Comscore Tracker

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home 

Bisa memengaruhi imunitas, lho!

Siapa nih yang sering begadang sejak work from home atau study from home mulai diterapkan? Atau malah jadi kebanyakan tidur sampai siang? Jam tidur yang berantakan bisa berpengaruh ke produktivitasmu, lho. Belum lagi, kualitas tidur yang buruk juga bisa berdampak pada imunitasmu. Jadi, penting bagimu untuk menjaga jam tidur setiap harinya.

Lalu, bagaimana caranya memperbaiki jam tidur yang berantakan saat kamu di rumah saja? Dilansir laman Sleep dan Mind Body Green, coba tujuh cara ini deh!

1. Bangun rutinitas

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/senivpetro

Kebiasaan tidur sehat dimulai dengan tidur dan bangun pada jam-jam yang sama setiap harinya. Segeralah tidur kalau memang memasuki waktunya dan bangunlah pula pada waktunya. Membangun rutinitas akan membantu tubuhmu menyesuaikan diri. Jadi, tidak ada lagi yang namanya begadang atau terlalu banyak tidur.

2. Jangan mengubah jam kerja atau belajar

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/freepik

Kalau kamu sudah terbiasa bekerja atau belajar saat pagi, usahakan untuk tidak mengubahnya ke lain waktu. Kerja atau belajar dari rumah memang lebih fleksibel untuk urusan waktu, tapi kamu perlu mempertimbangkan jam tubuhmu juga.

Kenali kapan kamu merasa paling fokus dan penuh energi. Manfaatkan waktu tersebut untuk bekerja atau belajar.

3. Relaksasikan tubuh saat hendak istirahat

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/senivpetro

Memasuki waktu istirahat, lakukan aktivitas yang tidak terlalu menyita banyak energi dan pikiran. Coba lakukan meditasi, yoga, atau hal-hal yang membuatmu relaks. Hal ini akan membantu tubuhmu untuk memasuki fase istirahatnya. Batasi penggunaan gawai dan paparan cahaya biru yang justru membuatmu sulit tidur.

4. Jangan tidur siang terlalu lama

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/yanalya

Kalau kamu punya kebiasaan tidur siang atau ingin memulai kebiasaan tersebut, usahakan untuk tidak tidur siang terlalu lama. Selain bikin kamu sulit tidur pada malam harinya, tidur siang terlalu lama juga malah bikin kamu capek. Menurut National Sleep Foundation, kamu cuma perlu 20 menit tidur siang untuk dapat manfaatnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Perasaan Bersalah karena Kurang Produktif Saat WFH 

5. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/freepik

Selain bagus untuk menjaga imunitas, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga membantumu memperbaiki jam tidur yang berantakan. Kamu juga gak perlu berjemur lama-lama di luar kok. Membiarkan tubuh terkena sinar matahari pagi sudah cukup membantunya untuk mengatur jam alaminya.

6. Perhatikan asupan kafeina

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/tirachard

Kamu penggemar kopi atau teh? Perhatikan asupan kafeina harianmu untuk menjaga pola tidurmu. Terlalu banyak minum kopi atau teh, terutama mengonsumsinya mendekati waktu istirahat, bisa membuatmu sulit tidur.

Minumlah minum-minuman mengandung kafeina untuk membantumu lebih fokus saat bekerja atau belajar di pagi atau siang hari saja.

7. Kelola stres

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/yanalya

Stres juga dikenal mampu mengganggu kualitas tidurmu. Laman Bustle menyebutkan kalau hormon kortisol yang dilepas tubuh saat stres akan membuatmu sulit tertidur. Sama halnya dengan cahaya biru dari gawai, hormon kortisol juga menghalangi produksi hormon tidur bernama melatonin.

Situasi saat ini memang berat, tapi usahakan untuk menjalani hari-harimu dengan pola pikir positif dan segera atasi stres yang mulai melanda.

8. Tetap bergerak aktif dan olahraga

8 Tips Memperbaiki Jam Tidur yang Berantakan Saat Work from Home Freepik/javi_indy

Berkurangnya aktivitas bisa jadi penyebab kamu sulit tidur di malam hari. Kamu yang terbiasa punya aktivitas sejibun di luar rumah pasti merasa gelisah saat harus di rumah saja. Kamu mendapati tingkat energimu masih banyak saat mendekati waktu istirahat.

Manfaatkan waktu luangmu untuk tetap bergerak aktif dan berolahraga. Selain membantumu tidur, aktif bergerak dan olahraga juga bantu menjaga imunitas dan mengurangi stres.

Tidur menjadi salah satu kunci untuk menjaga imunitasmu di tengah pandemik seperti sekarang ini. Jadi, jangan sepelekan kualitas dan waktu tidurmu, ya!

Baca Juga: 10 Rutinitas Produktif dan Asyik ala Olivia Jensen Selama #DiRumahAja

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya