Comscore Tracker

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuh

Hormon seimbang, hati pun tenang

Dalam tubuh, hormon berfungsi untuk mengendalikan tubuh dan perasaan. Hormon insulin, kortisol, serotonin, estrogen, testosteron dan dopamin, ke semuanya dipengaruhi oleh asupan makanan, ungkap Marci Clow, MS, RD seorang Ahli Gizi Senior di Rainbow Light. 

Gula, makanan glikemik tinggi dan alkohol adalah beberapa contoh yang bisa memberi dampak negatif terhadap hormon. Sehingga sangat penting untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut dalam batas wajar, ungkap Lindsay Langford, MS, RD, CSSD.

Untuk membantu menstabilkan hormon ternyata bisa dengan makanan-makanan alami yang mudah ditemukan. Inilah 7 di antaranya!

1. Alpukat

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/silverstylus

Alpukat membantu menjaga hormon stres hingga melancarkan siklus menstruasi. Kandungan beta-sitosterol pada alpukat membantu menyeimbangkan hormon kortisol. Bukan cuma itu, kandungan sterol di dalam alpukat pun memberi efek pada hormon estrogen dan progesteron dalam mengatur ovulasi dan siklus menstruasi pada wanita.

2. Brokoli

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/allanlau2000

Imbuh Live Strong yang dikutip dari laman bustle.com, kandungan kalsium yang cukup tinggi pada brokoli membantu sindrom pramenstruasi dan menjaga keseimbangan hormon estrogen. Serta kandungan fitoestrogenik pada brokoli bermanfaat meningkatkan metabolisme dan membantu menghilangkan estrogen jahat dari dalam tubuh.

3. Delima

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/ulleo

Mengutip dari American Association for Cancer Research, buah delima membantu menghalau estrogen dalam jumlah berlebih. Delima pun berpotensi mencegah kanker payudara. Hal tersebut lantaran delima mengandung senyawa alami yang dapat mengubah estrone menjadi estradiol, yang merupakan estrogen yang berperan terhadap sel kanker yang diakibatkan oleh hormon.

Baca Juga: 10 Menu Sarapan yang Bisa Meredakan Hangover, Enak dan Lebih Bergizi

4. Ikan

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/Tsarlee

Mengonsumsi ikan tinggi omega-3 disarankan minimal dua kali dalam seminggu. Seperti salmon, tuna, makerel, ikan herring, lake trout dan sarden, karena mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko kardiovaskular, menurut American Heart Association yang dikutip dari Bustle.

Hal tersebut lantaran lemak yang terkandung di dalam ikan-ikan tersebut membantu proses komunikasi sel-sel dalam tubuh, seperti hormon. Tak hanya itu, ikan tersebut pun bisa meningkatkan mood dan kognisi, ungkap Ginny Erwin, MS RDN CPT pada laman Bustle.

5. Kacang

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/Security

Laman Live Strong memaparkan, kacang almond memberi pengaruh pada sistem endokrin untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengatur insulin guna menurunkan kadar gula darah.

Lain halnya kacang kenari, kacang kenari mengandung polifenol untuk melindungi jantung dan kardiovaskular dengan cara memerangi radikal bebas. Tak hanya itu, kacang kenari pun memiliki anti-inflamasi dan kaya omega-3 untuk kesehatan otak.  

6. Kedelai

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com//allybally4b

Kedelai memengaruhi kadar estrogen, sehingga memberi manfaat positif pada wanita menopause. Sama halnya edamame dan tahu bisa memengaruhi estrogen pada wanita menopause dan menghalau rasa hot flash dalam tubuh. Mayo Clinik pun memaparkan jika kedelai mampu mengurangi risiko kanker payudara.

7. Kunyit

7 Makanan Ini Bisa Bantu Seimbangkan Kadar Hormon dalam Tubuhpixabay.com/cgdsro

Curcumin pada kunyit berkhasiat dalam membantu proses penyembuhan dan meringankan rasa sakit bagi penderita arthritis. Curcumin pada kunyit itu meniru perilaku estrogen pada kedelai. Akarnya pun berkhasiat dalam mengurangi rasa nyeri saat haid atau kram.

Itulah makanan yang mudah kita temukan sehari-hari yang bisa mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Jika merasa hormon dalam tubuhmu tidak bagus, tidak ada salahnya mengaplikasikan makanan tersebut dalam sajian makanmu sehari-hari.

Baca Juga: Jangan Langsung Dimakan, 6 Sayuran Ini Lebih Bergizi Jika Dimasak Dulu

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya