Comscore Tracker

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!

Sudah kamu lakukan gak?

Demensia atau penyakit pikun biasanya banyak menyerang orang-orang yang berusia tua. Namun jangan salah penyakit satu ini pun nyatanya bisa menyerang orang-orang yang berusia muda. Jangan sampai hal tersebut terjadi, yuk terapkan 5 tips di bawah ini agar kita terhindar dari demensia di usia muda!

1. Olahraga yang rajin

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!Pexels/Daniel Reche

Tak dapat dipungkiri jika olahraga memberikan pengaruh besar agar otak kita terhindar dari demensia. Dengan rajin berolahraga tentunya risiko kerusakan sel saraf pun akan mengecil karena sel-sel saraf yang baru diproduksi kembali. Oleh sebab itu jangan malas berolahraga supaya kamu gak cepat pikun.

2. Asah otak

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!Pexels.com/Alena

Banyak yang bilang jika kita sering mengasah otak pastinya otak takkan mudah pikun sama seperti pisau yang semakin tajam bila terus diasah. Gak perlu hal yang berat kamu bisa mulai mengasah otak dengan membaca buku atau sekedar bermain game yang mampu membuat otakmu berpikir. Semakin sering kita berpikir dan menggunakan otak kita pastinya penyakit demensia pun akan menjauh.

3. Kelola stres dengan membahagiakan diri

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!Pexels/Renato

Stres tentu selalu datang kapan saja dan biasanya bersumber dari masalah. Namun hanya karena stres datang bukan berarti kamu menjadi depresi. Stres berat atau depresi bisa menyebabkan kamu mengalami demensia di usia muda. Lebih baik kamu mengelola stres dengan cara me time, membahagiakan diri atau sekadar menghibur diri dengan hal-hal yang kamu sukai.

Baca Juga: 6 Latihan Sederhana Untuk Menguatkan Memori Otak, Biar Gak Cepat Pikun

4. Bergaul

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!Pexels.com/Sharefaith

Sebaik apapun kamu mengasah otak tetap saja kamu butuh bergaul untuk mencegah demensia di usia muda. Hal ini karena seseorang yang mempertahankan dirinya untuk tetap bersosialisasi dengan orang lain kemampuan kognitifnya lebih baik daripada seseorang yang sering menyendiri. Oleh sebab itu jangan pernah menyendiri dan bergaulah dengan orang lain meski hanya sebentar.

5. Makan makanan sehat

5 Tips Ini Bisa Cegah Demensia di Usia Muda, Biar Gak Mudah Pikun!Pexels/Andy Kuzma

Salah satu faktor terjadinya demensia di usia dini adalah kurangnya asupan makanan yang bergizi. Oleh sebab itu mulai saat ini konsumsilah makanan bergizi yang kaya akan vitamin, mineral dan zat penting lainnya bukannya malah mengonsumsi junk food. Dengan selalu makan makanan yang bergizi tentunya otak pun mendapatkan banyak nutrisi dan akhirnya daya ingatmu menjadi meningkat.

Mulai sekarang jangan malas lagi ya dan terapkan 5 tips di atas agar otakmu selalu mengingat dengan baik!

Baca Juga: 9 Fakta Alzheimer, Penyakit Penyebab Pikun yang Bisa Serang Anak Muda

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya