih banyak dorongan untuk makan ini itu saat stres. Kurangi kadar stresmu dengan kegiatan yang bikin rileks. Makan cokelat bisa jadi salah satu caranya asalkan kamu tidak berlebihan.

Nah, makan cokelat tanpa bikin gemuk itu bukan hal yang mustahil, kok. Semua kembali ke bagaimana cara kamu menyantapnya, jenis cokelat yang kamu makan, dan gaya hidupmu sehari-hari. Semoga enam tips di atas bisa membantumu menikmati cokelat tanpa harus menambah berat badan, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Pohon Kakao, Bahan Dasar Cokelat yang Laris Saat Valentine

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya