Comscore Tracker

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut Ini

Supaya gak loyo saat kerja!

Tidur adalah istirahat terbaik bagi tubuh dan biasanya setiap orang memiliki jam tidur biologis masing-masing. Ketika memiliki tidur yang berkualitas pastinya pekerjaan pun akan diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Namun tipe kebiasaan tidur masing-masing orang memiliki perbedaan. Yuk kenali lima kebiasaan tidurmu supaya bisa memanfaatkan waktu produktif dengan maksimal!

1. Night owl

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut Iniwellness.com

Sesuai namanya biasanya night owl sangat berenergi dan produktif di malam hari. Semua tugas-tugas biasanya akan beres di malam hari dan night owl pada akhirnya akan tidur sekitar jam 4 pagi. Namun mereka biasanya merasa lelah di pagi hari dan kehilangan fokusnya. Oleh sebab itu sosok night owl sebenarnya tidak cocok bekerja di pagi hari sampai sore selayaknya morning larks dan bisa mempengaruhi kesehatan mental mereka.

2. Morning lark

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut Iniwellandgood.com/

Morning larks atau early bird merupakan suatu kebiasaan tidur di mana saat pagi hari sangat merasa berenergi dan produktif. Sosok ini biasanya tidak mampu untuk begadang dan harus tidur kurang lebih pada jam 10 malam. Karena kebiasaan tidurnya yang normal biasanya morning lark mudah merasa lelah saat di sore hari dan kehilangan fokus. Oleh sebab itu sosok ini biasanya produktif di pagi hari.

Baca Juga: Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

3. Napper

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut Inicareeraddict.com

Napper sendiri biasanya bersemangat dan segar di pagi hari namun saat di sore hari sosok ini cenderung mengantuk dan tidak bersemangat. Biasanya sosok napper membutuhkan tidur siang di sela-sela harinya meskipun hanya sebentar untuk mengembalikan energi saat bekerja. Meski begitu sosok ini sangat produktif di pagi hari.

4. Afternooner

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut IniPexels/Marek Levak

Kebalikan dari napper sosok afternooner sendiri biasanya merasa berenergi di sore hari namun saat pagi dan malam hari mereka akan merasakan kantuk luar biasa. Biasanya jam produktif untuk afternooner adalah jam 11 sampai 5 sore. So, manfaatkanlah waktu dengan baik pada jam-jam tersebut supaya pekerjaanmu cepat selesai.

5. Swift

Biar Kerja Lebih Produktif, Ketahui 5 Tipe Kebiasaan Tidur Berikut IniPexels/Kaboompics

Tipe satu ini merupakan tipe yang stabil. Hal ini karena sosok swift bisa produktif sepanjang hari meskipun mengantuk namun rasa kantuknya cenderung stabil dan tidak mengganggu pekerjaan. Biasanya sosok swift akan mulai mengantuk di sore hingga malam, namun karena rasa kantuknya stabil maka tidak ada kejadian mereka tiba-tiba mengantuk dan tertidur begitu saja.

Yuk kenali kebiasaan tidurmu biar kerja tetap semangat!

Baca Juga: 9 Keajaiban Saat Kamu Mengucap Syukur Sebelum dan Setelah Bangun Tidur

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya