Comscore Tracker

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!

Hindari ya!

Meskipun kerap dianggap sepele, sariawan memang kerap terasa menyiksa. Tidak hanya rasa perih, sariawan juga kerap menimbulkan rasa sakit jika tersentuh oleh gigi atau makanan. Bahkan beberapa orang butuh waktu satu minggu agar sariawan yang hinggap di mulut sembuh. Sering bikin ngilu, ini lima penyebab remeh sariawan yang harus kamu hindari!

1. Luka

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!cascadedental.com

Salah satu penyebab sariawan pada mulut adalah luka yang berasal dari terlalu keras menyikat gigi, tergigit oleh gigi dan pemakaian kawat gigi. Luka ini biasanya menyebabkan bakteri patogen bersarang di mulut hingga akhirnya mulut menjadi sariawan. Oleh sebab itu sebaiknya sering-seringlah berkumur agar tidak adanya bakteri patogen yang bersarang dan menyebabkan sariawan pada mulut.

2. Stres

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!Pexels/energepic

Ketika stres datang biasanya asam lambung akan naik sampai ke mulut. Asam lambung ini sebenarnya berbahaya saat masuk ke mulut karena bisa menyebabkan luka hingga akhirnya mulut pun terkena sariawan. Stres memang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan sehingga sebisa mungkin kamu bisa mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Waspada Ya, 7 Gejala Kanker Lidah Ini Mirip dengan Sariawan

3. Kurang gizi

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!Pexels/Oleg Magni

Kurangnya asupan vitamin B12, vitamin C, zat besi, asam folat dan zinc dapat menyebabkan mulut mudah mengalami sariawan. Apalagi jika kamu kebanyakan makan junk food, otomatis kondisi ini bisa semakin parah karena minimnya sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Iritasi

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!123dentist.com

Iritant atau zat penyebab iritasi pada mulut bisa bersumber dari mana saja contohnya dari pasta gigi yang digunakan. Biasanya sodium lauryl sulphate dan alkohol yang sering mengiritasi mulut hingga akhirnya sariawan pun muncul. Selain itu ternyata makanan pedas dan asap rokok bisa juga menyebabkan iritasi pada mulut sehingga sariawan pun tidak terhindarkan.

5. Perubahan hormonal

Kerap Bikin Ngilu, Ini 5 Penyebab Remeh Sariawan yang Perlu Diketahui!medicalnewstoday.com/

Ketika sedang menstruasi biasanya terjadi perbuahan kondisi hormonal tubuh. Biasanya menstruasi menyebabkan kadar hormon estrogen berkurang. Biasanya kadar homon estrogen yang berkurang ini dapat menyebabkan sariawan di mulut. Tidak hanya sariawan, kondisi kekurangan hormon estrogen juga dapat menyebabkan pembengkakan gusi dan gusi berdarah lho!

Jangan anggap remeh lho karena jika sudah menimpa padamu sariawan kerap terasa menyiksa!

Baca Juga: 3 Jenis Sariawan yang Berbeda dan Cara Mengobatinya dengan Ampuh

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Someone who loves writing and pottery

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya