Comscore Tracker

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakit

Yuk, kenali penyebabnya!

Payudara merupakan kelenjar mammae yang memiliki fungsi menghasilkan air susu ibu kelak ketika sudah melahirkan. Saat payudara terasa sakit, tentunya ada berbagai penyebab yang bisa terjadi.

Jangan diabaikan begitu saja, berikut lima penyebab yang mungkin terjadi saat payudara terasa sakit dilansir dari Medical News Today. Bisa saja kanker, lho!

1. Mendekati saat menstruasi

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakitcbhs.com.au/

Nah, salah satu penyebab kenapa payudara sakit karena kamu mendekati masa menstruasi. Hal ini karena hormon reproduksi perempuan, yakni hormon progesteron, estrogen, dan prolaktin menyebabkan kelenjar payudara membengkak, akhirnya terasa sakit.

Saat menstruasi, hormon-hormon perempuan memang sedang aktif sehingga payudara mengalami pembengkakan.

2. Infeksi jamur atau bakteri

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakitmedicalnewstoday.com

Mungkin, bila sekadar pembengkakan karena mendekati masa menstruasi kamu bisa bernapas lega. Namun, sakit pada payudara bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, bahkan virus.

Biasanya, infeksi shingles dan mastitislah yang paling umum terjadi pada perempuan. Gejala yang dihasilkan berupa payudara terasa gatal, muncul ruam, pembengkakan, dan kemerahan. Nah, saat gejala-gejala ini terjadi padamu, cepat-cepat periksakan ke dokter, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Penyebab Payudara Gatal hingga Iritasi, Sudah Tahu?

3. Kista

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakitverywellhealth.com/

Rasa sakit pada payudara pun bisa diakibatkan kista, lho. Kista merupakan benjolan yang terdapat pada payudara dan di dalamnya terdapat cairan karena adanya penyumbatan pada jaringan.

Semakin besar kista, semakin banyak juga cairan di dalamnya. Umumnya, kista terjadi pada perempuan yang berusia 35 tahun ke atas. Semakin besar benjolan tersebut, payudaramu akan terasa semakin sakit.

4. Kanker payudara

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakitcheatsheet.com/

Saat payudara terasa sakit, bisa jadi kamu terkena kanker payudara. Meskipun demikian, gejala ini bukan satu-satunya yang mengindikasikan kanker payudara. Gejala lain kanker payudara ialah keluarnya air susu dengan lumuran darah dan munculnya ruam merah di area payudara.

Ketika gejala ini telah kamu rasakan, sebaiknya segera periksakan karena akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

5. Tidak gunakan bra yang sesuai

Sebaiknya Hati-hati, Ini 5 Penyebab Saat Payudara Terasa Sakitleadership.com

Nyeri pada payudara pun bisa saja disebabkan karena kamu menggunakan bra yang tidak sesuai ukuran payudara. Bra yang kecil akan membuat payudaramu terasa nyeri dan sesak, apalagi bila terus dipakai.

Oleh sebab itu, gunakan bra yang sesuai ukuran tubuhmu. Bila tidak, tentunya berbagai masalah kesehatan seperti lecet dan nyeri akan kamu rasakan.

Jangan sepelekan rasa sakit yang terjadi pada payudaramu. Segera ambil tindakan dengan berkonsultasi pada dokter jika gejalanya sudah mulai mengganggumu, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Perempuan yang Bikin Payudaranya Jadi Gatal, Awas Iritasi!

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya