Comscore Tracker

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur Tubuh

Penyebabnya belum diketahui secara pasti 

Fibromyalgia merupakan kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri muskuloskeletal (otot dan tulang) sehingga menyebabkan penderita merasa kesakitan di seluruh tubuh. Menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases (NIAMS), di Amerika Serikat sekitar 5 juta orang dewasa berusia 18 tahun atau lebih mengalami fibromyalgia dan 80 hingga 90 persen penderitanya adalah perempuan. Fibromyalgia juga termasuk sindrom yang mana perlu perhatian medis karena setiap penderita mengalami gejala berbeda.

1. Gejala umum yang mudah dirasakan

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur TubuhPixabay.com/Roxx3162

Secara universal, gejala fibromyalgia adalah nyeri. Penderita menunjukkan tingkat sensitivitas tinggi dalam merespon rangsangan sensorik. Rasa sakit fibromyalgia umumnya menyebar dan melibatkan dua sisi tubuh. Nyeri terkadang memengaruhi daerah dada, bahu, lengan, leher, dan punggung atas. Rasa nyeri pada beberapa titik juga dapat menjalar ke bagian lain seperti nyeri otot dalam, sakit kepala kronis, dan sakit punggung tak berujung.

Mengingat perempuan memiliki persentase besar menderita fibromyalgia, gejala lain yang juga sering muncul adalah kesulitan mengingat dan berkonsentrasi, pikiran terasa berkabut, migran, sakit rahang, periode menstruasi yang menyakitkan, kesemutan dan mati rasa di tangan atau kaki, sindrom kaki gelisah, dan sensitivitas terhadap suara keras, serta kelelahan.

2. Diagnosis fibromyalgia

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur TubuhPixabay.com/DarkoStojanovic

Dikarenakan gejala yang timbul pada penderita fibromyalgia memiliki kemiripan dengan gejala penyakit lain, dokter sedikit mengalami kesulitan untuk mendiagnosisnya. Pada akhirnya diagnosis fibromyalgia dibuat atas dasar klinis berdasarkan pemeriksaan fisik yang melibatkan riwayat dokter. Sebelum masuk identifikasi diagnosis, menurut American College of Rheumatology menjelaskan bahwa rasa nyeri harus dialami penderita selama lebih dari tiga bulan.

Selanjutnya diagnosis dapat dimulai dengan identifikasi titik-titik nyeri tekan. Selain itu, tingkat stres, kelelahan, dan gangguan tidur yang dialami penderita juga sering ditanyakan oleh dokter. Tes darah atau sinar-X juga dapat dilakukan untuk mengetahui diagnosis penyakit lain sebelum mengarah pada penyakit fibromyalgia.

Jika hasil tes menunjukkan penderita mengalami nyeri yang menyebar luas di empat kuadran tubuh dan telah diderita setidaknya selama tiga bulan, serta tidak menunjukkan penyakit lain, orang tersebut dapat didiagnosis menderita fibromyalgia.

3. Dugaan terkait penyebab fibromyalgia

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur TubuhPixabay.com/HASTYWORDS

Dokter belum mengetahui secara pasti penyebab fibromyalgia. Meskipun demikian, para ahli mencoba melakukan penelitian untuk menguak penyebab fibromyalgia. Terdapat teori khusus yang melibatkan disposisi genetik yang dilengkapi dengan pemicu lain seperti infeksi, trauma, stres, gen dan rasa tertekan yang diduga memiliki hubungan kuat menjadi penyebab fibromyalgia.

Melansir dari medical news today, pemikiran di bidang Rheumatology menunjukkan bahwa fibromyalgia merupakan masalah kinerja otak dalam memproses nyeri. Hal tersebut memungkinkan adanya peningkatan sensitivitas terhadap pemicu. Sejumlah kemungkinan faktor risiko yang menjadi penyebab fibromyalgia yaitu cedera berulang, rheumatoid arthritis atau penyakit autoimun lain, dan masalah sistem saraf pusat.

Baca Juga: Harus Waspada! 5 Gangguan Kesehatan Ini Kerap Terjadi Setelah Lebaran

4. Pengobatan yang dapat dilakukan

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur TubuhPixabay.com/whitesession

Meskipun belum ditentukan secara spesifik, pengobatan untuk meringankan gejala fibromyalgia dapat dilakukan. Perlu diperhatikan bahwa program pengobatan dan perawatan disesuaikan dengan gejala penderita. Mengingat gejala yang ditimbulkan dari penyakit fibromyalgia bisa beragam dan bervariasi. Dasar pengobatan fibromyalgia secara sederhana adalah edukasi pasien.

Melalui edukasi yang disampaikan oleh dokter dapat memberi bantuan pasien untuk memahami dan mengatasi gejala yang dialami. Pengobatan pengurangan stres juga dapat ditempuh untuk mengobati pasien dengan gejala rasa cemas, gugup, dan bahkan panik selama fibromyalgia terjadi. Selain itu terapi untuk meredam rasa nyeri otot dapat dilakukan dengan olahraga. Olahraga menjaga otot tetap sehat yang dapat dilakukan dengan latihan sederhana seperti berenang, bersepeda, atau berjalan santai.

Diet vegetarian dipercaya dapat membantu meringankan penyakit fibromyalgia dengan cara mengurangi konsumsi gula, menghindari alkohol dan kafein, serta mengutamakan makanan sehat seperti kacang almond, brokoli, oatmeal, roti gandum, dan tahu. Penggunaan obat-obatan seperti antidepresan trisiklik dapat diberikan untuk penderita fibromyalgia sesuai resep dokter.

Obat untuk mengobati depresi ini dapat juga mengurangi kelelahan, meredakan nyeri otot dan kejang, memberi rasa nyenyak saat tidur, serta restoratif pada penderita fibromyalgia. Nyeri fibromyalgia dapat dikurangi juga dengan melakukan injeksi anestesi lokal. Dokter akan menyuntik titik tertentu seperti otot di bagian bahu. Obat yang disuntikkan mengandung bius yang sering disebut suntikan titik pemicu.

5. Pengobatan alternatif lain untuk fibromyalgia

Waspada Fibromyalgia, Rasa Sakit yang Menyerang Sekujur TubuhPixabay.com/5petalpics

Dokter dapat membimbing penderita fibromyalgia untuk memadukan pengobatan konvensional dengan perawatan alternatif. Selain itu, akupunktur dipercaya dapat mengobati fibromyalgia karena kemampuannya dalam mentoleransi rasa sakit dan mempengaruhi kimia otak penderita.

Elektroakupunktur juga menjadi cara lain dalam pengobatan alternatif untuk fibromyalgia di mana caranya dengan menggunakan jarum yang dihubungkan ke kabel kecil ditambah tegangan arus listrik sangat kecil. Selanjutnya akupunktur laser yang menargetkan area spesifik tubuh untuk merangsang endorfin. Pengobatan alternatif lain yaitu kiropraktik yaitu jenis pengobatan dengan prinsip bahwa tubuh merupakan organisme yang dapat menyembuhkan diri sendiri.

Untuk mengurangi rasa sakit, kiropraktik menitikberatkan pada penyesuaian tulang belakang. Pengobatan kiropraktik dapat mengobati rasa sakit di titik-titik tertentu pada tubuh. Terapi pijat menjadi opsi selanjutnya untuk pengobatan alternatif fibromyalgia karena mampu mengurangi ketegangan otot dan meredakan nyeri pada otot serta jaringan lunak.

Biofeedback juga dikenal sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit ini dengan teknik relaksasi pikiran menggunakan elektronik sehingga dapat mengukur respon terkait stres. Penderita dapat menikmati relaksasi lain dengan meditasi. Meditasi memberi ketenangan dan efek bahagia yang konsisten dari gelombang otak.

Membekali diri dengan pengetahuan memberi keuntungan edukasi untuk mengantisipasi penyakit fibromyalgia sejak dini. Hal terpenting adalah segera hubungi dokter untuk konsultasi dan pemeriksaan jika terdapat indikasi gejala yang mengarah pada penyakit tersebut. Penanganan tepat tentu dapat meminimalisir akibat yang tidak diinginkan sehingga pengobatan sesuai pun bisa diberikan untuk kesembuhan pasien.

Baca Juga: 6 Jenis Gangguan Menstruasi yang Bisa Menyerang Wanita

Indri yani Photo Writer Indri yani

Riset, data, dan kepenulisan ilmiah adalah hal yang menyenangkan untuk ditelisik. Kecintaan terhadap dunia kepenulisan ditorehkannya melalui bait-bait alinea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya